7 Langkah Membuat Bangku dari Kayu Palet, Coba Bikin Yuk!

Bangku dari kayu palet menjadi salah satu tren yang cocok bagi kamu yang hobi melakukan DIY dan menambah koleksi furniture rumah dengan cara yang kreatif serta menyenangkan.

Sebagai permulaan, kayu palet atau palet kayu adalah susunan rangka kayu yang umumnya dibentuk menjadi alas atau peti. Susunan ini paling sering digunakan untuk menangkut barang.

Tak hanya itu, palet kayu juga bertujuan untuk melindungi barang-barang yang akan dikirim oleh ekspedisi agar tidak pecah, rusak, atau berubah bentuk, selama proses pengiriman berlangsung.

Kayu palet umumnya dibuat dari berbagai jenis kayu, baik itu kayu keras (hardwood) ataupun kayu lunak (softwood). Sehingga mungkin saja kamu akan mendapatkan palet dari kayu jati belanda, pinus, rambutan, hingga sengon albasia.

Tertarik untuk membuat bangku dari kayu palet? Berikut DirumahKita.com telah merangkum langkah-langkahnya di bawah ini!

Peralatan yang Diperlukan:

bangku dari kayu palet

Sebelum mengetahui bagaimana langkah-langkah membuat bangku dari kayu palet, perhatikan juga apa saja peralatan yang digunakan. Berikut beberapa diantaranya:

  • Bor listrik dan gergaji
  • Klem
  • Sekrup kayu ukuran 8cm
  • Alat meteran

Harap gunakan juga perlengkapan keselamatan yang sesuai dan berhati-hatilah jika kamu menggunakan gergaji bundar atau gergaji bertenaga.

1. Mencari palet tua

bangku dari palet kayu

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, dilansir dari instructables.com, kamu dapat menggunakan kayu palet bekas ekspedisi. Jika kamu tertarik untuk mendapatkan palet yang sudah berwarna, kamu dapat membiarkan kayu palet tidak dimurnikan atau sesuai dengan bentuk aslinya, alias tidak diampelas kembali.

Cobalah untuk menghindari palet yang terlalu rusak atau melengkung. Sehingga periksa kayu palet dengan teliti sebelum membelinya. Harap dicatat bahwa satu palet standar menghasilkan kayu yang cukup untuk bangku dari kayu palet. Namun kamu mungkin ingin atau perlu menyesuaikan pengukuran jika dimensi palet kayu berbeda.

2. Bongkar dan memotong palet

bangku dari palet kayu

Bongkar setiap paku dan staples di palet menggunakan palu. Ini adalah langkah yang harus paling teliti selain memilih kayu palet. Karena kamu harus menghindari membelah atau merusak kayu.

Setelah kamu benar-benar yakin semua paku dan staples hilang, potong kayu menggunakan gergaji listrik atau tangan. Dengan ukuran sebagai berikut:

  • Kaki: 4 kayu dipotong dari kayu terbesar, potong menjadi panjang 45 cm
  • Atas bangku: 3 kayu dipotong dari kayu tipis (ditemukan di bagian atas dan bawah palet), potong menjadi panjang 95 cm.
  • Sisi bangku: 2 kayu tipis potong menjadi panjang 95 cm, dan 2 kayu tipis potong menjadi panjang 27 cm.
  • Penahan  bangku: 2 kayu tipis potong menjadi panjang 27 cm

Sebagai tambahan tips, pilih papan yang memiliki penampilan paling tidak menarik untuk penahan di balik bangku. Karena kamu ingin kayu dengan tampilan terbaik menjadi bagian atas bangku.

3. Mengampelas dan mengecat potongan kayu

bangku dari palet kayu

Sekarang saatnya untuk mengampelas dan kemudian mengecat palet kayu hingga hasil akhir yang menarik.

Jika kamu ingin membuat cat asli dari palet menonjol, kamu hanya cukup mengampelas bagian yang kasar untuk menghilangkan serpihan. Kemudian kamu bisa menggunakan minyak pernis yang membuat rona kayu lebih kaya, sambil tetap menonjolkan cat warna asli dari palet yang telah dimiliki.

Sedangkan jika kamu ingin mengecatnya ulang, pastikan kamu mengampelas kayu hingga permukaannya halus. Lalu cat menggunakan cat kayu dan tunggu sampai kering.

4. Sambungkan potongan-potongan palet kayu

bangku dari palet kayu

Gabungkan bagian sisi bangku 95 cm dengan 27 cm secara vertikal hingga membentuk bingkai persegi panjang.

Sedikit tambahan, kamu juga perlu menyiapkan satu palet lainnya untuk sebagai cadangan apabila bingkai yang dihasilkan pada kayu palet pertama tidak menghasilkan bingkai yang cukup lurus. Sejauh kualitas kayu memungkinkan, cobalah untuk mendapatkan bingkai yang cukup persegi.

Secara teori, jika ukuran diagonal persegi panjang adalah sama, maka bingkainya adalah persegi. Tapi ingatlah bahwa palet kayu ini bukanlah dibuat untuk furniture, sehingga kayunya tidak mungkin sempurna, jadi lakukan yang terbaik untuk mendapatkan bingkai.

Untuk bagian kaki, kamu dapat menjepit kaki bangku menggunakan klem ke sudut bagian dalam bingkai. Kamu dapat menggunakan dua sekrup di setiap sisi, agar menghasilkan bangku palet yang bagus dan kuat.

5. Letakkan bangku dengan tegak di permukaan datar

bangku dari palet kayu

Pastikan untuk meletakkan bangku dengan tegak di permukaan datar dan periksa apakah kaki bangku berada pada ketinggian yang sama. Artinya tidak boleh goyah di lantai data.

Pada tahapan ini kamu dapat menyesuaikan posisi kaki jika perlu.

Secara teori, agar tetap aman, harus menjaga agar setiap kaki bangku tetap lurus dan persegi. Tetapi karena kayu diambil dari kayu palet, mungkin tidak akan mudah untuk membuatnya benar-benar persegi dan bebas dari lengkungan.

Jadi hal utama yang harus kamu pastikan adalah dengan membuat sedikit penyesuaian sampai bangku stabil dan tidak bergoyang.

6. Pasang penahan dan bilah bangku palet

bangku dari palet kayu

Sebelum memasang bilah kayu di bagian atas, kamu perlu memasang pengaman atau penahan bangku di bagian dalamnya atau tepatnya di dalam bingkai.

Pasang penahan secara horizontal di bagian dalam bingkai, pastikan bahwa mereka memiliki jarak yang seimbang. Kemudian sekrup di bagian depan dan belakang bangku agar kuat. Kamu dapat memberikan 2 sekrup (total 4 sekrup) pada masing-masing sisi agar semakin kuat dan aman diduduki.

Selanjutnya, tergantung pada dimensi palet, kamu mungkin memerlukan tiga atau empat palet kayu untuk menutupi bagian atasnya. Kencangkan masing-masing kayu panjang ini ke bingkai menggunakan sekrup.

7. Letakkan bantal jok di atas bangku palet

bangku dari palet kayu

Untuk membuatnya lebih nyaman, kamu dapat menambahkan bantal jok di atas bangku dari kayu palet tersebut. Warna jok tentunya bisa disesuaikan dengan seleramu. Namun pastikan agar sesuai dengan warna bangku paletnya ya!

Kamu dapat meletakkan bangku palet ini di teras rumah atau halaman belakang rumah. Meski kamu telah berusaha semaksimal mungkin untuk menguatkan si bangku palet ini, pastikan untuk tidak memberikan banyak tekanan atau bergerak berlebihan saat duduk.

Karena bagaimana pun juga, kayu palet ini tak dimaksudkan untuk membuat furniture.

Dilansir dari plainpallets.com.au, sebagian besar palet kayu telah dioven, namun ini hanya berfungsi untuk membunuh serangga yang ada di kayu. Jika kamu ingin palet kayu tahan cuaca, kamu perlu menggunakan pernis atau pelapis yang akan membuatnya bertahan lebih lama di luar rumah.

Tips Mencari Kayu Palet yang Bagus

bangku dari palet kayu

Perlu diingat bahwa tidak semua palet dibuat sama. Sehingga kamu harus menemukan kayu palet mana yang terbaik dan bisa digunakan untuk membuat bangku dari palet kayu. Berikut adalah panduan singkat tentang memilih kayu palet yang bagus:

  • Cari kayu palet yang memiliki tampilan dan nuansa yang kamu inginkan.
  • Jangan mengharapkan kayu yang sempurna. Kayu palet adalah kayu yang lebih murah. Juga sering rusak dan mungkin menjadi lebih rusak saat dibongkar. Jadi jangan hanya membeli 1, namun belilah 2-3 sebagai cadangan.
  • Luangkan waktu untuk mencari palet yang paling tidak rusak, jangan terburu-buru.
  • Carilah palet dengan ukuran kurang lebih 120cm x 80cm.
  • Cari palet kayu dengan Heat Treatment atau “HT” yang ditandai pada palet dan dibuat dengan paku spiral.
  • Cari palet bersertifikat ISPM 15, ini berarti palet tersebut diberi Heat Treatment (HT) atau difumigasi dengan Methyl Bromide (MB).

Nah itulah 7 langkah membuat bangku dari kayu palet, yang bisa kamu coba. Selain harganya yang lebih terjangkau, kamu juga akan memiliki dekorasi teras atau halaman belakang yang lebih unik dan rustic. Juga bisa menjadi sudut yang instagramable di rumah deh!

Tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah?

Leave a Reply

%d bloggers like this: