9 Tips Memilih Dekorasi Teras Rumah Kecil, Simpel dan Rapi

Memberikan dekorasi teras rumah kecil, bukan hal yang tak mungkin. Tak peduli seberapa kecil teras di rumah, kamu tetap masih bisa mengatur ruang tamu luar ruangan yang simpel dan nyaman.

Saat memasang furniture outdoor ke dalam ruang sempit, kamu tentu tidak ingin itu terasa sempit dengan terlalu banyak barang, bukan?

Sehingga, sangat penting bagi kamu untuk memilih jenis barang yang tepat dengan desain hemat ruang. Apakah itu dibuat seperti ruang makan luar ruangan atau tempat untuk bersantai,

Nah agar kamu tidak bingung lagi dalam mengatur teras rumah yang kecil, kali ini Dirumahkita.com telah merangkum 9 tips dalam memilih dekorasi teras rumah kecil. Jangan khawatir, teras kamu akan tetap terlihat simpel dan juga rapi.

Yuk simak!

1. Membuat furniture sendiri

Dekorasi teras rumah kecil

Mencoba menemukan furniture yang sesuai dengan keinginan dan cukup untuk teras kecil, bisa memberikan tantangan tersendiri. Untuk itu, kamu bisa membangun sendiri furniture yang kamu inginkan lho!

Kamu tak perlu khawatir untuk benar-benar membuatnya sendiri, karena kamu bisa membuat furniture menggunakan palet kayu. Palet kayu sendiri merupakan susunan rangka kayu yang dibentuk menjadi alas atau peti untuk mengangkut barang.

Setelah palet kayu tak digunakan, kamu bisa membelinya dan membuatnya menjadi furniture yang unik namun tetap menarik.

Pilih dimensi berdasarkan area yang tersedia dan buat bangku dari palet kayu, kemudian tambahkan jok empuk dan bantal di atasnya untuk membuat area tempat duduk.

Simpel danĀ instagramable sekali kan?

2. Memiliki kursi dan meja lipat yang mudah diatur ulang

Dekorasi teras rumah kecil

Halaman belakang yang kecil membutuhkan fleksibilitas dalam membuat sesuatu bekerja. Memilih opsi tempat duduk yang dapat dengan mudah dipindahkan dan diatur ulang di berbagai posisi, dapat membantu menciptakan lebih banyak ruang saat kamu membutuhkannya.

Agar lebih mudah dipindah-pindahkan, pastikan bahwa kursi atau meja yang akan diletakkan di teras memiliki bobot yang cukup ringan. Sebagai opsi tambahan kamu dapat membeli beberapa kursi dan meja lipat yang dapat disimpan dengan mudah bila tidak digunakan.

3. Menggunakan hammock

dekorasi teras rumah kecil

Mencoba bersantai di teras yang ukurannya terbatas bisa terasa seperti tantangan. Tetapi kamu tetap bisa membuat ruang kecil menjadi tempat yang nyaman lho!

Misalnya, adalah dengan menambahkan tempat tidur gantung atau hammock yang merupakan dekorasi klasik untuk ruang outdoor mana pun. Untuk menciptakan ruang bersantai ini, yang diperlukan hanyalah dua tiang, pohon, atau bahkan dinding untuk menggantung tempat tidur gantung.

Kamu dapat mengambil ruang kosong di teras dan menggunakan dinding pagar privasi untuk menahan hammock. Ini dapat menciptakan sudut relaksasi yang sempurna.

4. Mendedikasikan teras kecil menjadi konsep tertentu

dekorasi teras rumah kecil

Kamu mungkin bingung bagaimana cara dekorasi teras rumah kecil, yang cenderung tidak terpakai. Namun dengan konsep yang menarik, teras yang sempit dan tidak terpakai bisa membuatmu terkejut.

Membuat sudut khusus yang didedikasikan untuk konsep tertentu, misalnya untuk duduk bersama tamu, membaca, atau bersantai sendirian, dll, dapat membantu memberikan ruang tambahan yang nyaman di teras rumah.

Misalnya, di teras kamu dapat menjadikannya area tempat duduk kecil dengan lilin, lampu gantung, dan banyak tanaman. Ini dapat menciptakan area rumah yang nyaman dan sempurna untuk menghabiskan waktu istirahat.

5. Membuat sudut instagramable di rumah

dekorasi teras rumah kecil

Apakah kamu memiliki set furniture outdoor yang masih bagus tapi agak ketinggalan jaman? Coba berikan lapisan cat baru untuk menghidupkan suasana. Kemudian letakkan setĀ furniture outdoor atau beberapa kursi di teras rumah.

Apakah kamu memilih warna pastel yang menggemaskan atau sesuatu yang cerah dan berani, kamu mungkin terkejut bahwa cat dapat memberikan sedikit penyegaran pada teras rumah. Menariknya lagi, area ini juga bisa menjadi spot yang instagramable di rumahmu lho!

6. Memilih set sofa yang ramping

dekorasi teras rumah kecil

Karena sofa seringkali merupakan perabot teras terbesar, kamu memerlukan perencanaan ekstra untuk menggunakannya dalam dekorasi teras rumah kecil.

Pastikan untuk menghindari desain besar, seperti sofa dudukan dalam. Sebagai gantinya, pilih kursi empuk dan bagian yang lebih kecil dengan desain yang ramping.

Selalu ingat untuk mengukur ruang dan memeriksa dimensi kursi ataupun meja sebelum kamu membelinya. Menempatkan sofa rata dengan dinding, dapat memberikan ruang di tengah area tempat duduk.

Jika ruang memungkinkan, tingkatkan tampilan furniture teras kecil dengan set sofa yang mencakup kursi, meja kopi, atau ottoman.

7. Kursi teras tunggal juga bisa menjadi solusi yang ideal

dekorasi teras rumah kecil

Jika set sofa tidak memungkinkan, kursi teras tunggal adalah yang paling serbaguna ketika mengatur furniture outdoor di teras kecil.

Hindari set sofa besar dan beli kursi teras satu per satu sebagai gantinya. Maka kamu akan memiliki lebih banyak kebebasan untuk mengontrol ukuran setiap bagian baru. Ditambah lagi, kamu tidak akan kebingungan saat menyimpan kursi tambahan atau meja samping yang tidak memiliki ruang.

Kursi teras juga lebih mudah untuk dipadupadankan. Misalnya kamu dapat memberikan aksen yang menarik dengan menggunakan satu set bantal yang memiliki pola dan warna terkoordinasi untuk meningkatkan gaya teras.

Untuk tampilan yang lebih santai, kamu dapat memilih kursi goyang outdoor yang nyaman atau kursi makan yang mengundang. Atau untuk lebih nyaman, kamu dapat memilih kursi ayun bergaya untuk menikmati angin sepoi-sepoi di sore hari.

8. Mencari furniture yang bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan

dekorasi teras rumah kecil

Ingin memiliki dekorasi teras rumah kecil menjadi area yang fungsional? Jika iya, maka kamu bisa memanfaatkan teras sebagai tempat penyimpanan atau storage. Caranya pun mudah, kamu cukup memiliki bangku yang memiliki kotak penyimpanan di dalamnya.

Maka bukan hal yang mengherankan bila bangku storage ini adalah jenis furnitur yang cocok untuk teras kecil.

Bangku kayu sederhana memiliki gaya klasik, profilnya yang ramping membuatnya sangat cocok untuk teras yang sempit. Di sisi lain, bangku berbahan logam menawarkan desain tugas berat untuk menahan elemen.

Selain bangku, kamu juga bisa memiliki lift-top ottoman, meja kopi, dan lounge dapat menyembunyikan dekorasi outdoor yang jarang digunakan, dan menjaga teras bebas dari kekacauan.

9. Gunakan karpet outdoor untuk memberikan warna dan kenyamanan tambahan

dekorasi teras rumah kecil

Jika menurutmu meja atau kursi sulit ditempatkan di teras yang kecil, kamu tak perlu khawatir, karena karpet outdoor bisa menjadi solusinya.

Kamu dapat menggunakan karpet yang ditujukan untuk penggunaan outdoor dan tahan segala cuaca. Dilansir dari bhg.com, kemajuan tekstil dalam beberapa tahun terakhir telah membawa banyak karpet outdoor yang cepat kering ke pasaran.

Karpet yang lembut dan kaya akan tekstur, dapat memberikan kenyamanan ke area teras rumahmu. Pastikan untuk memilih karpet dengan warna dan pola yang selaras dengan warna tembok atau dekorasi lainnya, untuk menyatukan konsep luar ruang.

Setelah itu, letakkan juga beberapa bantal dengan warna yang selaras untuk memberikan kenyamanan tambahan.

Sebelum membeli karpet, pastikan bahwa karpet yang kamu beli memang ditujukan untuk penggunaan di luar ruangan.

Nah itulah beberapa tips memilih dekorasi teras rumah kecil, yang simpel namun juga rapi. Kunci untuk menata teras yang ukurannya cukup kecil adalah dengan membuatnya bermanfaat dan serbaguna. Pastikan juga kamu selalu memeriksa ukuran agar tidak salah dalam membeli furniture outdoor.

Semoga informasinya bermanfaat ya!

Leave a Reply

%d bloggers like this: