Jangan Salah! 8 Tips Memilih Warna Cat Eksterior Terbaik untuk Rumah

Saat merenovasi atau membangun rumah, kamu tentu perlu mempertimbangkan cat eksterior terbaik untuk di luar rumah. Hal ini karena tak sedikit orang yang lebih berkonsentrasi pada desain interior.

Meski desain interior dapat melambangkan ciri khas atau personalitas si pemilik rumah, tetapi kamu juga perlu menyadari bahwa eksteriorlah yang menimbulkan kesan pertama orang lain pada dirimu.

Namun, memilih warna cat dinding eksterior untuk iklim di Indonesia yang cukup ekstrem saat hujan dan panas, bukanlah pekerjaan yang mudah, karena ada banyak faktor yang bergantung padanya.

Untuk membantumu memperindah tampilan luar rumah, kali ini DirumahKita.com akan memberikan 8 tips tentang cara pilih warna cat eksterior terbaik untuk rumah, pastikan untuk tidak asal beli ya!

1. Warna yang menyatu dengan lingkungan di sekitar

Cat eksterior rumah

Menjadi menonjol di diantara yang lain memang dapat menunjukkan daya tarik tersendiri. Namun jika tidak seragam, tentu akan terlihat lebih tidak rapi, bukan?

Nah, apapun warna dan finishing yang kamu gunakan untuk dinding eksterior di rumah, itu hanya akan terlihat lebih baik jika menyatu dengan lingkungan di sekitar rumahmu. Terutama jika kamu tinggal di daerah perbukitan dan dekat laut, maka kamu harus meluangkan lebih banyak waktu untuk memilih warna cat tembok eksteriornya.

Hal ini karena cat dinding eksterior rumah harus sesuai dengan suasana dan iklim lingkungan dan latar belakang. Warna sejuk adalah ide mengecat rumah terbaik untuk rumah di daerah perbukitan karena sesuai dengan iklim dan tanaman hijau di sekitar rumah.

Sedangkan warna-warna yang lebih netral adalah ide yang terbaik untuk rumah di wilayah komplek atau pedesaan.

2. Pertimbangkan bahan yang digunakan pada luar rumah

Cat eksterior rumah

Elemen apa di bagian luar rumah yang harus kamu cat? Apakah itu bata, batu, ubin, dan bahan atap, semuanya berdampak pada pilihan warna cat eksterior terbaik.

Kamu tentu ingin memastikan bahwa kamu telah memilih warna yang seimbang dengan nada alami dari elemen-elemen ini.

Cobalah untuk menggunakan nada warna yang ada, misalnya untuk bata merah yang hangat, pilih warna dengan nada biru atau abu-abu yang lebih dingin untuk mendapatkan perpaduan yang sempurna.

3. Menyesuaikan desain rumah dengan warnanya

Cat eksterior rumah

Gaya arsitektur rumah juga adalah hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan, ketika kamu memilih warna cat eksterior. Gaya tertentu secara alami cocok untuk palet tertentu.

Misalnya jika kamu pernah melihat rumah ala Santorini yang sedang populer, kamu mungkin tahu bahwa gaya desain ini cocok dengan warna-warna putih dalam kombinasi biru yang berani. Sedangkan, desain minimalis yang lebih modern cenderung paling cocok dengan warna kayu alami dan warna netral seperti krem dan abu-abu.

Lakukan riset dan lihat warna mana yang paling cocok dengan desain rumahmu. Ini adalah langkah penting yang harus diambil dan akan membantumu menemukan kecocokan warna yang sempurna.

Jika merasa rumahmu paling cocok dengan warna netral, bukan berarti kamu harus menghindari warna sama sekali. Karena, kamu dapat “menyelinap” warna cerah dengan cara yang tidak terduga.

Misalnya seperti mengecat pintu depan dengan warna cerah untuk menonjolkan skema warna keseluruhan.

4. Amati cahaya yang berbeda

Cat eksterior rumah

Sinar matahari dapat memainkan peran besar dalam warna cat eksterior yang kamu pilih. Apakah warna yang kamu pilih akan terlihat bagus di bawah sinar matahari langsung atau di hari berawan? atau keduanya?

Jika terlihat bagus dalam satu kondisi tetapi tidak dalam kondisi lain, kamu mungkin perlu mulai melihat beberapa opsi warna lain yang tampak lebih konsisten dalam kondisi berbeda. Kamu juga harus mempertimbangkan ke arah mana bagian depan rumahmu menghadap.

Jika rumahmu lebih menghadap ke utara, itu tidak akan mendapatkan banyak cahaya langsung sepanjang hari, sehingga membuat warnanya tampak lebih sejuk. Warna-warna yang berani, dapat menonjolkan sisi rumah ini lebih baik.

Namun jika rumahmu menghadap ke selatan, maka warna rumahmu akan terlihat jauh lebih hangat, sehingga warna-warna netral akan membuatnya akan terlihat lebih intens.

5. Menghindari warna-warna gelap

Cat eksterior rumah

Salah satu ide warna cat eksterior terbaik adalah menghindari warna hitam dan warna gelap lainnya. Hal ini karena warna-warna gelap dapat membuat debu yang menempel lebih mudah terlihat dan membuatmu akan lebih sering mengecat ulang cat tembok luar rumah.

Namun di sisi lain, warna gelap dapat memberikan kesan bermartabat dan elegan pada rumah, serta warna ini juga dapat digunakan untuk menonjolkan fitur utama rumah.

Jadi, jika kamu ingin tetap memberikan kesan yang gelap di eksterior rumah, lebih baik untuk menggunakan warna pucat dari warna gelap dan digabungkan dengan warna terang lainnya.

6. Hindari memilih terlalu banyak warna

Cat eksterior rumah

Untuk warna cat dinding eksterior, pastikan kamu dapat memilih satu atau maksimal dua warna cat eksterior rumah. Karena semakin banyak warna pada dinding luar rumah, akan terlihat semakin ramai dan berantakan.

Pemilihan warna yang terlalu banyak juga menimbulkan kesan hilangnya konsep pada rumah.

Jika kamu merasa menggunakan satu warna akan membuat rumah terlihat monoton, maka kamu dapat menggunakan nuansa berbeda dengan warna yang sama. Misalnya kamu memilih warna abu-abu, untuk pendekatan terbaik maka pilih dua warna abu-abu yang lebih gelap dan lebih terang.

Kombinasi ini juga akan memberikan daya tarik yang baik untuk rumahmu.

7. Memilih cat eksterior yang memiliki daya tahan terbaik

Cat eksterior rumah

Saat memilih cat eksterior terbaik, hindari hanya memilih dari warnanya saja. Karena jenis cat eksterior rumah yang digunakan, akan menentukan ketahanan warna cat terlepas dari warnanya itu sendiri.

Dilansir dari nipponpaint.co.in, cat high gloss tidak cocok untuk cat dinding eksterior, meskipun memiliki daya tahan tertinggi.

Sedangkan, untuk hasil akhir cat dinding eksterior yang sempurna, warna satin dan eggshell adalah pilihan terbaik. Hal ini karena mereka memiliki daya tahan tinggi dan lebih mudah dibersihkan. Hasil akhir ini juga dapat meningkatkan kualitas warna cat eksterior di rumahmu.

8. Menanyakan saran dari profesional

Cat eksterior rumah

Mengingat semua pilihan warna yang tersedia, memilih warna cat eksterior yang bagus untuk rumah bisa sedikit membuatmu jadi kewalahan. Tak menutup kemungkinan juga bahwa memilih warna yang salah untuk eksterior rumah, bisa menjadi kesalahan mahal yang menyebabkan pemborosan waktu dan sakit kepala yang tidak perlu.

Jika kamu masih tidak yakin, atau memerlukan beberapa saran, cobalah untuk menghubungi saran dari profesional. Kamu bisa bertemu ahli ini di toko-toko cat ternama hingga konsultasi via online. Mereka ahli dalam memilih warna cat yang tepat untuk rumah, garasi, dek, pagar, gudang, atau apa pun yang perlu di cat.

Cara ini tentu bisa membantumu menghilangkan stres dan khawatir dalam menentukan warna cat eksterior terbaik untuk rumah.

Nah itulah beberapa tips pilih cat eksterior terbaik untuk rumah. Semoga dengan mengikuti tips ini, kamu bisa membuat keputusan yang lebih tepat tentang bagaimana memilih warna yang sempurna untuk rumahmu. Selamat mencoba tipsnya!

Leave a Reply

%d bloggers like this: