Tips Penataan Ruangan Rumah Sederhana Agar Lebih Nyaman

Tips Penataan Ruangan Rumah Sederhana – Dalam rumah sederhana, hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam interior desain rumah ialah penataan ruangan rumah sederhana itu sendiri.

Sebenarnya dalam menata ruangan itu sendiri, Anda tak memerlukan bantuan arsitektur atau ahlinya, yang mana memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Hal ini dikarenakan, Anda dapat melakukannya tanpa bantuan dari orang lain.

Untuk pemilik rumah minimalis yang lahannya terbatas, ada beberapa tips penataan ruangan rumah sederhana yang perlu diperhatikan dalam penataan ruang dalam rumah minimalis agar tampilan interior pada rumah lebih indah dan cantik.

Penataan interior rumah yang rapi dan ideal, tentu saja memberikan dampak sangat baik untuk kenyamanan pemilik rumah. Inilah alasan mengapa kita harus lebih pandai menyiasati tatanan dalam interior rumah serapi mungkin.

Tata Ruang Rumah Mungil Minimalis

Anda dapat mengeluarkan inspirasi dengan cara membayangkan hunian minimalis Anda supaya terlihat lebih luas. Anda bisa memulai melakukan perubahan pada tiap ruangan, khususnya pada ruang makan dan ruang tamu.

Anda harus menanamkan konsep ruangan yang rapi tapi ringkas supaya tata ruang rumah kecil terlihat lebih maksimal.

Memilih perabotan dan furniture sebaiknya disesuaikan berdasarkan fungsinya, dan hindari pemakaian terlalu banyak furniture di dalam hunian Anda sebab hanya mempersempit ruangan di dalam rumah.

Alangkah baiknya Anda memilih partisi rumah yang menawarkan multifungsi, yaitu pada bagian belakang dan depan partisi/sekat rumah dapat digunakan untuk menyimpan sesuatu.

Misalnya, sekat atau partisi yang menghadap ke arah ruang tamu dapat digunakan untuk menempatkan foto keluarga, sementara di bagian belakangnya dapat digunakan untuk menempatkan televisi. Dengan begitu Anda tak memerlukan meja lagi sebagai tempat untuk meletakan televisi.

Tips Penataan Ruangan Rumah Sederhana

Sebaiknya minimalkan pemakaian furniture pada rumah minimalis, hal ini penting untuk menampilkan kesan leluasa pada tiap ruangan.

Selain itu, alangkah baiknya untuk menambahkan unsur material kayu pada bagian pintu, lemari ataupun rak supaya kesan pada rumah minimalis semakin melekat.

Dalam tata ruang hunian minimalis modern, hal yang juga penting diperhatikan ialah ventilasi udara dan jendela. Adanya ventilasi udara ini penting sekali untuk tetap menjaga agar sirkulasi udara tetap mengalir baik.

Sementara jendela dapat berfungsi untuk mempermudah masuknya cahaya matahari ke dalam ruangan. Hal ini penting untuk tetap menjaga kelembaban di dalam rumah, terutama saat musim hujan tiba.

Karena jika pencahayaan di dalam rumah kurang, maka rumah akan terasa lembab sehingga dapat memicu pertumbuhan jamur di dalam dinding rumah, sehingga dapat mengurangi estetika dalam sebuah rumah. Selain itu, tentu saja bisa mengganggu kesehatan para penghuni rumah di dalamnya.

Tips penataan ruangan rumah sederhana pada ruang tamu sendiri, Anda tak perlu menempatkan furniture apapun terkecuali sofa berikut meja tamunya.

Sementara untuk ruang dapur sendiri, Anda dapat menempatkan kitchen set untuk membuat peralatan-peralatan dapur tidak berantakan. Selain itu, pilih model kitchen set yang dapat menampung semua perlengkapan makan dan dapur.

Di samping dapur, Anda juga harus menata kamar tidur sedemikian rupa, pastikan ukuran tempat tidur harus menyesuaikan ukuran kamar. Selain itu, hindari pemakaian lemari berukuran besar untuk meminimalisir kesan ruangan yang terlihat sempit.

Agar ruangan di dalam rumah terlihat luas, pastikan untuk mengurangi pembatas atau sekat di dalam ruangan. Memang sah-sah saja bila memakai pembatas atau sekat di dalam rumah. Akan tetapi, pemakaian pembatas atau sekat antar ruangan justru bisa mempersempit ruangan di dalam rumah.

Maka dari itu, dengan mengurangi jumlah sekat di dalam ruangan rumah merupakan cara paling jitu membuat rumah terlihat lebih leluasa. Tips penataan ruangan rumah sederhana di atas sangat penting bagi interior rumah sangat sederhana.

Banyak orang yang berpendapat bahwa tata ruang rumah sederhana itu cukup sulit untuk dilakukan, mengapa demikian? Hal ini tidak lepas dari kebanyakan rumah sederhana yang memang tampil dengan ukuran kecil, sehingga membutuhkan ide yang luar biasa untuk membuat penataan lebih tepat serta multifungsi sehingga rumah tersebut pun dapat tampil dengan kesan yang lebih luas dan nyaman untuk dihuni.

Berikut ini adalah beberapa tips penataan ruangan rumah sederhana untuk menghindari kesalahan dalam penataan ruangan yang wajib untuk anda hindari, diantaranya :

1. Tidak percaya akan selera sendiri

Dalam proses penataan ruangan anda tidak harus selalu mencontoh gaya yang telah ada dan memiliki kesan yang menarik mata anda, karena bagaimana pun hasil yang akan ditunjukkannya jelas tidak akan sesuai dengan selera yang anda miliki secara utuh.

Untuk itu, sebelum melakukan kesalahan tersebut, ada baiknya jika anda memilih desain atau pun penataan ruangan sesuai dengan selera yang anda miliki, misalkan memadu padankan apa yang menurut anda menarik dengan tingkat kebutuhan anda, sehingga setiap ruangan yang anda gunakan pun akan terasa nyaman untuk digunakan.

2. Kesalahan dalam pemilihan cat

Bagi anda yang ingin menunjukkan kesan tegas atau bahkan maskulin pada rumah yang anda miliki, bukan berarti anda harus menggunakan cat dengan pilihan warna gelap. Apalagi jika ukuran rumah yang anda miliki terbilang kecil. Untuk itu sebaiknya anda pilih jenis warna yang agak cerah sehingga dapat memberikan kesan luas.

Namun jika anda tetap ingin memberikan kesan maskulin atau tegas, maka cobalah untuk menggunakan pilihan warna abu-abu, putih, serta coklat susu, sehingga kesan tersebut dapat ditunjukkan dengan mudah, dan ruangan kecil pun tetap terasa luas.

3. Kesalahan dalam pemilihan perabotan

Hal lainnya yang seringkali dilakukan oleh mereka pada penataan ruang rumah minimalis yaitu penentuan jenis perabotan yang hendak digunakan. Dalam hal ini sebaiknya anda pilih jenis perabot yang akan digunakan saja dan sesuai dengan apa yang anda butuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pasalnya penggunaan perabot berlebih tentunya akan memakan banyak ruang, sehingga menjadikan setiap ruangan yang terdapat dalam rumah anda pun menjadi lebih sempit dan sulit untuk menentukan ruang gerak dengan lebih leluasa.

Selain itu, pastikan pula untuk memilih perabot multifungsi yang tentunya dapat membantu anda dalam melakukan beragam aktivitas dengan satu bentuk perabot saja.

4. Kurang memperhatikan kenyamanan

Kenyamanan menjadi hal penting selanjutnya yang wajib untuk anda perhatikan, karena jika rumah hanya mementingkan keindahan saja tanpa ada kenyamanan, maka jelas rumah tersebut tidak akan banyak digunakan dan juga tidak mendukung setiap aktivitas yang akan dilakukan oleh para penghuninya.

Untuk itu, pastikanlah anda memperhatikan tingkat kenyamanan, seperti halnya melakukan penataan yang sesuai dengan model ruangan yang ada, serta memperhatikan tingkat kebutuhan dari para penghuninya. Dengan demikian tingkat kenyamanan dari rumah tersebut pun dapat dibangun dengan lebih mudah.

5. Pengaturan cahaya yang salah

Kesalahan lain yang juga penting untuk anda perhatikan adalah keberadaan pencahayaan dalam rumah. Dalam hal ini, selain mengandalkan sumber cahaya seperti halnya jendela.

Sebaiknya anda perhatikan pula penggunaan lampu ruangan dengan lebih memadai, sehingga setiap ruangan yang ada di dalam rumah itu pun akan terasa lebih nyaman, terang dan tidak mengganggu aktivitas yang anda lakukan.

lebih dari itu. Untuk penggunaan lampu, perhatikan pula pemilihan warna dari lampu yang digunakan tersebut, pasalnya selain dapat mendukung aktivitas yang anda lakukan pemilihan warna juga dapat menimbulkan kesan berbeda pada setiap penataan yang dilakukannya.

Itulah kiranya beberapa tips dalam penataan ruangan dari rumah mungil serta sederhana yang juga cocok untuk diterapkan dalam proses tata ruang rumah type 36.

Leave a Comment