8 Tips Menerapkan Desain Interior Minimalis di Rumah

Mungkin kamu sudah lama memiliki tujuan untuk bersantai di rumah yang minimalis, tetapi tidak tahu harus mulai dari mana untuk mencapai tujuan ini.

Mungkin kamu merasa sudah terlambat untuk meneraokan desain interior minimalis, karena perabotan yang sudah kamu miliki sebelumnya. Sehingga, apa yang akan kamu lakukan dengan semua barang ini?

Namun coba, pikirkan lagi. Desainer membuktikan bahwa untuk mendapatkan estetika desain yang minimalis, setiap pemilik rumah harus perlahan tapi pasti dalam merangkul konsep kesederhanaan dalam rumah.

Agar kamu tidak salah langkah, kali ini Dirumahkita.com telah menyiapkan 8 tips menerapkan desain interior minimalis yang dapat kamu ikuti, untuk memasukkan sedikit kesederhanaan ke dalam rumah.

1. Memilih furnitur atau perabot dengan fungsi ganda

Desain interior minimalis untuk rumah

Rumah minimalis tentu saja tidak dikemas dengan banyak furnitur, dan oleh karena itu kamu harus memilih furnitur atau perabot yang benar-benar cocok dan harus sangat bermanfaat.

Furnitur yang memiliki tempat penyimpanan tersembunyi dan serbaguna adalah kunci rumah minimalis. Jenis furnitur ini memungkinkan lebih sedikit penggunaan ruang, dan meminimalisir kekacauan tambahan.

Ottoman dengan penyimpanan berpenutup, menjadi pilihan tempat duduk yang sangat baik saat tamu mampir, sambil juga berfungsi sebagai meja samping atau pijakan kaki.

Sementara itu, kamu juga bisa menyimpan barang-barang seperti selimut dan bantal di dalam Ottoman yang juga berfungsi sebagai penyimpanan.

Kemudian untuk meja di ruang tamu, kamu bisa mencari meja konsol yang dapat dengan mudah diubah menjadi meja tamu.

Kamu juga bisa memiliki keranjang atau peti anyaman dengan tutup, yang menambah sentuhan tekstur sekaligus menyembunyikan kekacauan.

2. Tambahkan tanaman hijau dan unsur alam

Desain interior minimalis untuk rumah

Tumbuhan sangat diterima di ruang minimalis, jadi jika kamu tidak dapat hidup tanpa tanaman hijau, jangan khawatir. Karena tanaman akan membuat rumah minimalismu semakin bersinar.

Dilansir dari mydomaine.com, tanaman adalah cara mudah untuk menghiasi ruangan tanpa menambahkan lebih banyak dekorasi atau furnitur yang dapat menghilangkan dampak minimalis.

Elemen alami selalu menjadi keharusan dalam desain minimalis, serta melibatkan kayu alami atau kristal besar. Sehingga untuk menempatkan tumbuhan, kamu bisa menggunakan pot kayu atau vas bunga bergaya kristal.

Ini akan menambah keindahan sambil meningkatkan getaran ruang.

3. Rutin membersihkan area rumah yang berantakan

Desain interior minimalis untuk rumah

Membersihkan kekacauan tentu saja merupakan langkah penting bagi kamu yang ingin merangkul desain interior minimalis. Ini sudah waktunya bagi kamu untuk melepaskan hal-hal yang tidak lagi di butuhkan atau inginkan.

Menjaga rumah tetap bersih dan rapi lebih dari sekedar dekorasi rumah. Sehingga cobalah untuk meneliti setiap item pakaian, perlengkapan kecantikan, dan peralatan dapur yang menghabiskan banyak ruang.

Jika kamu tidak tahu apa saja barang yang diperlukan atau tidak, cobalah untuk melihat lemari di kamarmu. Jika ada pakaian yang tidak kamu kenakan dalam setahun, kamu mungkin tidak akan memakainya lagi.

Plus, mengucapkan selamat tinggal pada kelebihan barang dapat menghasilkan perasaan pencapaian yang besar. Kamu mungkin akan merasa lebih baik jika melihat ada banyak ruang kosong.

Ditambah lagi kamu bisa mendapatkan perasaan baik jika mengantarkan barang-barang tersebut untuk didonasikan. Berbuat baik untuk orang lain benar-benar bisa membuahkan hasil lho!

4. Merangkul aturan “satu masuk, satu keluar”

Desain interior minimalis untuk rumah

Kamu mungkin sudah tak heran tentang berapa banyak barang yang dapat diperoleh dalam rentang waktu singkat.

Laci dapur, lemari kamar tidur, dan lemari kamar mandi yang kosong dari saat pertama kali pindah, entah bagaimana sekarang penuh dengan produk yang tidak penting dan tidak terpakai hingga mengumpulkan debu.

Bahkan saat kamu tidak dapat melihatnya, “barang” tersebut mengotori ruang kepala dan menghabiskan ruang berharga di rumah. Yup, tidak ada waktu yang lebih baik untuk membersihkan laci sampah itu.

Kamu mungkin pernah mendengar aturan “satu masuk, satu keluar”, dan ini adalah pelajaran penting untuk dijalani jika kamu ingin menetapkan desain interior minimalis di rumah.

Misalnya, setiap kali kamu membawa pulang sepasang sepatu baru, sepatu yang lebih tua harus dimasukkan ke box donasi (atau dibuang jika sudah tak layak pakai)

Dengan aturan ini dapat membantu kamu menciptakan keseimbangan dalam ruang dan menghindari hal-hal yang tiba-tiba terasa sempit seiring waktu.

5. Menambahkan dekorasi dengan hati-hati

Desain interior minimalis untuk rumah

Kamu mungkin tertarik untuk menempelkan beberapa dekorasi dinding pada area dinding yang kosong, namun dalam menciptakan desain interior minimalis, kamu tidak perlu menampilkan potongan aksen hanya untuk mengisi area kosong.

Ide keseluruhan dari desain interior minimalis adalah memiliki lebih sedikit barang, dan hanya menyimpan barang-barang yang memiliki tujuan dalam hidup.

Tips yang berguna saat memutuskan apakah akan menyimpan atau melepaskan sesuatu, adalah dengan bertanya pada diri sendiri yaitu “Apakah barang ini memiliki tempat di masa depan saya?”

Namun bukan berarti kamu tidak bisa menyimpan atau membeli saat menerapkan desain ini. Karena ada cara lain untuk memasukkan potongan aksen ke dalam rumah,  yang menyenangkan secara estetika dan fungsional.

Misalnya, menggunakan baki di atas meja kopi atau meja rias, yang menambahkan elemen dekoratif dan percikan gaya sekaligus mengatur barang-barang yang kita butuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

6. Pencahayaan adalah segalanya di desain interior minimalis

Desain interior minimalis untuk rumah

Di semua ruang, khususnya yang menggunakan desain interior minimalis, cahaya adalah segalanya. Dari cahaya alami hingga cahaya sekitar yang lebih lembut, kamu dapat menciptakan berbagai suasana dengan penggunaan pencahayaan.

Hindari untuk hanya mengandalkan lampu atas di ruangan. Pastikan kamu juga memiliki lampu lantai dan lampu meja juga.

Jaga gorden tetap bagus dan lapang, karena rumah minimalis bukanlah tempat untuk gorden yang sangat tebal, berornamen, atau berwarna mencolok.

7. Memilih furnitur dan perabot yang sederhana

Desain interior minimalis untuk rumah

Mendesain rumah minimalis bukan berarti kamu harus menghindari dekorasi dan warna-warna cerah.

Aturannya adalah cukup menggunakan elemen dekoratif sebagai aksen dan tidak membebani rumah dengan banyak hal.

Demikian pula, untuk seni, pilih satu bagian fokus daripada sekelompok bagian kecil. Misalnya untuk di ruang tamu, sepasang potret di dinding kosong menjadi titik fokus dan bukan gangguan yang berantakan.

Selain itu, saat memilih furniture dan perabot untuk desain interior minimalis, prioritaskan bentuk sederhana dan warna monokromatik netral.

Keduanya menyenangkan secara visual tanpa terlalu sibuk. Meski begitu, mereka tetap menambahkan minat dan kehangatan yang besar ke dalam suatu ruang.

8. Sabar dan perlahan dalam menjalani prosesnya

Desain interior minimalis untuk rumah

Last but not least, ingatlah bahwa seperti semua proyek desain, tidak ada ruang minimalis yang akan selesai dengan segera.

Menciptakan desain interior minimalis untuk rumah dengan jenis dan ukuran apa pun tidak harus dicapai dalam semalam. Sehingga pastikan kamu menganggap bahwa ini lebih sebagai sebuah proses.

Bekerja dengan kekuatan diri sendiri melalui setiap langkah di atas satu per satu pasti akan terbayar dalam jangka panjang.

Nah itulah 8 tips menerapkan desain interior minimalis di rumah, yang bisa kamu lakukan. Siapkah untuk menjalani setiap langkah di atas? Selamat mencoba ya!

Leave a Reply

%d bloggers like this: