10 Tips Menjaga Furniture Outdoor Bersih dan Anti Jamur

Seperti yang kamu tahu, furniture outdoor dapat sangat terpengaruh oleh cuaca, terutama saat sinar matahari sedang terik, atau pada saat musim hujan di mana angin, hujan, dan dedaunan yang berjatuhan ke teras rumahmu.

Meski furniture outdoor memang diperuntukkan untuk diletakkan di luar ruangan, jika tidak diberikan perawatan yang tepat, furniture bisa kotor, mengalami jamur, karat, hingga rusak saat menghadapi macam-macam perubahan cuaca.

Untungnya ada cara beberapa mudah untuk menjaga furniture outdoor tetap dalam kondisi prima, baik itu kayu, kain, logam, aluminium atau anyaman sintetis.

Nah untuk membantumu merawat furniture kesayanganmu, kali ini Dirumahkita.com telah merangkum 10 tips menjaga furniture outdoor bersih dan anti jamur. Yuk simak tips-tipsnya di bawah ini!

1. Kayu

Furniture outdoor

Jika kamu memiliki kayu keras tropis, seperti jati, mahoni, ash, meranti, dll, ini hanya membutuhkan perawatan minimal. Kayu keras tropis adalah bahan yang luar biasa, karena tahan cuaca dan anti rayap.

Namun untuk menjaga furniture dalam kondisi bagus, kamu tetap perlu membersihkannya menggunakan sikat dan sabun.

Pertama, gunakan sikat kaku untuk menghilangkan minyak dan kotoran pada furniture. Kemudian bersihkan furniture dengan kombinasi cairan pencuci piring dan pemutih, menggunakan lap lembut.

Setahun sekali, ada baiknya menerapkan sealer atau finishing pada furniture kayu untuk perlindungan jangka panjang. Ini menghentikan pembengkokan atau retak pada furniture selama bertahun-tahun.

2. Furniture dengan kain

Furniture outdoor

Bukan rahasia umum lagi bila kain yang ditinggalkan di luar semalaman, bisa tertutup jamur, sulit dibersihkan, dan meninggalkan bau tak sedap. Namun beberapa kain yang dikhususkan untuk furniture outdoor seringkali terbuat dari serat tenun, yang hampir tak terkalahkan.

Namun untuk menjaga kain-kain ini tampak seperti baru, cukup bersihkan kotoran yang menempel, lalu tepuk-tepukkan ke arah bawah.

Namun jika ada kotoran yang membandel, kamu dapat mencampurkan air dan deterjen atau sabun alami yang lembut. Ambil sikat berbulu lembut untuk menghilangkan kotoran.

Sebagai sentuhan akhir, bilas semua kain hingga bersih kemudian jemur di bawah sinar matahari.

3. Sofa

Furniture outdoor

Meskipun sofa umumnya diposisikan di bawah balkon, kanopi, atau payung untuk melindunginya dari sinar matahari dan hujan, sofa ini tetap perlu dibersihkan sesekali.

Mencuci dan mengelap adalah cara yang bagus untuk menghilangkan kotoran yang tidak sedap dipandang atau noda ringan. Agar sofa tetap terlihat seperti baru, banyak yang memiliki penutup yang dapat dilepas dan dicuci melalui mesin cuci.

Namun, jangan pernah berpikir untuk membuka ritsleting penutup sebelum kamu mengecek label cuciannya atau telah yakin bahwa penutup bisa dicuci ulang.

Jika tidak boleh dibersihkan, kamu juga dapat mencampurkan air dan deterjen yang lembut. Lalu ambil sikat bulu lembut untuk menghilangkan kotoran. Terakhir, lap dengan air bersih kemudian jemur di bawah sinar matahari.

4. Bantal

Furniture outdoor

Seperti yang kamu tahu, cuaca di Indonesia dapat berubah dari satu hari ke hari berikutnya. Meskipun payung teras dapat melindungi furniture dari sinar matahari dan hujan, ini bukan solusi yang sangat mudah.

Bantal lounge akan menjadi basah dan jika hujan turun, dan mereka akan mengembangkan jamur. Tak hanya itu, jamur juga dapat membuat noda pada kain dan bau apek.  Cara yang efektif untuk membunuh jamur adalah dengan pemutih. Namun ingat, harus sangat encer.

Campurkan satu sendok makan pemutih dengan satu cangkir air dan coba pada bagian kain yang tidak mencolok. Jika semuanya baik-baik saja, gunakan rasio pemutih dan air yang sama untuk menghilangkan semua tanda jamur.

Kemudian bersihkan dengan spons basah dan biarkan bantal dijemur di bawah sinar matahari selama satu jam.

5. Payung teras

Furniture outdoor

Payung teras seringkali dijadikan pilihan furniture outdoor oleh banyak orang, karena dapat memberikan keteduhan yang nyaman di setiap zona outdoor atau area kolam renang. Tapi karena terkena semua cuaca ekstrem, payung sangat rentan terhadap jamur dan lumut.

Untuk pembersihan cepat, kamu dapat membuka payung, dan bersihkan jamur yang menempel sebanyak mungkin.

Caranya yaitu dengan mengisi ember dengan campuran air hangat dan cuka putih. Ambil sikat untuk membersihkan payung (ini membantu menghilangkan jamur yang tersisa).

Sebagai sentuhan akhir, bilas dengan air, lalu biarkan kering di bawah sinar matahari.

6. Kursi bean bag

Furniture outdoor

Kursi bean bag menjadi salah satu primadona bagi banyak orang, karena sangat menggoda untuk duduk di kursi yang empuk di bawah angin sepoi-sepoi. Namun tak sedikit juga orang yang meninggalkan bean bag-nya di luar selama berbulan-bulan.

Tapi itu bukan ide yang bagus. Karena bean bag yang terpapar kelembaban dapat memicu jamur dan lumut jahat sehingga mengeluarkan bau yang tak sedap.

Solusi terbaik untuk membersihkan bean bag adalah dengan membuka ritsleting bean bag dan melepas penutup luarnya. Kemudian rendam dalam air sabun.

Kamu juga harus baca petunjuknya, karena mungkin saja kain bean bag bisa dimasukkan ke dalam mesin cuci menggunakan siklus yang halus.

Namun jika kain sudah terlalu berjamur, sudah waktunya untuk mengganti kain bean bag dengan yang baru.

7. Anyaman sintetis

Furniture outdoor

Kursi anyaman sintetis terdiri dari bingkai aluminium yang dilas dengan warna powdercoated untuk menciptakan tampilan anyaman klasik. Ini merupakan bahan baru dan dikenal lebih baik karena sangat tahan lama dan sangat bergaya.

Kamu dapat membersihkan furniture anyaman sintetis dengan menyemprotkan air dari selang taman untuk menghilangkan kotoran, lalu ambil ember dan kain untuk membersihkannya dengan sabun atau deterjen. Dan jangan lupa, bilas semua perabotan dan biarkan kering di tempat yang terang dan cerah.

Namun sebelum melakukan proses ini, berhati-hatilah, jika anyaman sebelumnya telah dicat, kemungkinan air akan terkelupas. Sehingga pastikan untuk mengetesnya terlebih dahulu dibagian yang kecil atau tertutupi.

8. Logam

Furniture outdoor

Dilansir dari houzz.com.au, furniture outdoor yang menggunakan logam memiliki lapisan pelindung, membuatnya kuat dan tahan lama.

Hanya perlu sedikit langkah pembersihan agar tetap terlihat seperti baru. Langkah pertama adalah mencuci lapisan atas sintetis, yaitu cukup bersihkan dengan deterjen sabun. Selama bertahun-tahun, lapisan itu mungkin mulai luntur, berkat semua kotoran kecil dari burung.

Asam dari kotoran burung dapat menggerogoti salah satu titik lemah furniture di bagian akhir. Sehingga triknya untuk mencegah furniture logam dari kerusakan adalah dengan membuang kotorannya secepat mungkin.

Jika lapisan telah aus, lapisi dengan cat dan akhiri dengan pernis logam bening.

9. Aluminium

Furniture outdoor

Furniture outdoor berbahan dasar aluminium memiliki lapisan powdercoat yang tahan lama, sehingga ideal untuk area luar ruangan atau area kolam renang.

Untuk pembersihan cepat, kamu dapat menggunakan pembersih semprot lalu lap dengan handuk lembut berserat mikro. Selesaikan dengan membasuh residu pembersih dengan air panas.

Jika noda sulit dihilangkan, cobalah untuk mengisi mangkuk dengan air panas dan sabun cuci, lalu bersihkan dengan handuk lembut.

10. Akrilik atau perspex

Furniture outdoor

Kursi akrilik atau perspex akhir-akhir ini juga mendapatkan perhatian karena desainnya yang minimalis namun unik karena warnanya yang tembus pandang.

Tampilan tembus pandang dari kursi perspex ini membuat ruang kecil menjadi tampak lebih besar. Tetapi menjaganya agar tetap bersih membutuhkan sedikit komitmen.

Untuk pembersihan cepat, hindari semua produk pembersih jendela komersial. Hal ini karena produk-produk tersebut mengandung amonia, yang sebenarnya dapat “memakan” akrilik.

Sehingga, pilih opsi yang sudah teruji, yaitu gunakan deterjen dan air hangat untuk pembersihan yang lembut.

Untuk menghindari goresan, pastikan kamu tidak mengelap debu kering dengan keras. Itu benar-benar bisa menggiling kotoran ke permukaan akrilik, yang menyebabkan goresan yang sulit dihilangkan.

Nah itulah beberapa tips menjaga furniture outdoor, agar tetap bersih dan anti jamur. Semoga dengan tips-tips di atas, dapat membantu merawat dan menjaga furniture kesayanganmu ya!

Leave a Reply

%d bloggers like this: