10 Tips Feng Shui Dapur yang Membawa Hoki dan Keberuntungan

Feng Shui adalah praktik mengatur potongan-potongan di ruang hidup untuk menciptakan keseimbangan dengan alam. Tujuan Feng Shui sendiri adalah untuk memanfaatkan kekuatan energi dan membangun keselarasan antara individu dan lingkungannya.

Menurut ilmu Feng Shui dapur adalah pusat dari sumber kehidupan manusia dalam lingkup tempat tinggalnya. Sebab, pada area ini kita mengolah makanan dan minuman, yang kemudian menjadi kebutuhan pokok untuk bertahan hidup.

Oleh karena itulah, dapur harus diatur sedemikian rupa agar dapat menghasilkan energi yang seimbang. Pengaturan tata letak interior yang baik, dipercaya mampu membawa energi positif yang memberikan keberuntungan dan kebahagiaan bagi penghuni rumah.

Kali ini DirumahKita.com telah merangkum cara menerapkan Feng Shui dapur yang membawa hoki dan keberuntungan. Yuk simak!

1. Meletakkan posisi kompor dengan tepat

Feng Shui dapur yang membawa hoki dan keberuntungan

Bagi kita mungkin kompor hanyalah perlengkapan untuk memasak. Namun sebenarnya kompor sendiri merepresentasikan sumber daya, karier, dan bagaimana cara kita melihat peluang untuk mencapai kesuksesan dalam hidup.

Jika kamu ingin mendapatkan Feng Shui yang bagus, maka sebaiknya kompor berada sisi Selatan atau Timur dan menghadap ke arah pintu, namun tidak diletakkan bersebrangan.

Artinya kamu perlu menghindari kompor yang menghadap ke arah pintu dapur secara langsung. Selain itu, sebaiknya jangan meletakkan kompor di sudut ruangan, misalnya di sisi Barat atau Utara.

2. Menggunakan kompor dengan banyak tungku

Feng Shui dapur yang membawa hoki dan keberuntungan

Saat kamu membeli kompor baru, pastikan kamu memilih kompor dengan jumlah tungku yang lebih dari satu. Jika memungkinkan, hindari kompor dengan dua tungku kecil.

Masih menurut Feng Shui, tungku yang banyak diartikan sebagai pembawa rezeki dan peluang karier yang akan datang ke hidup kita. Namun, jika kamu tak berniat membeli kompor baru, ada cara mudah untuk menggandakan jumlah tungku di kompor.

Misalnya kamu dapat menempatkan back splash, dekorasi tembok, atau benda lainnya yang memiliki kemampuan untuk merefleksikan benda. Pastikan agar cermin diletakkan di belakang atau di tempat yang bisa memantulkan tungku dengan baik

3. Menggunakan tungku kompor yang berbeda-beda ketika memasak

Feng Shui dapur yang membawa hoki dan keberuntungan

Masih membahas seputar tungku kompor nih. Cara selanjutnya untuk mendapatkan Feng Shui dapur yang bagus adalah menggunakan tungku kompor yang berbeda-beda saat memasak.

Kompor gas umumnya memiliki tungku masak lebih dari satu, mungkin tanpa disadari kita biasa memakai satu tungku yang sama secara terus menerus. Nah untuk mendapatkan Feng Shui yang bagus, sebaiknya kamu menggunakan tungku yang lainnya juga secara bergantian saat memasak.

Hal ini dikaitkan dengan kemampuan kita dalam menemukan lebih banyak peluang dalam aspek karier dan keuangan. Penting juga untuk menggunakan kompor setiap hari, bahkan jika kamu mungkin sedang tidak berniat memasak.

Setidaknya gunakan kompor untuk sekadar merebus air, karena hal ini memberi pertanda yang bagus untuk karier dan keuangan.

4. Pertimbangkan pencahayaan yang baik di dapur

Feng Shui dapur yang membawa hoki dan keberuntungan

Pencahayaan yang baik sangat penting untuk menghadirkan suasana yang baik ke dapur, terutama jika dapurnya kecil. Sebaiknya kamu dapat menghindari menggunakan bola lampu neon, dan bereksperimenlah dengan tingkat pencahayaan yang berbeda.

Ketika menerapkan perubahan sederhana ini, kamu akan rasakan perubahan energi yang dibawa masing-masing dari lampu yang berbeda-beda.

Dikutip dari Mydomaine.com, direkomendasikan agar kamu memiliki dua hingga tiga lapisan pencahayaan (ini dapat mencakup pencahayaan alami dari jendela) di dapur untuk mendapatkan kualitas energi yang lebih baik.

Penggunaan cermin di dapur kecil juga bisa memberikan kesempatan untuk memperluas perspektif spasial dan membawa lebih banyak cahaya.

5. Memilih warna cat atau kabinet yang membawa Feng Shui dapur lebih bagus

Feng Shui dapur yang membawa hoki dan keberuntungan

Di luar tata letak dan pengaturan alat, warna juga dapat memiliki dampak signifikan pada Feng Shui dapur di rumahmu.

Untuk memaksimalkan dapur yang lebih kecil, pastikan agar kamu menggunakan warna-warna dinding dan kabinet yang terang. Warna yang lebih terang ini membantu memperluas area dapur yang kecil.

Jika kamu mencari saran warna yang berdampak pada Feng Shui dapur, kamu dapat menggunakan warna putih, hijau, kuning, biru langit, warna beige, nude, krem, atau bahkan abu-abu lembut, adalah pilihan yang bagus.

Ingatlah kamu tidak perlu mengecat seluruh dapur dengan semua warna ini. Kamu bisa memilih satu warna saja atau kombinasi dua warna. Melainkan, kamu bisa memiliki aksen dinding, atau warna bisa di meja, lemari, atau backsplash di belakang kompor.

6. Menyimpan barang-barang sesuai kebutuhan dan buang barang yang rusak

Feng Shui dapur yang membawa hoki dan keberuntungan

Jika kamu telah memahami konsep Feng Shui, maka kamu mungkin tahu pentingnya dapur yang tertata rapi. Pastikan untuk selalu menjaga meja dapur bersih dari kekacauan. Gunakan lemari dan laci hanya untuk menyimpan apa yang benar-benar dibutuhkan di dapur”

Ketika kamu membuka setiap laci dan lemari, cobalah untuk benar-benar mengevaluasi isinya. Bersikaplah praktis dengan saran Feng Shui ini. Ketahui berapa banyak orang yang tinggal di rumah, dan itu akan menunjukkan berapa banyak piring, garpu, dan cangkir yang benar-benar dibutuhkan.

Selain itu, pastikan juga kamu telah menyingkirkan barang-barang yang pecah atau terkelupas, seperti mug dan piring, dari area dapur.

Barang yang rusak digambarkan menjadi energi yang rusak dan dianggap membawa nasib buruk. Jika itu adalah sesuatu yang benar-benar kamu sukai atau memiliki arti penting bagi keluarga, sebaiknya perbaiki. Jika tidak, buang dan biarkan saja.

7. Rutin membersihkan seluruh area dapur

Feng Shui dapur yang membawa hoki dan keberuntungan

 

Tak hanya sekadar membersihkan isi laci dan lemari, tips selanjutnya untuk mendapatkan Feng Shui dapur yang bagus adalah membersihkan dapur hingga ke dalam-dalamnya.

Pikirkan tentang bagaimana rasanya membuka lemari es yang bersih dan teratur versus lemari es yang berantakan penuh dengan makanan kedawluarsa.

Bahkan jika kamu dan keluarga tidak memakan makanan yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa, mereka masih tersimpan dengan rapi di lemari es atau dapur. Buang apa pun yang kedaluwarsa dan gunakan pembersih tidak beracun untuk menghilangkan debu atau kotoran yang terkumpul.

Penting juga untuk menjaga area kompor tetap bersih. Karena seperti yang disebutkan sebelumnya, kompor mewakili karier, kekayaan, dan sumber daya.

Meluangkan waktu setiap hari untuk membersihkan kompor dengan penuh perhatian akan mencegah energi stagnan terkumpul di area rumah dan kehidupan.

8. Hindari menggunakan pembersih yang mengandung racun

Feng Shui dapur yang membawa hoki dan keberuntungan

Seperti yang kamu ketahui, ada banyak pembersih yang dijual di pasaran memiliki bahan kimia berbahaya dan beracun, yang harus dihindari bila memungkinkan.

Selain karena meningkatkan Feng Shui dapur, kamu harus benar-benar sangat memperhatikan persediaan pembersih di dapur, tempat kamu menyiapkan dan mengonsumsi makanan.

Kamu dapat membeli pembersih tidak beracun atau membuatnya sendiri dengan bahan-bahan seperti soda kue, cuka, dan minyak esensial.

9. Menggunakan larutan garam dan air untuk membersihkan permukaan dapur

Feng Shui dapur yang membawa hoki dan keberuntungan

Selain membersihkan dapur dengan soda kue, cuka, dan minyak esensial, kamu juga dapat menggunakan larutan garam dan air untuk membersihkan dapur dengan hati-hati.

Dilansir dari thespruce.com, garam adalah kristal dan dapat menyerap energi negatif yang stagnan. Namun pastikan untuk menggunakan garam berkualitas tinggi dan air bersih.

Luangkan waktu untuk mengelap semua permukaan dapur sambil membayangkan bahwa larutan garam yang digunakan dapat menyerap Qi atau energi yang sulit atau negatif.

10. Menggantung seni di dapur

Feng Shui dapur yang membawa hoki dan keberuntungan

Seni adalah cara mudah lainnya untuk memasukkan warna ke dalam dapurmu. Namun berhati-hatilah dengan jenis karya seni yang kamu pilih untuk ditampilkan di dapur.

Pastikan bahwa seni yang digunakan berkisar pada gambaran makanan, pemandangan kafe-restoran di dalam atau di luar ruangan, atau jenis citra lain yang ingin kamu gunakan di dapur.

Itu bisa dibuat secara realistis, abstrak, kartun, atau di antara keduanya. Yang penting, pilihlah karya seni yang sesuai dengan kepribadianmu dan dapurmu.

Nah itulah tips Feng Shui dapur yang bisa kamu terapkan untuk membawa hoki dan keberuntungan. Yuk terapkan salah satu atau beberapa tips di atas, agar kamu membawa energi positif, hoki, dan keberuntungan untuk keluarga!

Leave a Reply

%d bloggers like this: