9 Tips Membuat Kamar Mandi Tanpa Jendela Lebih Terang

Memiliki kamar mandi tanpa jendela bisa terasa gelap dan suram, dan tanpa ventilasi yang cukup, kamar mandi bisa cepat menjadi lembab.

Seperti yang kamu tahu, jendela adalah salah satu hal penting dalam ruangan, terlebih lagi untuk kamar mandi. Jendela mencegah agar kamar mandi tidak lembab dan membuat kamar mandi menjadi lebih terang.

Jika kamar mandimu tidak memiliki jendela, kamu tak perlu khawatir. Sebab dengan desain yang tepat, penataan yang cermat, dan ventilasi yang baik, kamar mandi di rumahmu dapat menjadi tempat yang nyaman, santai, tenang, bebas dari jamur, dan penuh dengan udara segar.

Penasaran dengan bagaimana caranya? Berikut ini Dirumahkita.com telah menyiapkan 9 tips membuat kamar mandi tanpa jendela lebih terang. Yuk simak!

1. Pilih tema warna yang cerah dan lapang untuk kamar mandi

kamar mandi tanpa jendela

Jika kamu khawatir kamar mandi tanpa jendela jadi terasa sempit atau terbatas, penting untuk memilih tema warna kamar mandi yang terang.

Ini tak hanya akan membantu kamar mandi terasa lebih besar, tetapi juga akan memiliki manfaat tambahan dengan memantulkan pencahayaan buatan, yang akan membantu mencerahkannya.

Kamu dapat memilih warna seperti putih, netral, atau pastel pucat. Cobalah untuk menghindari tema warna yang terlalu gelap, karena ini akan membuat efek “menarik” ruangan ke dalam, membuat ruangan menjadi terlihat lebih sempit, dan tidak akan menambah pencahayaan kamar mandi.

2. Milikilah lampu-lampu yang memberikan pencahayaan baik

kamar mandi tanpa jendela

Sistem pencahayaan yang baik adalah suatu keharusan untuk kamar mandi tanpa jendela.

Selain lampu overhead yang terang, cobalah untuk menggabungkan lampu sorot pada tingkat yang berbeda. Ini akan membantu meniru aliran cahaya alami dan akan membantu kamar mandi terasa lebih cerah.

Suhu warna cahaya sama pentingnya dengan kecerahan. Pencahayaan rendah dan hangat di kamar mandi adalah yang terbaik untuk relaksasi, dan ini dapat dicapai dengan menggunakan lampu LED 2700K .

Namun siang hari kamu membutuhkan pencahayaan yang terang dan tetap sejuk, dan untuk itu kamu perlu menggunakan lampu LED dengan tidak lebih rendah dari 3000K.

Sebaiknya juga memilih bohlam yang warnanya mirip dengan cahaya alami. Dilansir dari mirashowers.co.uk, lampu yang mengeluarkan banyak cahaya kuning, bisa membuat kamar mandi tanpa jendela semakin terasa lebih kecil.

3. Pilih furniture dan perlengkapan kamar mandi transparan

kamar mandi tanpa jendela

Untuk menciptakan kesan ruang yang lebih luas di kamar mandi tanpa jendela, penting untuk memilih furniture dan perlengkapan kamar mandi dengan bijak.

Perabotan kaca atau transparan adalah cara terbaik untuk menghindari kepadatan dan juga akan membantu memantulkan sumber cahaya buatan di kamar mandi.

Carilah kaca shower screen atau shower enclosure sebagai langkah pertama, tetapi pertimbangkan untuk memasukkan barang transparan lainnya juga.

Misalnya, rak atau permukaan kaca akan berfungsi dengan baik. Pastikan kamu mencari koleksi dari beberapa merek untuk menciptakan tampilan yang sederhana dan bersih.

4. Jaga agar kamar mandi bebas dari berantakan

kamar mandi tanpa jendela

Barang-barang yang berantakan adalah musuh dari ruang yang lebih kecil, dan ini juga berlaku untuk kamar mandi tanpa jendela.

Secara alami, kamar mandi tanpa jendela lebih gelap, yang berarti ruang bisa terasa lebih kacau jika dibandingkan dengan kamar mandi dengan cahaya alami.

Sehingga belilah beberapa unit penyimpanan yang bagus untuk menyembunyikan barang sehari-hari, seperti produk mandi, handuk, dan meminimalkan aksesori. Atur beberapa barang yang bisa kamu letakkan di bagian depan.

Pastikan bahwa kamu dapat menata kamar mandi dengan barang-barang yang berfungsi untuk memperluas kamar mandi, bukan menguranginya.

5. Hias area tembok dengan cermin dan tanaman atau ornamen

kamar mandi tanpa jendela

Kamar mandi tanpa jendela menawarkan kesempatan sempurna untuk berkreasi dengan gaya pribadimu, dan mereka juga memiliki manfaat tambahan berupa lebih banyak ruang untuk bermain di dinding.

Cermin adalah pilihan ideal untuk kamar mandi tanpa jendela. Mereka memantulkan cahaya buatan, yang meniru efek sumber cahaya alami. Mereka juga ideal untuk ruang yang lebih kecil, karena juga dapat menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas.

Ada baiknya juga memilih tanaman atau ornamen yang terinspirasi dari alam. Ini dapat membantu memberikan suasana segar dan luar ruangan, yang mungkin terasa kurang di kamar mandi tanpa jendela.

Ada beberapa tanaman yang bisa tumbuh subur tanpa terlalu banyak cahaya alami, atau kamu bisa memilih tanaman artificial sebagai gantinya.

6. Menggunakan wastafel berkaki stainless

kamar mandi tanpa jendela

Pemilihan furniture kamar mandi merupakan pertimbangan lainnya untuk membuat kamar mandi tanpa jendela terlihat lebih terang. Kamu sebaiknya menggunakan wastafel atau meja rias berkaki dengan kaki logam atau stainless steel yang panjang.

Bahan logam atau stainless akan memberikan dimensi lebih luas pada ruangan, sehingga memberikan efek lebih terang di kamar mandi. Selain itu, pilihlah warna wastafel yang senada dengan warna cat dinding, agar ruangan lebih terlihat minimalis.

7. Memasang ventilasi yang tepat

kamar mandi tanpa jendela

Di kamar mandi tanpa jendela, sayangnya cahaya yang tidak mencukupi bukanlah satu-satunya masalah. Bak mandi, bathtub atau shower, toilet, dan wastafel semuanya memiliki satu kesamaan, yaitu mereka menghasilkan kelembaban.

Selama dikontrol, kelembapan ini tidak menjadi masalah. Tetapi jika tidak ada ventilasi yang cukup di kamar mandi, kelembaban hanya akan membuat kamar mandi terasa seperti gua yang kecil dan suram. Kelembaban juga menyebabkan jamur dan lumut, yang keduanya merusak rumah bahkan kesehatan.

Namun, kamu dapat menyelamatkan kamar mandi yang gelap dan lembab dengan memasang kipas ventilasi yang bisa diletakkan di bagian langit-langit kamar mandi.

8. Segera mengeringkan tetesan-tetesan air

kamar mandi tanpa jendela

Mandi atau mencuci tangan dapat menyebabkan genangan air di permukaan yang dapat mulai membiakkan bakteri.

Jika kamu melihat ada air di lantai atau wastafel, bersihkan segera agar permukaan tetap bersih. Saat mandi atau berendam air hangat, kamar mandi akan terisi uap tanpa batas, yang menyebabkan kondensasi.

Pengembunan dapat terjadi pada permukaan seperti cermin, sehingga kamu dapat membeli cermin demister, atau mengeringkannya dengan kain setelah selesai di kamar mandi (serta memasang kipas ekstraktor).

Kamu mungkin juga perlu memiliki keset kamar mandi yang cepat menyerap ketika keluar dari bathtub atau shower. Tetapi perlu diingat, meski cepat menyerap, keset tetap perlu dicuci secara teratur untuk menghentikan penumpukan bakteri.

9. Menggunakan jendela palsu

kamar mandi tanpa jendela

Tips terakhir untuk membuat kamar mandi tanpa jendela lebih terang adalah dengan mempertimbangkan penggunaan jendela palsu di kamar mandi. Menempatkan jendela palsu di dinding yang kosong dapat menciptakan ilusi jendela yang menghasilkan cahaya alami.

Tujuan dari jendela palsu ini tentunya untuk membuat jendela buatan di mana itu diterapkan. Jendela ini dapat digunakan di semua area tertutup, terutama di ruangan gelap tanpa jendela, seperti kamar mandi.

Menariknya lagi, kamu bisa mendekorasi jendela palsu dengan berbagai gorden lho!

Nah itulah cara membuat kamar mandi tanpa jendela jadi lebih terang. Meski tips-tips diatas dapat berhasil maksimal jika diterapkan semuanya, kamu bahkan bisa melihat perubahan bila menerapkan satu atau dua tips saja.

Hal yang paling penting adalah, bagaimana kamu bisa menciptakan kamar mandi yang nyaman dan tetap terlihat minimalis, meskipun tidak memiliki jendela.

Leave a Reply

%d bloggers like this: