7 Tips Mengatasi Warna Cat Tembok Luar Rumah yang Memudar

Menentukan warna cat tembok luar rumah bukanlah tugas yang mudah, terlebih lagi saat kamu mengaplikasikannya sendiri. Rasa lelah ini kemudian akan semakin terasa bila dalam waktu beberapa bulan atau tahun, warna cat yang dipilih dengan hati-hati, mulai memudar.

Jika menempelkan lukisan dinding atau stiker wallpaper menjadi cara terbaik dan paling ekonomis, untuk mengatasi cat tembok yang pudar di dalam rumah, warna pudar di tembok luar rumah dapat memberikan penampilan yang kurang memuaskan dan sulit untuk ditutupi.

Lantas bagaimana caranya untuk mengatasi warna cat tembok luar rumah yang mulai pudar? Dan apa penyebabnya?

Kali ini Dirumahkita.com telah merangkum informasi dan tips-tipsnya di bawah ini. Yuk simak!

Penyebab Warna Cat Tembok Luar Rumah yang Mulai Pudar

Warna cat tembok luar rumah

Tanpa kamu sadari, cat dapat memudar dari waktu ke waktu dari dinding, furniture, benda-benda yang dicat dan banyak lagi. Memudar terjadi ketika pigmen dalam cat yang bertanggung jawab untuk menahan warna, bersentuhan dengan zat yang memecah pigmen itu, misalnya seperti cahaya (listrik atau alami dari matahari), ozon, atau oksigen.

Dilansir dari paintersinphilly.com, sinar matahari langsung, cuaca buruk, suhu ekstrem, dan penggunaan cat eksterior berkualitas buruk, dapat berkontribusi pada memudarnya warna cat tembok luar rumah.

Tak hanya faktor alam, tetapi bagaimana cat diproduksi dan dicampur juga menjadi faktor dalam memudarnya warna. Itulah mengapa pentingnya untuk memilih cat terbaik yang bisa menolak penyerapan sinar UV, terutama saat mengecat interior dan eksterior rumah.

Namun kamu tak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi dan mencegah kembali warna cat tembok luar rumah yang memudar. Berikut informasinya di bawah ini!

1. Gunakan warna netral untuk di luar rumah

Warna cat tembok luar rumah

Saat kamu akan memilih kembali warna cat tembok luar rumah, pastikan untuk menggunakan warna netral untuk dinding dan daun jendela. Warna-warna cerah seperti merah, kuning, biru tua, dan hijau tua dapat memudar lebih cepat. Sebaliknya, warna netral seperti putih, abu-abu, greige, dan beige bertahan lebih lama.

Cat dengan warna netral ini tak hanya akan mempertahankan warna aslinya lebih lama, tetapi juga akan terlihat lebih alami pada saat memudar. Namun jika kamu tetap ingin warna rumah yang lebih menonjol, pilih warna cerah untuk pintu depan.

Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mengecat ulang pintu di masa mendatang agar warnanya tetap cerah, dan tentunya menghindari perlu mengecat ulang seluruh area tembok luar rumah dalam beberapa tahun.

2. Menggunakan cat eksterior yang berkualitas tinggi

Warna cat tembok luar rumah

Harga cat tergantung dari kualitas. Tak menutup kemungkinan cat dengan harga yang cenderung jauh lebih murah dari harga cat eksterior di pasaran, dibuat dengan bahan berkualitas rendah yang tidak tahan lama.

Sedangkan merek-merek cat yang harganya jauh lebih mahal, dibuat dengan pengikat dan pigmen berkualitas tinggi yang tahan terhadap sinar UV. Itu sebabnya warna cat ini akan bertahan lebih lama.

Jika kamu tidak ingin mengecat lagi bagian eksterior rumah dalam dua atau tiga tahun, sebaiknya belilah cat berkualitas tinggi yang akan bertahan selama tujuh hingga sepuluh tahun.

Menghabiskan sedikit uang lebih di awal untuk cat berkualitas tinggi, nantinya akan lebih menghemat waktu dan uang, bukan?

3. Memilih cat eksterior yang tahan pudar

Warna cat tembok luar rumah

Meskipun mungkin tampak jelas, memilih cat tahan pudar adalah salah satu dari beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menghindari memudarnya warna cat eksterior.

Cat tahan pudar terbaik mengandung pigmen berkualitas tinggi dan jumlah pengikat yang cukup, sehingga mampu mengikat partikel pigmen dengan bahan lain, yang membentuk lapisan cat yang tahan lama. Selain itu, jumlah pengikat yang baik, dapat memastikan adhesi yang baik antara film cat dan permukaan dinding.

Sebagai informasi tambahan, cat lateks akrilik berkualitas tinggi memiliki daya tahan warna yang lebih baik dibandingkan dengan produk cat berbasis minyak.

4. Menggunakan cat eksterior yang sesuai dengan kondisi lingkungan rumah

Warna cat tembok luar rumah

Kondisi cuaca di lingkungan rumahmu juga bisa menjadi penyebab utama warna cat tembok luar rumah yang pudar. Sinar matahari yang berlebihan, kelembaban, kekeringan, atau bahkan curah hujan dapat berdampak buruk pada cat dinding. Dilansir dari paintpotpro.com, hal ini terjadi karena cat bereaksi terhadap cuaca.

Maka itu, penting untuk mempertimbangkan lokasi dan pola iklim sebelum memilih jenis cat yang tepat untuk dinding eksterior. Misalnya, cat berbasis minyak cenderung lebih tahan air, dan mampu mencegah warna pudar di lingkungan yang menerima curah hujan tinggi.

Nah untuk membuat pilihan cat yang tepat, kamu juga selalu bisa berkonsultasi dengan penjual sebelum membelinya.

5. Menggunakan kuas dan rol cat berkualitas baik

Warna cat tembok luar rumah

Selain dari cat yang digunakan, cara mengaplikasikan cat juga memengaruhi warna cat tembok luar rumah. Jika dikerjakan dengan tidak hati-hati, maka ada kemungkinan lapisan cat tidak rata dan tidak beraturan. Hal ini menyebabkan cat dinding yang lebih tipis, akan lebih mudah ditembus oleh radiasi UV. Sehingga membuatnya lebih cepat kusam.

Untuk itu, sangat penting untuk melapisi tembok dengan lapisan cat yang rata. Untuk memastikan ini, kamu harus menggunakan kuas dan rol cat berkualitas baik. Selain itu, pastikan kamu memberikan tekanan lembut pada rol cat saat menggunakannya.

6. Menggunakan cat primer sebelum dilapisi oleh cat eksterior

Warna cat tembok luar rumah

Kesalahan yang umum dilakukan adalah tidak melapisi dinding luar rumah sebelum mengecat. Warna lama dapat merembes melalui cat baru, yang menyebabkan tembok tampak lebih pudar dan kusam. Masalah ini bisa lebih parah jika cat lama berwarna lebih gelap.

Sehingga untuk mendapatkan warna dinding yang tampak cerah, kamu harus melapisi dinding sebelum mengecat. Cat primer akan bertindak sebagai perekat untuk cat eksterior baru, dan akan memberikan hasil akhir yang tahan lama pada tembok rumahmu.

7. Rutin membersihkan debu yang menumpuk di tembok

Warna cat tembok luar rumah

Partikel debu dan kotoran serta polusi seiring waktu dapat menyebabkan tembok luar rumah terlihat kusam dan pudar. Hal ini karena ruangan yang cenderung lebih terbuka dan lapang, lebih rentan terhadap akumulasi debu.

Meskipun tidak ada cara khusus untuk mengendalikan debu dan polusi, pastikan agar kamu selalu membersihkan tembok secara rutin. Ini dapat membantu mengurangi masalah memudarnya warna cat tembok luar rumah.

Tetapi agar kamu bisa lebih mudah membersihkan debu dan polusi yang menumpuk, ada baiknya kamu menggunakan cat yang bisa dibersihkan.

Nah itulah informasi seputar penyebab dan tips mengatasi warna cat tembok luar rumah yang memudar. Selain berhati-hati dalam menerapkan cat tembok, pastikan kamu juga harus berhati-hati saat membeli cat eksterior ya.

Jangan lupa juga kamu harus selalu membeli cat kualitas premium karena akan mencegah pudarnya warna tembok dan akan mempertahankan kecerahan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Leave a Reply

%d bloggers like this: