10 Tanaman Indoor yang Bawa Keberuntungan, Menurut Feng Shui

Bukan rahasia umum lagi bila tanaman indoor memiliki banyak manfaat bagi pemilik rumah. Selain menguatkan dan meningkatkan tampilan ruang, tetapi dikatakan bahwa beberapa tanaman indoor mampu meningkatkan energi positif dalam hal Feng Shui.

Inilah mengapa kamu harus mempertimbangkan pemilihan dan penempatan tanaman Feng Shui dengan cermat untuk ruang tertentu di rumah. Karena secara tak langsung, kamu dapat meningkatkan aliran energi positif dalam hidupmu.

Penasaran bagaimana caranya? yup, dalam Feng Shui, kamu dapat meningkatkan aliran ‘Chi’ atau energi kebaikan/positif dalam hidup melalui tata letak dan dekorasi rumah.

Misalnya tumbuhan hijau yang hidup, mewakili elemen kayu, dikatakan dapat menumbuhkan sifat tahan banting, kelenturan, penyembuhan, dan pertumbuhan manusia.

Jika kamu tertarik untuk memiliki tanaman indoor yang membawa keberuntungan menurut Feng Shui, berikut Dirumahkita.com telah menyiapkan 12 daftar tanaman indoor di bawah ini!

1. Money tree (Pachira Aquatica)

tanaman indoor yang bawa keberuntungan menurut Feng Shui

Money tree atau pohon uang biasanya digunakan sebagai tanaman Feng Shui dan dipercaya membawa kekayaan dan keberuntungan. Tak hanya mewakili kelimpahan finansial yang mereka wakili, mereka juga mengajarkan inti kekayaan dari dalam diri.

Tanaman ini tidak tumbuh dengan cepat, mereka membutuhkan waktu untuk berkultivasi dan itu mengajarkan pemiliknya untuk bersabar. Ini bukan tentang menjadi kaya dengan cepat, tetapi bagaimana menciptakan aliran kekayaan yang stabil dan sehat ke dalam hidup.’

Dengan ciri khas, batangnya yang dikepang dengan anggun, money tree tidak hanya menyerap racun dari udara, tetapi juga dapat bertindak sebagai dekorasi yang anggun.

Namun pastikan kamu belajar tentang perawatan money tree untuk menjaga tanaman tetap sehat dan meningkatkan manfaat Feng Shui-nya.

Money Tree lebih menyukai penyiraman yang dalam dan jarang ketika volume tanah 75 persen kering. Tanaman ini dapat tumbuh subur dalam cahaya terang dan tidak langsung, serta tumbuh paling merata ketika potnya diputar secara teratur sehingga setiap sisi menerima jumlah cahaya yang sama.

2. White Bird of Paradise (Strelitzia Nicolai)

tanaman indoor yang bawa keberuntungan menurut Feng Shui

Setiap tanaman indoor yang sehat, tumbuh dengan baik sangat baik untuk Feng Shui. Sehingga mampu mendorong energi positif yang baik.

Tanaman dedaunan dengan daun yang rimbun secara tradisional ini menjadi salah satu tanaman indoor dengan Feng Shui terbaik, memberikan udara bersih dan energi positif di ruang hidup.

Strelitzia Nicolai, atau White Bird of Paradise ini adalah tanaman hias tinggi yang berani, elegan, asli Afrika Selatan.

Meskipun tanaman hias yang tinggi, tidak memakan banyak ruang karena bentuknya yang ramping. Mereka menyukai sinar matahari yang tinggi atau sore dan ingin tetap kering, jadi pastikan untuk melakukan penyiraman dengan ringan.

Selain itu, tanaman indoor yang satu ini adalah tanaman pemula yang bagus karena mudah dirawat.

3. Jade Plant/Money Plant (Crassula Ovata)

tanaman indoor yang bawa keberuntungan menurut Feng Shui

Jika tadi ada Money Tree atau pohon uang, ada juga lho Money Plant atau yang dikenal dengan nama Jade Plant. Tanaman indoor sukulen ini populer dengan strukturnya yang seperti pohon mini dan daun tebal, berdaging, berbentuk opal.

Dilansir dari homesandgardens.com, sesuai namanya, tanaman ini dipercaya dapat menarik kekayaan karena daunnya yang berbentuk koin, dan juga membawa keberuntungan. Inilah mengapa Jade Plant adalah tanaman Feng Shui yang bagus untuk ditempatkan di kantor.

Jade Plant ini menyukai cahaya terang dan tidak langsung, dengan beberapa jam sinar matahari langsung setiap hari untuk membantu menjaga dedaunan mereka tetap bercahaya dan bersemangat, menjadikannya tanaman yang sempurna untuk ambang jendela.

Tanaman indoor ini mudah dirawat, dan biasanya memiliki pertumbuhan yang seragam. Mereka juga tidak perlu dipangkas secara teratur agar terlihat bersih, karena mereka akan menahan semua dedaunannya selama berbulan-bulan tanpa menjatuhkan daun jika dirawat dengan benar.

Ketika potnya diputar secara teratur, setiap penyiraman (sekitar 45 derajat), mereka akan memiliki pertumbuhan seragam yang bagus di seluruh bagian daunnya. Pembersihan daun setiap bulan harus dilakukan agar mereka tetap terlihat terbaik dan memungkinkan fotosintesis yang optimal

4. Pothos

tanaman indoor yang bawa keberuntungan menurut Feng Shui

Pothos merupakan tanaman yang populer karena bentuknya yang kuat dan bahkan seorang pemula pun bisa merawatnya.

Tanaman yang memiliki daun hijau lilin bergaris putih ini, dapat menciptakan rasa kelimpahan dan kemurahan hati karena mereka sangat mudah untuk disebarkan.

Sangat mudah untuk mengatasi perawatan tanaman pothos dan ada banyak varietas tanaman Feng Shui yang sangat baik untuk dipilih.

5. Snake Plant (Sanseviera)

tanaman indoor yang bawa keberuntungan menurut Feng Shui

Snake Plant atau sansevieria, adalah tanaman indoor yang memiliki bentuk daun unik seperti pedang, sehingga cocok untuk diletakkan di pintu masuk. Menurut Feng Shui, tanaman ini menawarkan perasaan perlindungan pada pemilik rumah.

Kamu juga dapat menempatkan tanaman di kedua sisi pintu depan untuk menciptakan pintu gerbang yang meningkatkan aliran positif Chi ke rumah. Selain itu, Snake Plant, juga memiliki manfaat lain seperti menghasilkan oksigen di malam hari hingga membantu membersihkan udara dalam ruangan.

Tanaman indoor ini memiliki perawatan yang sangat rendah dan dapat menangani tingkat cahaya rendah sehingga merupakan pilihan yang baik untuk tanaman cahaya rendah.

Cara terbaik untuk menyirami tanaman ini adalah dengan memeriksanya setiap minggu, dengan melihat apakah mereka ringan saat diangkat. Jika ringan, ini saatnya untuk memberikan air.

6. Philodenron Heart Leaf (Philodenron Scandens)

tanaman indoor yang bawa keberuntungan menurut Feng Shui

Philodendron Heart Leaf adalah tanaman yang dikenal dapat membersihkan udara di ruangan, yang mudah dirawat dan memiliki daun yang menyenangkan, berbentuk hati, dan mengkilap.

Tanaman indoor dengan perawatan rendah ini adalah dekorasi yang bagus untuk meja kantor atau rak di mana tanaman merambatnya bisa merambat, dan meningkatkan energi positif.

Ini adalah tanaman Feng Shui yang sangat simple, karena tidak membutuhkan banyak cahaya. Jadi merupakan pilihan yang baik sebagai tanaman indoor yang dan penyiramannya pun tidak konsisten.

Namun untuk membantunya berkembang, berikan cahaya tidak langsung yang terang. Meski peningkatan kelembaban tidak diperlukan, tetapi tingkat kelembaban yang lebih tinggi dapat mendorong perkembangan daun yang lebih besar.

7. Anthurium Clarinervium

tanaman indoor yang bawa keberuntungan menurut Feng Shui

Tanaman ini juga dianggap sebagai Feng Shui yang sempurna. Daun tanaman Anthurium Clarinervium besar, berwarna hijau tua hampir kehitaman, dan memiliki tekstur beludru yang indah. Urat putih menonjol di antara tanaman ini, membentuk pola yang menakjubkan.

Ini adalah tanaman rumah dedaunan yang fantastis, dan akan terlihat luar biasa di setiap ruangan di rumahmu. Mereka juga menyukai kelembapan, jadi bisa diletakkan di area kamar mandi atau dapur beruap.

8. Rattlesnake Plant (Calathea Lancifolia)

tanaman indoor yang bawa keberuntungan menurut Feng Shui

Dikenal sebagai tanaman ular derik, tanaman indoor yang satu ini memiliki daun hijau segar dengan garis-garis hijau gelap dan warna merah anggur di bagian bawah. Nama ini muncul karena ciri khasnya, yang terlihat seperti kulit ular berbisa.

Tanaman ini membutuhkan cahaya terang tetapi tidak langsung, karena jika ditempatkan di bawah sinar matahari penuh, daunnya bisa menggulung dan terbakar.

Rattlesnake Plant juga selalu lembab sepanjang tahun, tetapi biarkan mereka mengering di antara penyiraman sehingga akarnya bisa bernafas.

Selain menjadi tanaman Feng Shui yang baik, Rattlesnake Plant juga menjadi tanaman rumah yang ramah hewan peliharaan.

9. Lidah Buaya (Aloe Vera)

tanaman indoor yang bawa keberuntungan menurut Feng Shui

Lidah buaya atau Aloe Vera adalah tanaman indoor yang trendi dan mudah dirawat. Mereka memiliki batang yang tebal dan berdaging, yang mengandung gel. Bagian dagingnya ini juga mudah disukai, karena sifatnya yang menyembuhkan dan menenangkan kulit.

Menariknya, lidah buaya juga dikatakan dapat menangkal nasib buruk dan energi buruk, membantu pemilik rumah untuk mengatur kembali ruang dan menciptakan aura yang ramah dan positif.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari tanaman Feng Shui ini, kamu tentu perlu merawatnya dengan tepat. Lidah Buaya hanya membutuhkan penyiraman setiap 2-3 minggu selama musim panas.

10. Rubber Plant (Ficus Elastica)

tanaman indoor yang bawa keberuntungan menurut Feng Shui

Salah satu tanaman indoor penyaring udara terbaik, Rubber Plant memiliki dedaunan hijau yang lebar dan mengkilap dan dapat mencapai ketinggian tertinggi 10 meter jika diberikan perawatan yang benar.

Daun lebar dari Rubber Plant ini dikatakan membantu aliran energi positif ke seluruh interior, membantu menghilangkan Chi negatif dan meningkatkan kesehatan dan kemakmuran.

Tanaman Feng Shui ini membutuhkan tanah mereka untuk tetap lembab setiap saat, dan berikan dosis kecil nutrisi tanaman 1-2 kali sebulan selama musim tanam.

Untuk mengoptimalkan Feng Shui tanaman ini, disarankan agar kamu menempatkannya di tempat yang cerah yaitu di timur atau tenggara rumah. Dalam posisi ini, Rubber Plant akan membawa suasana tenang dan positif ke dalam ruang.

Karena ‘ficus’ juga terkait dengan tanaman ara, maka tanaman ini terkait dengan keberuntungan yang seharusnya dibawa oleh buah ara.

Nah itulah tanaman indoor yang dianggap bisa membawa keberuntungan menurut Feng Shui. Ketika memilih jenis tanaman untuk di dalam rumah, pertimbangkan dulu jumlah cahaya yang didapatkan di area yang akan ditempatkan agar mereka dapat memberikan energi positif secara maksimal.

Leave a Reply

%d bloggers like this: