9 Tanaman Hias Outdoor yang Cocok Ditanam saat Musim Hujan

Tanaman hias outdoor menjadi salah satu dekorasi yang wajib dimiliki oleh setiap pemilik rumah. Selain memberikan tampilan teras atau halaman menjadi lebih indah, beberapa tanaman hias juga memiliki aroma yang sedap dan menenangkan tubuh setelah aktivitas seharian.

Namun agar tanaman hias outdoor dapat tumbuh dengan baik, penting bagi kamu untuk memilih tanaman hias yang mampu tumbuh di musim-musim tertentu. Di bulan September saat ini, Indonesia sedang memasuki awal musim hujan.

Kamu harus mengenali beberapa bibit bunga cocok untuk disemai pada musim hujan, agar dapat ditanam dengan baik dalam pot dan wadah di balkon, teras, halaman rumahmu, atau juga dapat digunakan untuk membuat petak bunga untuk teras outdoor.

Agar kamu tidak bingung memilih bibit bunga, kali ini Dirumahkita.com telah merangkum beberapa tanaman hias outdoor yang cocok ditanam saat musim hujan. Biji bunga ini sempurna untuk menghasilkan bunga yang paling indah, menarik, berwarna-warni selama musim hujan. Yuk simak!

1. Bougenville

tanaman hias outdoor untuk musim hujan

Bougenville merupakan salah satu tanaman hias berbunga yang mampu bertahan hidup saat musim kemarau hingga musim hujan. Bunga yang sering disebut sebagai bunga kertas ini, juga memerlukan pemeliharaan yang cukup mudah.

Kamu hanya perlu menyiramnya ketika tanah tanaman mulai kering. Apabila baru diguyur hujan deras, maka kamu tidak perlu menyiramnya lagi, sebab permukaan tanah masih lembab dan basah.

Keunggulan lainnya dari bunga bougenville, yaitu daunnya yang berbentuk tipis dan warna-warni bunga yang indah dipandang mata. Namun kamu harus hati-hati dengan durinya ya!

2. Cosmos

tanaman hias outdoor untuk musim hujan

Cosmos merupakan salah satu tanaman hias outdoor musiman yang eksotis dan tumbuh paling cepat serta paling baik selama musim panas dan musim hujan.

Di Indonesia tanaman cosmos atau kenikir ini banyak dijumpai di Jawa, mulai dari dataran rendah sampai daerah pegunungan hingga ketinggian 1200 mdpl.

Bunga yang satu ini memiliki kepala bunga seperti bunga aster dan bukaan lapang dalam bentuk payung terbalik. Cosmos memiliki umbi kuning runcing, dengan varian warna kelopak, termasuk merah muda, kuning, dan oranye.

Cosmos juga merupakan bunga liar yang sempurna untuk teras yang luas, karena mereka memiliki batang hijau panjang dan bunga berwarna cerah.

Selain itu, mereka juga bisa dipotong sebagai dekorasi yang bagus untuk meja dan meningkatkan dekorasi estetika dalam ruangan.

3. Kamboja

tanaman hias outdoor untuk musim hujan

Kamboja adalah tanaman musim hujan terbaik yang berwarna dan hadir dalam berbagai warna. Mereka terlihat seperti semak-semak indah yang mekar di bawah sinar matahari langsung.

Tak hanya itu, bunga kamboja ini ternyata bisa dijadikan tanaman hias outdoor rumah yang indah dan wangi.

Pemeliharaan bunga kamboja cukup mudah karena tidak membutuhkan banyak air. Bunga kamboja bisa tumbuh subur di tanah yang kering dengan cuaca yang panas, tetapi juga bisa bertahan hidup di tanah yang lembab saat musim hujan.

Apabila kamu ingin menanam bunga kamboja di dalam pot, maka kamu harus memastikan untuk menyimpannya di tempat yang teduh saat musim hujan.

4. Kembang Sepatu

tanaman hias outdoor untuk musim hujan

Kembang sepatu juga merupakan salah tanaman hias outdoor yang mudah ditemukan di mana pun. Bunga satu ini bisa bertahan di segala cuaca, baik musim kemarau maupun musim hujan.

Saat musim hujan, kembang sepatu biasanya akan bermekaran, sehingga dapat memperindah area kebun dan teras rumah.

Tak hanya bermanfaat untuk memperindah, ternyata kembang sepatu juga bermanfaat bagi kesehatan, yaitu sebagai obat demam dan gondongan.

5. Mawar

tanaman hias outdoor untuk musim hujan

Siapa yang tidak kenal dengan bunga yang satu ini? Bunga yang dikenal sebagai tanda cinta ini memang dikenal di seluruh dunia karena aromanya yang wangi dan warna kelopaknya yang indah serta bermacam-macam.

Maka tak heran jika mawar disebut ratunya bunga.

Bagi kamu yang ingin menikmati keindahan bunga mawar, maka tak perlu khawatir bila bunga ini akan mati saat musim hujan. Sebab, bunga mawar bisa tumbuh di musim kemarau dan musim hujan.

Menariknya lagi, bunga mawar tidak membutuhkan pemeliharaan yang sulit. Kamu hanya perlu memastikan tanah tanaman tetap basah dan lembab, sehingga bunga ini bisa bertahan hidup.

6. Marigold

tanaman hias outdoor untuk musim hujan

Selain memiliki makna budaya dan agama yang sangat besar, marigold adalah bunga yang dapat mekar hampir di segala cuaca dan tidak terkecuali musim hujan.

Bunga ini dapat memenuhi teras outdoor-mu dengan berbagai warna dan juga memiliki banyak manfaat kecantikan dan kesehatan.

Yang paling populer adalah yang oranye, melambangkan matahari. Selain itu, marigold berwarna kuning juga populer karena, mewakili cahaya.

Bunga marigold juga cukup mudah tumbuh karena tidak terlalu membutuhkan pupuk dan dapat tumbuh di hampir semua tanah. Mereka juga menyukai sinar matahari dan membutuhkan penyiraman sesekali.

7. Melati

tanaman hias outdoor untuk musim hujan

Bunga melati juga termasuk sebagai bunga yang populer di Indonesia. Tanaman hias outdoor yang satu ini terkenal dengan aromanya yang wangi dan kelopak putihnya ini, juga cocok ditanam saat musim hujan.

Bahkan, bunga melati menjadi salah satu tanaman yang bisa bertahan di tengah hujan deras, sehingga kamu tidak perlu disiram berulang kali.

Warna putih kelopak bunga melati juga bisa memanjakan mata, sehingga cocok ditanam di teras rumah.

8. Tapak dara

tanaman hias outdoor untuk musim hujan

Tapak dara atau yang biasa dikenal dengan tanaman Periwinkle, merupakan jenis bunga yang populer di lereng bukit yang terjal. Yup, memang bunga yang satu ini memiliki kemampuan untuk menyalip suatu area dan kebiasaan merayap untuk mendaki lereng yang curam.

Meski begitu, tanaman tapak dara ini juga bisa menjadi tanaman hias outdoor di rumahmu. Mereka paling terkenal dengan dedaunan berdaun lebar yang mengkilap dan berlilin dengan kelimpahan bunga yang indah.

Bunga-bunga memiliki perawatan yang mudah dan membutuhkan lebih sedikit penyiraman ketika memasuki masa musim hujan. Bunga tapak dara biasanya mekar tahunan dan mencakup berbagai warna seperti merah muda, putih, dan merah.

9. Teratai

tanaman hias outdoor untuk musim hujan

Apabila kamu memiliki kolam kecil di depan atau belakang rumah, maka kamu tak perlu bingung-bingung lagi untuk menanam teratai di dalamnya. Teratai adalah salah satu bunga yang cocok ditanam saat musim hujan.

Teratai bahkan dapat hidup di atas genangan air dan membantu menjaga kehidupan ekosistem kolam. Oleh karena itu, kamu hanya perlu memastikan air kolam selalu terisi agar teratai bisa bertahan hidup.

Panduan Perawatan Untuk Tanaman Musim Hujan

tanaman hias outdoor untuk musim hujan

Meski beberapa tanaman hias di atas memiliki perawatan yang cukup mudah, terlebih lagi pada saat musim hujan. Ada beberapa panduan perawatan agar tanaman hias outdoor di atas dapat tumbuh secara maksimal.

Dilansir dari myflowertree.com, berikut panduan perawatan untuk tanaman hias musim hujan:

  • Selalu memeriksa pot sebelum menyiramnya. Saat musim hujan, tanaman hias hanya membutuhkan sedikit air pada periode ini. Penyiraman yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan akar.
  • Pastikan sistem drainase pot berfungsi dengan baik, karena seharusnya tidak ada genangan air.
  • Selama musim hujan, tingkat kelembaban tinggi, jadi pastikan tanaman memiliki ventilasi dan cahaya yang memadai.
  • Untuk menjauhkan hama dan penyakit dari tanaman outdoor selama musim hujan, semprotlah dengan insektisida dan fungisida seminggu sekali.
  • Selama musim hujan, gulma dan serangga menjadi perhatian umum, karena hujan dan angin mengangkut hewan-hewan yang tidak diinginkan ini. Gulma dapat mengganggu nutrisi dan perkembangan alami tanaman. Singkirkan gulma dari kebun sebelum menimbulkan bahaya.
  • Selama musim hujan, katak dan kodok harus diizinkan masuk ke taman melalui air yang mengalir atau sungai yang mengalir. Mereka dapat membantu memakan serangga dan membantu menjaga teras terbebas dari mereka.

Nah itulah beberapa rekomendasi tanaman hias outdoor yang cocok ditanam saat musim hujan. Perlu diingat bahwa tak semua bunga dapat tumbuh dan bertahan hidup ketika musim hujan.

Ada beberapa bunga yang membutuhkan pemeliharaan ekstra saat musim hujan, namun ada pula yang bisa tumbuh dengan sendirinya.

Semoga rekomendasi tanaman hias di atasm bisa dijadikan alternatif pilihan untuk mempercantik teras rumahmu ya!

Leave a Reply

%d bloggers like this: