7 Posisi Rumah yang Bagus Berdasarkan Shio dan Feng Shui

Kamu mungkin sudah tak asing dengan Feng Shui, saat membeli atau membangun rumah. Mengapa ini penting? Karena tiap arah mata angin akan menentukan energi keberuntungan kamu sebagai pemilik rumah.

Perlu diingat juga bahwa Feng Shui adalah filosofi kuno asal China yang mengatur keseimbangan energi di dalam rumah. Terdapat lima elemen dalam Feng Shui yang bisa menjadi dasar dalam penentuan posisi rumah, yaitu kayu, api, air, tanah, dan logam.

Namun selain dari elemen Feng Shui, posisi rumah juga bisa ditentukan dari shio si pemilik rumah. Seperti yang kamu tahu, shio adalah pembagian tahun, bulan, dan jam kelahiran seseorang berdasarkan astrologi China.

Ingin tahu bagaimana posisi rumah yang bagus berdasarkan shio dan Feng Shui? Berikut DirumahKita.com telah merangkumnya di bawah ini!

Cara Menentukan Posisi Rumah menurut Feng Shui

posisi rumah menurut shio dan feng shui

Sebelum lebih lanjut membahas seperti apa posisi rumah yang bagus berdasarkan shio mu, penting untuk mencari tahu bagaimana menentukan posisi rumah menurut Feng Shui.

Dilansir dari feng-shui.lovetoknow.com, ada dua arah yang penting untuk rumah Feng Shui, yaitu arah duduk dan arah menghadap, ini adalah komponen penting untuk banyak aplikasi Feng Shui klasik.

Mengetahui arah menghadap dan duduk di rumah, akan membuka kunci peningkatan untuk menghasilkan energi ‘chi’ positif.

Berikut adalah cara mencari tahu posisi rumah:

Arah menghadap (facing direction):

Arah menghadap menggambarkan arah yang menghadap ke depan rumah. Menggunakan kompas adalah cara paling akurat untuk mendapatkan pembacaan yang benar. Kompas genggam sederhana atau aplikasi kompas dapat membantumu menemukan arah yang tepat menghadap ke rumah.

Berikut adalah cara menemukan arah menghadap menggunakan kompas:

  1. Arah utama yang harus diperhatikan adalah arah utara magnetis.
  2. Pastikan untuk menjauhkan semua benda logam dan perhiasan.
  3. Jangan berdiri di samping kendaraan saat melihat kompas.
  4. Berdirilah di luar bagian depan rumah sekitar 1,5 meter dari rumah.
  5. Pegang kompas di depan sehingga sejajar dan dapat membacanya dengan mudah.

Arah duduk (sitting direction):

Arah duduk atau gunung, sering disebut dalam Feng Shui klasik, ini berlawanan dengan arah rumahmu. Pembacaan ini akan dilakukan dengan punggung menghadap ke belakang rumah, menghadap halaman belakang.

Cara menemukan arah duduk juga lebih mudah, karena ketika kamu telah menemukan arah menghadap rumah, kamu cukup mencari tahu arah yang berlawanan dengan arah hadap. Mudah bukan?

Nah setelah mengetahui bagaimana cara menentukan posisi rumah menurut Feng Shui, kini kamu dapat mengetahui posisi rumah mana yang paling sesuai dengan shio mu. Yuk simak!

1. Posisi rumah utara: shio Tikus, Kambing, dan Ayam

posisi rumah menurut shio dan feng shui

Bagi kamu yang lahir di tahun Tikus, Kambing, dan Ayam sebaiknya kamu memiliki rumah yang menghadap utara. Posisi utara ini dipercaya dapat menjadi sumber keberuntungan dan kemakmuran bagi kamu si pemilik rumah.

Untuk menambah keberuntungan dan rezeki, kamu bisa menambahkan beberapa elemen di rumah.

Misalnya, elemen air berupa kolam ikan atau dekorasi air mancur untuk shio Tikus. Lalu, elemen kayu seperti perabot kayu untuk shio Kambing, dan perabot dari bahan logam untuk shio Ayam.

2. Posisi rumah barat: shio Ular dan Monyet

posisi rumah menurut shio dan feng shui

Jika kamu salah satu pemilik shio Ular dan Monyet, sebaiknya tinggal di rumah yang menghadap barat. Hal ini karena posisi barat bisa mendatangkan energi positif padamu.

Sebaliknya, membangun rumah menghadap arah timur tidak dianjurkan bagi pemilik shio Ular dan Monyet.

Untuk mendatangkan dan melancarkan rezeki, kamu yang lahir di tahun Monyet bisa menambahkan tanaman di depan rumah. Sedangkan jika kamu memiliki shio Ular, sebaiknya meletakkan dekorasi atau furniture perak yang menghadap arah barat.

3. Posisi rumah selatan: shio Macan

posisi rumah menurut shio dan feng shui

Rumah yang menghadap ke arah selatan sangat ideal untuk kamu jika memiliki shio Macan. Arah selatan ini akan melindungi shio Macan dari hal-hal yang tidak diinginkan, sekaligus juga meningkatkan kemakmuran.

Agar energi dalam rumahmu tetap stabil, maka kamu sebaiknya menambahkan elemen tanah di rumah.

Sebagai contoh, tempatkan tanaman atau buatlah taman kecil di depan rumah. Elemen tanah ini akan menambah energi positif bagi pemilik rumah.

4. Posisi rumah timur: shio Babi

posisi rumah menurut shio dan feng shui

Selanjutnya, jika kamu adalah pemilik shio Babi, sebaiknya kamu membangun atau membeli rumah yang menghadap timur. Arah mata angin ini dapat melancarkan rezeki dan menambah kenyamanan bagi kamu saat tinggal di sana.

Rumah yang menghadap arah timur juga bisa mengontrol emosi para pemilik rumah. Dengan begitu, kamu dapat hidup berdampingan dan terhindar dari perselisihan.

Untuk menambah energi positif, pemilik shio Babi juga dapat menambahkan elemen api di dalam rumah misalnya furniture atau hiasan berbahan dasar keramik.

5. Posisi rumah timur laut: shio Kelinci

posisi rumah menurut shio dan feng shui

Kemudian untuk kamu yang termasuk yang lahir di tahun Kelinci, sebaiknya kamu dapat membeli atau membangun rumah yang menghadap timur laut.

Meski bagi sebagian orang mencari atau membangun rumah menghadap timur laut memang cukup sulit, namun, arah mata angin ini bisa menyebarkan energi positif bagi kamu sekaligus memberikan kenyamanan.

Tambahkan juga elemen tanah di depan rumah untuk melancarkan rezeki.

6. Posisi rumah tenggara: shio Kerbau

posisi rumah menurut shio dan feng shui

Apakah kamu termasuk seseorang yang lahir di tahun Kerbau? Jika iya, maka kamu sangat cocok tinggal di rumah yang menghadap arah tenggara. Arah mata angin ini dapat mendatangkan keberuntungan dan kekayaan untukmu.

Selain itu, elemen yang tepat untuk shio Kerbau adalah api. Itulah sebabnya, jika kamu lahir di tahun Kerbau, kamu bisa menempatkan perabotan berbahan dasar keramik yang menggambarkan elemen api.

7. Posisi rumah barat laut: shio Naga, Kuda, dan Anjing

posisi rumah menurut shio dan feng shui

Nah posisi rumah terakhir ini diperuntukkan untuk kamu yang memiliki shio Naga, atau Kuda, atau Anjing. Jika kamu termasuk dalam salah satunya, sebaiknya kamu membangun rumah yang menghadap barat laut.

Arah rumah ini dapat mendatangkan keberuntungan dari sisi sosial bahkan hingga finansial. Sementara itu, elemen yang cocok untuk shio Naga, Kuda, dan Anjing adalah elemen tanah.

Sehingga, kamu dapat menempatkan beberapa tanaman yang menghadap barat laut untuk menambah rezeki pemilik rumah.

Mengapa Penting untuk Mengikuti Feng Shui saat Memilih atau Membangun Rumah?

posisi rumah menurut shio dan feng shui

Setelah mengetahui informasi di atas, kamu mungkin bertanya-tanya apa manfaat dalam mengikuti Feng Shui sebelum membangun atau membeli sebuah rumah.

Yup, Feng Shui telah dikenal lama dapat membawa harmoni, kesuksesan dan gairah dalam hidup. Feng Shui juga dikenal sebagai cara ampuh untuk membuat perubahan positif. Ini adalah istilah dalam Bahasa Cina untuk “angin dan air”.

Feng Shui tercipta dari sebuah sistem yang terjadi dari ribuan tahun lalu. Tujuannya untuk menganalisis dan mengubah aliran energi di lingkungan apapun,  serta membawa perubahan yang diinginkan.

Feng Shui sendiri didasarkan pada premis bahwa setiap benda di sekitar kita memiliki pengaruh pada kehidupan.

Dengan mengubah cara energi atau “chi” mengalir di sekitar dan di sekitar, kamu akan dapat meningkatkan kebahagiaan, kemakmuran, dan kesehatan yang baik, serta merasa berenergi, positif, dan bersemangat tentang kehidupan.

Nah itulah informasi seputar posisi rumah yang bagus berdasarkan Shio dan juga Feng Shui. Dalam Feng Shui Klasik, posisi rumah menghadap dapat memberitahukanmu banyak tentang bagaimana mengatur rumah terutama untuk mengoptimalkan energi Feng Shui di rumah.

Setelah kamu sudah mengetahui arah Feng Shui menghadap dan duduk, kamu dapat menerapkan perangkat tambahan dan solusi untuk menciptakan keharmonisan untuk rumahmu sendiri.

Leave a Reply

%d bloggers like this: