Plafon PVC, Apa Kelebihan Dan Kekurangannya

Plafon PVC sudah mulai banyak dipakai untuk rumah dan property pribadi, setelah sebelumnya plafon bahan PVC ini hanya populer pada properti komersial seperti hotel dan perkantoran saja.

Seperti namanya, plafon ini dibuat dari bahan PVC (polyvinyl chloride) atau dalam istilah awamnya dari bahan plastik, bahan yang sama seperti yang dibuat untuk paralon air.

Bahan PVC ini sangat kuat dan tahan air, dan khusus pada plafon PVC, pembuatan nya dibuat dengan konstruksi “corrugated” mirip karton box, hasilnya? Sebuah panel plafon yang ringan dan kuat!

Plafon PVC tersedia dalam berbagai tekstur dan pilihan warna, mulai dari yang polos berwarna standard sampai plavon PVC dengan tekstur kayu atau imitasi batu alam.

Ukurannya juga bermacam2, biasa tersedia dalam “strip” panjang dengan lebar mulai 15 cm sampai dengan 40 cm.

Plafon bahan PVC ini punya kelebihan dan kekurangan yang mungkin perlu anda tahu, berikut penjelasan singkat kami.

Kelebihan Plafon PVC

1. Tahan air, karena dibuat dari plastik PVC, yang memang sudah lama digunakan sebagai bahan baku pembuatan pipa air. Tidak seperti plafon gypsum atau GRC, plafon bahan pvc aman dari air dan kelembaban akibat kebocoran genteng, atau tampias air hujan.

2. Ringan, jadi tidak memerlukan kerangka plafon yang super kuat. Cukup dengan rangka baja ringan saja sudah kuat.

3. Mudah pemasangan nya, karena ringan dan meknisme interlocking yang gampang banget aplikasinya, pemasangan tidak perlu banyak tenaga, dan juga cepat banget.

4. Ada banyak pilihan warna dan pola, anda bisa lebih fleksibel untuk menyesuaikan dengan design interior rumah anda.

5. Awet banget, karena tadi…ringan dan tahan air, dan ini plastik, kita tahu kan kalau plastik hampir tidak bisa rusak karena aus atau lapuk.

Kekurangan Plafon PVC

1. Harganya lumayan mahal kalau dibanding plafon bahan gypsum. Meskipun begitu, harga bahan mungkin bisa tertebus dengan biaya pemasangan yang lebih murah karena cepat.

2. Katanya, kalau kena panas, plafon yang dibuat dari bahan pvc bisa melepaskan gas klorine yang berbahaya bagi kesehatan.

3. Bahan PVC tidak tahan panas api. Misal dekat lampu yang panas gitu, plafon pvc bisa meleleh. Jadi hindari pemasangan plafon PVC di area dapur misalnya.

4. Tampilannya… meskipun rapi banget, tapi terkesan murah. Plasticky gitu, ya memang ini personal preference, tapi untuk anda yang suka dengan yang alami2, untuk rumah kayu misalnya, plafon PVC bukan untuk anda.

5. Sambungannya kelihatan, meskipun samar, namun tetap kelihatan sambungannya karena plafon bahan PVC ini tidak bisa di dempul dan di cat.

Harga Plafon PVC

Harga plafon PVC tergantung pada merk dan kualitas nya. Ada beberapa merk plafon jenis pvc yang bisa kita dapatkan dipasaran. Harga juga akan beda antara satu daerah dengan yang lainnya. Ini kaitannya sama jalur distribusi barangnya.

Mengutip dari web rumah.com, harga plafon pvc kurang lebih seperti dibawah ini.

Shunda PL 08.005 PVC
Lebar 20cm, tebal 8mm
Harga : 30,500

Shunda PL 2515 PVC
Lebar 25cm Tebal 7mm
Harga: 26,600

Shunda PL 2506 PVC
Lebar 25cm Tebal 7mm
Harga: 26,600

Warren PVC
Lebar 20cm, tebal 8mm
Harga: 22,000

Wifon PVC
20cm x 3m,4m,5m x 7mm
Harga: 21,000

Shunda PL 08.005 PVC
Lebar 20cm, Tebal 8mm
Harga: 30,500

Kingfon K902 PVC
30 x 8mm
Harga: 26,000

Kingfon K9208 PVC
30 x 8mm
Harga: 29,000

Cara Pemasangan Plafon PVC

Untuk pemasangan plafon pvc ini sangat mudah, karena pada masing2 panelnya telah terdapat mekanisme sambungan yang memudahkan bapak tukang untuk menyekrup dan memasang plafon.

Namun hal perlu diperhatikan adalaj jarak pemasangan rangka baja ringannya, jangan terlalu jarang karena bisa beresiko panel pvc nya melengkung.

Perkirakan jarak rangka plafon dengan pertimbangan kekuatan plafon yang anda pakai, kalau bhaan yang dipakai tipis dan lentur, maka lebih baik rangkanya juga menyesuaikan jaraknya. Dan begitu pula sebaliknya.

Biaya Pasang

Kalau untuk biaya pemasangan plafon pvc ini tergantung sama biaya tenaga kerja di daerah anda masing2. Namun perkiraan kasarnya adalah sekitar 100 ribu per meter persegi.

Biaya pasang juga ada yang gratis kalau anda beli plafon merk tertentu, mungkin anda bisa nego juga sama distributor nya kalau anda beli dalam jumlah banyak.

Kesimpulan

Plafon pvc cocok untuk anda yang mau tampilan interior bersih rapi dan terkesan modern. Plafon ini juga minim perawatan dan awet karena tahan air dan udara yang lembab.

Namun plafon jenis ini kurang cocok bagi anda yang seleranya serba alami, karena ya memang ini plastik, dan tampilannya pun plastik. Plafon plastik ini juga tidak tahan panas, jadi anda perlu mempertimbangkan hal ini jika mau pasang.

Jadi begitulah sharing info kali ini, apakah anda punya pertanyaan atau tambahan informasi tentang plafon PVC? Silahkan tulis dikolom komentar ya, terima kasih…

Leave a Comment