4 Model Atap Rumah Dasar dan Contoh Gambarnya

Model atap rumah memang banyak sekali, namun tahukah anda bahwa model2 yang ada sekarang itu adalah turunan dari design2 dasar ini?

Apa saja design dasar atap itu? menurur sumber ini, ada 4 design dasar atap rumah, berikut penjelasan serta beberapa gambar inspirasi untuk referensi anda.

1. Atap Pelana atau Gable Roof

Sesuai namanya, pelana…atau sadel kuda, atap gable ini punya design yang paling sederhana, yakni segitiga yang numpang di dinding rumah, mirip kayak tenda pramuka.

Atap model ini mudah dibuat dan sangat kuat karena memakai hukum kekuatan segitiga, namun kurang menarik tampilannya kalau tidak di modif atau kombinasi dengan design atap rumah yang lain.

dibawah ini ada satu contoh atap rumah model pelana yang masih dasar, belum ada modif atau kombinasi dengan model2 atap rumah yang lain.

atap model pelana

Atap pelana model dasar ini masih banyak dipakai pada rumah kecil seperti rumah model 36 dan juga rumah2 tradisional.

Kalau tampilan atap rumah pelana yang sudah dikembangkan banyak di adopsi rumah2 eropa seperti contoh dibawah ini:

atap rumah pelana

atap pelana rumah

atap pelana miring

atap pelana

model atap pelana

2. Model Atap Rumah Mansard

Model atap rumah Mansard bentuknya segitiga yang numpang di kotak miring, banyak disebut sebagai atap perancis karena memang negara itu yang paling banyak mengadopsi atap rumah jenis ini.

Atap model Mansard jarang ditemui di Indonesia, mungkin karena bentuknya yang tidak sesuai selera orang kita. Contoh gambar atap rumah Mansard seperti dibawah ini…

atap rumah Mansard

Keistimewaan atap rumah Mansard adalah hemat biaya bangunan, samping atap pada dasarnya adalah dinding rumah, jadi anda hemat bikin dinding lantai atas kan?

Kalau kelemahannya menurut kami adalah bentuknya yang kurang cocok kalau dibikin di Indonesia, dan juga pemasangan genteng bagian samping yang agak rumit.

3. Atap Rata / Atap Dak

Atap rata seperti namanya, berbentuk rata. Sebenarnya tidak benar2 rata sih, harus ada kemiringan sedikit untuk sarana mengalirnya air.

Idealnya atap ini dibuat dari bahan cor, jadi air hujan tidak punya kemungkinan untuk merembes ke dalam rumah.

Bangunan rumah model minimalis banyak mengadopsi model atap rata ini, tampilan keseluruhan rumah memang jadi lebih simple dan bersih.

Kalau atap rata dibuat dari cor, maka diatas atap bisa difungsikan sebagai tempat jemuran, atau bahkan sebagai tempat nongkrong dengan sedikit modifikasi.

Berikut beberapa contoh gambar atap rumah model rata untuk inspirasi anda.

rumah atap rata

model atap rata

rumah atap rata taman

rumah atap rata dengan teras

4. Hip Roof atau Atap Limasan

Model atap rumah ini adalah yang paling sering kita jumpai dinegara kita, baik pada rumah modern maupun rumah kayu tradisional.

Seperti namanya, rumah limas berbentuk seperti limas dengan 4 sisi miring bertemu diatas. Konstruksi atap rumah limasan bisa dibuat dari kayu maupun galvalum.

Keistimewaan atap rumah model limasan adalah mudah dibikin, tidak banyak kesulitan yang ditemui terutama kalau bentuknya masih yang sederhana.

Sedang kelemahannya bentuknya membosankan mungkin, makanya rumah limasan banyak yang dimodif atau gabung dengan design atap rumah yang lain.

Berikut contoh atap limasan yang bisa anda jadikan referensi rumah anda.

atap rumah limasan

model atap rumah limasan

design atap rumah limasan

contoh atap rumah limasan

design atap rumah limasan

model atap rumah limasan

atap rumah model limasan

Kesimpulan

Selain beberapa jenis atap rumah diatas, kita juga banyak menemui jenis atap rumah yang lain, seperti atap kubah pada rumah2 ibadah, atap joglo pada rumah jawa.

Jadi bagaimana menurut anda, model atap rumah mana yang paling sesuai untuk rumah anda. Silahkan tulis dikolom komentar ya.

Leave a Reply

%d bloggers like this: