15 Inspirasi Balkon Rumah Minimalis dan Instagramable

Memiliki balkon rumah minimalis, bukan berarti kamu tidak bisa membuatnya menarik.

Bahkan jika kamu memiliki balkon dengan ukuran kecil, ada banyak cara untuk mengoptimalkannya dengan baik, sehingga kamu tetap dapat bersantai sambil menikmati udara segar sebanyak mungkin.

Hanya dengan sedikit perhatian terhadap detail dan tambahan beberapa aksesori, kamu dapat mengubah balkon kecil yang membosankan menjadi tempat yang paling nyaman.

Untuk membantumu memiliki beberapa ide dekorasi balkon rumah, kali ini DirumahKita.com telah merangkum 15 inspirasi balkon rumah minimalis dan instagramable.

1. Simple deck balcony

balkon rumah minimalis

Jika kamu memiliki balkon yang terbuat dari lantai beton, ini mungkin akan terlihat sangat membosankan. Untungnya, kamu dapat merapikan area yang membosankan ini dengan ubin deck yang bisa saling dikaitkan satu sama lain.

Mereka memiliki beragam desain dan sangat mudah dipasang, yaitu hanya dengan menyatukan bagian-bagiannya. Dan jika kamu bosan dengan desainnya atau ingin menggantinya dengan alas lain, ketahuilah bahwa ubin deck ini juga mudah dilepas.

Setelah dipasangnya ubin deck ini, kamu bisa meletakkan dua kursi dan satu meja untuk membuat waktu minum kopi di balkon menjadi lebih nyaman.

2. Greenery corner balcony

balkon rumah minimalis

Jika bagian lantai balkon terlalu kecil untuk menyimpan pot bunga, kamu juga dapat manfaatkan railing dan dinding balkon yang kosong untuk menjadi tempat tanaman.

Tempatkan kotak tanaman gantung ukuran sedang di railing, sedangkan tanaman dengan pot kecil bisa kamu letakkan di rak yang ditempelkan di bagian dinding.

Pastikan bahwa massa pot-pot kecil cukup ringan agar rak tidak berisiko jatuh, serta pastikan juga rak digantung dengan kuat.

Dengan memanfaatkan pot gantung sederhana, akan membuat balkonmu terlihat lebih bergaya dan fungsional. Balkonmu juga akan lebih menarik dengan menampilkan lebih banyak tanaman hijau.

3. Rustic vibes balcony

balkon rumah minimalis

Jika kamu termasuk orang yang suka mengasah kreatifitas, maka tak ada salahnya untuk mencoba membuat tempat duduk dari kayu palet. Menariknya, sudah banyak tutorial online tentang cara pembuatan berbagai macam bentuk kursi outdoor dari kayu palet.

Setelah dipasang, kamu membutuhkan beberapa jok untuk membuat tempat duduk ini semakin nyaman. Kemudian tambahkan beberapa bantal yang warnanya sesuai dengan jok, agar terlihat semakin sempurna.

Siapkan satu meja kopi kecil untuk meletakkan pot bunga atau lilin, yang akan menambah keindahan dari balkon.

Dilansir dari plainpallets.com.au, agar kursi dari kayu palet tetap awet, sebaiknya kamu perlu melindunginya dari paparan sinar matahari. Jadi saat tidak digunakan, kamu bisa melindunginya dengan kain penutup ya!

4. Little urban jungle balcony

balkon rumah minimalis

Inspirasi balkon rumah minimalis selanjutnya adalah dengan mengubah balkon rumahmu menjadi hutan kota kecil. Inspirasi yang satu ini paling cocok untuk kamu yang hobi merawat tanaman indah.

Tutupi seluruh area balkon dengan tanaman hijau yang indah dan bunga musiman, kemudian tutupi juga railing balkon dengan pot bunga, lalu letakkan satu meja dan kursi kecil untuk menjadikannya ruang yang sempurna untuk satu orang.

Sebagai tambahan, kamu juga bisa membeli payung teras untuk melindungimu dari sinar matahari yang keras. Selain nyaman, balkonmu juga akan selalu wangi dan cerah deh!

5. Pet friendly balcony

balkon rumah minimalis

Apakah kamu punya hewan peliharaan? Jika iya, maka kamu dapat menghabiskan waktu bermainmu dengan mereka di balkon yang ramah hewan peliharaan.

Railing balkon yang khas dengan rongga lebar, tentu tidak akan cukup untuk menjaga teman berbulu tetap di dalam. Sehingga kamu dapat menambahkan kawat tipis pada railing balkon untuk mencegah hewan kesayanganmu “terjun” ke lantai bawah.

Agar balkon tidak terlalu penuh, kamu dapat menggunakan jaring tambahan untuk mendukung lebih banyak dekorasi. Misalnya untuk meletakkan lentera kertas berwarna-warni dan tumblr lights.

Letakkan juga karpet dan bantal dalam berbagai bentuk dan ukuran, agar kamu bisa bersantai bersama anabul tercinta.

6. Keep it simple balcony

balkon rumah minimalis

Saat mendekorasi ruang, terkadang hasil terbaik bisa didapat dari menjaga hal-hal sederhana. Bagian balkon yang simpel ternyata juga bisa terlihat benar-benar menawan.

Misalnya, kamu dapat menempatkan bangku rotan dua tempat duduk, yang kemudian ditutupi oleh bantal-bantal yang nyaman dengan motif kain yang bisa menunjukkan kepribadianmu.

Yup, simpel namun tetap aesthetic sekali, bukan?

7. Colorful and classic balcony

balkon rumah minimalis

Memiliki balkon rumah minimalis, bukan berarti kamu tidak bisa menggunakan warna-warna berani dan cerah.

Misalnya kamu dapat menggunakan warna merah muda cerah yang menyenangkan untuk di furniture besar. Lalu menggunakan aksesori serta tanaman-tanaman kecil yang warna-warni di sekitarnya.

Ini menjadikan balkon rumah unik dan menyenangkan, terutama untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman.

Kamu juga bisa memiliki bantal dengan motif yang menarik, sehingga balkon menjadi lebih hidup dan penuh dengan energi positif.

8. Light up the balcony

Lampu dinding atau atap memang sempurna untuk membuat balkon terlihat lebih cerah. Namun agar membuatnya lebih hangat dan nyaman, cobalah untuk menambahkan tumblr light atau fairy light pada bagian atas balkon.

Cahaya dari tumblr light ini akan memberikan kesan cahaya bintang yang berkelap-kelip di atas kepalamu. Namun jangan khawatir bila kamu tidak memiliki tempat untuk menggantung lampu di atas kepala.

Lingkarkan lampu melalui celah pagar, seperti yang ditampilkan di balkon ini. Beberapa lampu ini juga ada yang bekerja dengan daya baterai, sehingga kamu tak perlu khawatir dengan stopkontak.

Dengan tambahan bangku, bantal, dan meja kopi kecil, membuat balkonmu menjadi tempat yang paling nyaman.

9. Multipurpose balcony

balkon rumah minimalis

Salah satu inspirasi balkon rumah minimalis terbaik adalah dengan menggunakan ruang tersebut untuk lebih dari satu hal. Jika kamu memiliki balkon di rumah, mengapa tidak membuatnya sebagai tempat untuk makan dan bersantai?

Jika area balkonmu cukup luas, kamu dapat menempatkan dua kursi dengan satu meja untuk makan. Namun kamu juga bisa membuat area makan yang romantis di balkon dengan menggunakan karpet, bantal duduk, dan meja lipat yang cukup untuk dua orang.

Area ini juga dapat menjadi tempat penyimpanan jika bagian kursi dan meja bisa dijadikan untuk storage. Wih, bisa jadi fungsional sekali ya balkon dirumahmu!

10. Lounge away balcony

balkon rumah minimalis

Beberapa orang yang ingin menata balkon rumah minimalis mungkin merasa tidak nyaman saat tidur di karpet, namun akan menjadi terasa sempit jika menambahkan kursi lounger atau kursi dengan bantalan kaki.

Jika ini yang menjadi masalahmu, salah satu solusi yang ideal adalah dengan menggunakan hammocatau tempat tidur gantung. Hammock bisa kamu tempatkan di dua sisi dinding balkon. Jika balkonmu dikelilingi oleh railing, kamu dapat menambahkan tiang yang kuat untuk menahan hammock.

Menghabiskan waktu sore-sore dengan tidur di hammock, akan membuatmu serasa lagi liburan di Pulau Dewata nih!

11. Bohemian balcony

balkon rumah minimalis

Tema-tema bohemian menjadi populer dikalangan milenial, karena memberikan kesan yang minimalis dengan perpaduan warna netral. Namun meski bermain dengan warna netral seperti putih dan krem, tema bohemian tetap instagramable karena adanya aksen tali rami dan dibentuk sedemikian rupa.

Selain di kamar atau di kafe, kamu juga bisa menciptakan tema bohemian ini di balkon rumah minimalis. Misalnya kamu menggunakan ayunan atau hammock mini yang disusun dari tali, kemudian ditambahkan beberapa bantal di dalamnya.

Kamu juga bisa menambahkan karpet lingkaran dan meja kopi kecil untuk membuat balkon menjadi lebih nyaman. Dengan adanya hammock mini yang digantung, tentu tidak akan memakan banyak ruang dan balkonmu akan tetap luas.

12. Full pattern balcony

balkon rumah minimalis

Ruang kecil adalah tempat yang bagus untuk melenturkan otot kreatif dan mengambil beberapa risiko desain yang mungkin kamu hindari. Dengan sedikit bantuan dari ubin berpola, balkon mungil bisa menjadi area yang selalu menarik perhatian.

Dengan adanya elemen berpola atau bertekstur dalam balkon, kamu bisa menciptakan suasana yang lebih hidup dan mewah (serta nyaman juga tentunya!).

Bila ubin di balkonmu sudah berpola, cobalah untuk memiliki bantal-bantal yang juga berpola dan memiliki warna senada dengan ubinmu. Jika kamu ingin menggunakan karpet, pastikan karpet yang digunakan polos, agar tidak menimbulkan kesan yang terlalu ramai.

13. Indian teepee balcony

balkon rumah minimalis

Kamu mungkin sudah tak asing dengan tenda ala indian yang sering digunakan sebagai tempat bermain anak-anak. Nah karena ukurannya yang tidak begitu besar, kamu bisa memanfaatkan tenda indian ini di bagian balkonmu.

Mengapa tenda ini sangat penting untuk di bagian balkon?

Ketika kamu banyak menghabiskan waktu di balkon, ingatlah tetap penting untuk melindungi kulitmu, terutama pada siang hari yang terik. Agar lebih nyaman, kamu dapat menambahkan jok kursi dan beberapa bantal di bawah tenda.

Berikan juga karpet bermotif untuk membuat balkon rumah minimalis menjadi lebih menarik.

14. Working space balcony

balkon rumah minimalis

Balkon rumah minimalis bahkan bisa dijadikan sebagai tempat kerja, tempat belajar, atau bahkan perpustakaan pribadi, hanya dengan tambahan beberapa furniture.

Dengan menggabungkan kursi yang nyaman dan meja samping yang luas, kamu dapat membuat sudut yang layak untuk bekerja atau belajar.

Ketika belajar atau bekerja di luar ruangan, kamu akan terus mendapatkan udara segar. Sehingga, inspirasi dan pemikiran kreatif akan terus mengalir dengan mudah.

Namun saat dijadikan working space, pastikan balkon menghadap ke arah yang tidak banyak aktivitas lalu lalang, agar kamu bisa fokus tanpa terganggu.

15. Carribean vibes balcony

contoh balkon rumah minimalis

Inspirasi balkon rumah minimalis yang terakhir adalah carribean vibes balcony yang dapat membuatmu serasa lagi liburan di pinggir pantai. Karena kita tidak bisa pergi ke pantai akibat kendala pekerjaan, maka ciptakan suasana pantai di rumahmu.

Pilih lantai kayu ringan dan tambahkan beberapa tanaman hijau dengan batang yang cukup tinggi untuk menutupi area railing. Kemudian tambahkan kursi dan meja berwarna putih yang nyaman.

Kini kamu bisa memiliki balkon yang cerah bak di pinggir pantai.

Nah itulah 15 inspirasi balkon rumah minimalis dan instagramable. Dari inspirasi-inspirasi di atas membuktikan bahwa ukuran balkon yang mungil tak menjadi masalah. Yuk mainkan ide-ide kreatifmu untuk menciptakan balkon yang nyaman!

Leave a Reply

%d bloggers like this: