9 Feng Shui Rumah yang Datangkan Hoki dan Keberuntungan

Setiap pemilik rumah tentu ingin memastikan rumahnya membawa energi positif. Hal ini bisa dilakukan oleh berbagai cara, termasuk salah satunya adalah menerapkan Feng Shui rumah.

Feng Shui, merupakan praktik Tiongkok kuno yang memetakan keseimbangan energi, atau ‘chi’, melalui perhitungan ilmiah. Tujuan Feng Shui adalah mengundang energi positif ke rumah, sehingga hidup kamu dan keluarga lebih terasa berenergi dan seimbang.

Tak hanya itu, menerapkan Feng Shui rumah juga diketahui dapat membawa atau melancarkan rejeki. Kamu juga tak perlu khawatir, karena cara menerapkan Feng Shui rumah terbilang relatif sederhana untuk meningkatkan suasana ruang.

Agar kamu memiliki energi yang baik untuk membuat waktu di rumah senyaman mungkin, kali ini Dirumahkita.com telah merangkum 9 Feng Shui rumah yang datangkan hoki dan keberuntungan. Baca terus ya!

1. Periksa barang-barang yang menjadi posisi terkuat di rumah

menerapkan Feng Shui di rumah

Dalam Feng Shui rumah, salah satu prinsip terpenting adalah posisi terkuat. Pada dasarnya, ini adalah posisi beberapa perabot penting, yaitu tempat tidur (mewakili diri sendiri), meja (mewakili karier), dan kompor (mewakili kekayaan).

Meskipun kamu mungkin tidak dapat memindahkan kompor, mungkin cukup mudah untuk menempatkan tempat tidur dan meja pada posisi yang lebih baik.

Hal utama untuk mengatur posisi barang-barang di sini adalah, dengan melihat pintu saat menggunakan barang-barang ini .

Dapatkah kamu melihat pintu ketika berada di tempat tidur atau duduk di meja kerja?

Dilansir dari architecturaldigest.com, kamu tidak boleh langsung sejajar dengan pintu, tetapi juga tidak harus membelakanginya. Semua ini ikut berperan sehingga kamu dapat menerima energi positif yang optimal.

2. Menggunakan perabot atau pengaturan secara vertikal

menerapkan Feng Shui di rumah

Tentu saja, kamu tidak perlu menambahkan dinding panjat atau tangga ke dekorasi rumah, tetapi menggunakan beberapa bentuk dan garis vertikal di rumah dapat mewakili pertumbuhan dan ekspansi. Kamu dapat mewujudkannya dengan berbagai cara.

Misalnya, tambahkan beberapa pencahayaan di mana cahaya bergerak ke atas. Atau tambahkan pohon ke sudut ruangan untuk membuat area terasa lebih tinggi. Jika kamu memiliki ruangan, taruh di beberapa rak buku yang tinggi.

Tak perlu khawatir karena kamu dapat menerapkan Feng Shui dengan barang-barang yang kamu miliki untuk menciptakan perasaan ketinggian.

3. Mencegah area berantakan di rumah

menerapkan Feng Shui di rumah

Bukan hanya saat menerapkan Feng Shui rumah, kamu tentu harus menjaga kebersihan rumah semaksimal mungkin.  Memiliki skema desain interior yang berantakan atau terlalu banyak area yang berantakan, mungkin bisa berdampak pada kejernihan mental.

Di Feng Shui, hal yang berantakan diyakini dapat ‘menarik’ ruang berharga yang dibutuhkan agar energi baru masuk.

Selain itu, biasakan membersihkan ruang kerja setiap hari. Ini tak hanya akan membuatmu merasa kurang stres, tetapi juga akan menciptakan rasa keteraturan.

Ditambah juga, kamu akan mendapatkan awal yang bersih setiap hari, yang seharusnya menguntungkan tingkat produktivitasmu.

Pembersihan mudah lainnya yang memberikan dampak besar adalah, jendela karena dianggap sebagai mata bangunan. Pastikan untuk selalu membersihkan kaca untuk memaksimalkan sinar matahari yang masuk.

4. Rapikan area pintu masuk rumah

menerapkan Feng Shui di rumah

Bukankah masuk akal bahwa tempat pertama yang kamu lihat saat membuka pintu, adalah tempat yang penting untuk memiliki energi yang baik?

Dalam Feng Shui rumah, pintu masuk rumah mewakili cara energi memasuki rumah dan kehidupan. Sehingga pastikan untuk menyingkirkan sepatu dan tumpukan kaus kaki di depan pintu rumah. Selanjutnya, sering-seringlah melakukan pembersihan dan decluttering.

Jika kamu memiliki ruang kosong, tambahkan beberapa tanaman dan karya seni. Lakukan apa pun yang kamu bisa untuk membuat area tersebut terasa mengundang.

Kristin Esposito, seorang arsitek interior dan desainer yang mempelajari Feng Shui, mengatakan agar pemilik rumah selalu mencoba untuk menyertakan rak sepatu, pengait untuk mantel, dan penyimpanan untuk perlengkapan hujan/payung.

Penting bahwa semua barang ini memiliki ‘tempat sendiri untuk disebut rumah’. karena mereka memegang energi dunia di luar pintu depan.

5. Menghilangkan ‘rintangan’ pada rute yang sering digunakan dalam rumah

menerapkan Feng Shui di rumah

Apakah rute yang paling sering digunakan di rumahmu? Misalnya, dari kamar tidur ke kamar mandi, apakah area ini bebas dari bahaya tersandung? Apakah kamu sering menghantam furniture dengan jari kakimu setiap hari?

Pikirkan tentang bagaimana kamu bergerak melalui setiap ruang, dan mencoba membuat jalur sejelas mungkin.

Efisiensi adalah segalanya dalam Feng Shui rumah, jadi penting untuk membersihkan rintangan dari jalan dan membuat langkah kakimu bergerak semudah mungkin.

6. Tambahkan tanaman di area rumah tertentu

menerapkan Feng Shui di rumah

Jika kamu bingung untuk menempatkan barang apa di sudut ruangan, menambahkan lebih banyak tanaman dapat menjadi solusinya. Tanaman mewujudkan energi kehidupan, sehingga mereka akan menambah kesegaran dan vitalitas ke rumah.

Tumbuhan hijau yang hidup juga mewakili elemen kayu, yang dikatakan dapat menumbuhkan sifat tahan banting, kelenturan, penyembuhan, dan pertumbuhan manusia.

Dengan menambahkan tanaman, kamu tak hanya dapat membawa kualitas ini ke dalam hidup dan rumah. Namun juga memasukkan unsur alam ke dalam ruang interior, sehingga kamu akan memiliki lebih banyak harmoni antara lingkungan dalam dan lingkungan luar.

7. Buatlah area yang luas

menerapkan Feng Shui di rumah

Bagaimana cara kamu membuat hidup menjadi lebih luas? Mulailah dengan rumah tempat tinggalmu.

Temukan tempat fisik, baik itu laci, ruangan, sudut lemari es, meja. Ukuran tidak masalah, dan buang apa yang tidak lagi diperlukan. Saat melepaskan sesuatu, kamu tentu akan menciptakan ruang terbuka untuk mengundang peluang baru yang segar.

Dan jangan menyalahkan diri sendiri jika banyak ruang yang terisi. Ketika ruang terbuka diisi, lalu dikosongkan, lalu diisi lagi, ini akan menggambarkan rumah yang selalu bersedia untuk membuat awal yang baru.

Temukan sudut baru (atau yang sama) untuk melepaskan dan menciptakan ruang berulang-ulang.

8. Seimbangkan lima elemen

menerapkan Feng Shui di rumah

Seperti yang kamu tahu, Feng Shui terdiri dari lima elemen yang didasarkan pada siklus alam, yaitu api, tanah, logam, air, dan kayu. Lima elemen ini dapat hadir di rumahmu baik secara fisik maupun simbolis.

Misalnya, kamu dapat membawa elemen api dengan warna-warna hangat, seperti merah dan oranye, atau kamu dapat menyalakan lilin aromaterapi yang menyala.

Menggunakan lima elemen ini dapat membantu pemilik rumah mencapai keseimbangan antara semua elemen. Misalnya, orang yang memiliki masalah dengan agresi harus berhati-hati untuk tidak memiliki terlalu banyak elemen api sebagai bagian dari dekorasi mereka.

Sebaliknya, tipe kepribadian yang kurang motivasi harus menanamkan lebih banyak elemen api di rumah mereka untuk memberi mereka dorongan.

Sehingga sebaiknya penting bagi kamu untuk memerhatikan baik-baik elemen literal dan simbolis yang muncul di rumah, karena mereka dapat menjadi penyebab ketidakseimbangan dalam kehidupan emosionalmu.

9. Berikan rasa syukur pada rumah

menerapkan Feng Shui di rumah

Mungkin ini terlihat aneh bagimu, untuk memberikan rasa terima kasih ke rumah. Namun dilansir dari Thespruce.com, Feng Shui adalah tradisi yang berasal dari keyakinan bahwa segala sesuatunya hidup, termasuk ruang.

Energi kehidupan yang sama yang menjiwai diri sendiri, juga akan mengalir melalui rumah.

Rumah adalah tempat yang memberikan perlindungan untuk kamu dan keluarga, rumah memberikanmu tempat untuk beristirahat, memelihara, merayakan, dan banyak lagi.

Mengatakan rasa terima kasih ke rumah itu juga sederhana. Bicaralah ke rumah dengan rendah hati dan katakan, “Terima kasih.”

Menarik sekali bukan?

Nah itulah 9 Feng Shui rumah yang datangkan hoki dan keberuntungan. Mungkin sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai untuk menerapkan Feng Shui rumah yang baik. Namun dengan cara-cara di atas, kini kamu dapat memahami bahwa menerapkan Feng Shui dapat dilakukan dengan cara yang paling sederhana sekali pun.

Leave a Reply

%d bloggers like this: