25 Cara Menata Rumah Terbaik Menurut Feng Shui, Sederhana Lho!

Kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menata rumah yang terbaik menurut Feng Shui. Banyak yang percaya bahwa Feng Shui membawa keseimbangan dan ketenangan dalam hidup, dengan membawa aliran energi positif ke seluruh rumah.

Filosofi Tiongkok kuno ini didasarkan pada gagasan untuk mengoptimalkan “Chi” atau energi positif dengan bantuan lima elemen: tanah, air, api, kayu, dan logam.

Meskipun deskripsi itu mungkin terdengar abstrak, prinsip desain interior Feng Shui sebenarnya mudah diterapkan dalam praktik. Hasilnya adalah estetika rumah yang lebih sehat, rapi, dan lebih harmonis.

Tak hanya itu, daya pikat desain Feng shui juga terletak pada kesederhanaannya, yang menempatkan kamu dan keluarga dalam suasana hati dan pikiran yang lebih baik.

Jika kamu sedang ingin menata rumah, kali ini DirumahKita.com telah merangkum 5 cara menata rumah terbaik menurut Feng Shui. Yuk simak!

1. Area pintu masuk rumah

cara menata rumah terbaik menurut Feng Shui

Cara menata rumah pertama adalah di bagian pintu masuk rumah utama. Sebagai pintu masuk rumah, area ini harus mudah diakses dari garasi atau jalan raya. Pintu masuk juga harus menonjol di rumah untuk menyambut energi paling positif.

Ini beberapa cara untuk menjadikan area pintu masuk rumah memiliki Feng Shui terbaik:

  • Gunakan pintu masuk utama rumah

Sudah umum bagi banyak orang untuk menggunakan pintu selain pintu depan utama, seperti garasi atau pintu samping, untuk memasuki rumah. Ini bukan hal yang buruk, tetapi penting untuk menggunakan pintu masuk utama. Ini akan memungkinkan energi baru masuk dan mencegah stagnasi.

  • Jaga pintu masuk rumah bersih dan rapi

Pintu rumah mungkin bukan tempat pertama yang kamu pikirkan saat membersihkan rumah, tetapi pintu depan yang bersih membantu menyambut lebih banyak energi positif ke dalam rumah. Bersihkan bagian depan dan belakang pintu, serta engsel, kenop, dan bingkai.

  • Memindahkan barang yang menghambat area pintu masuk rumah

Jika ada benda di jalan yang menyulitkanmu untuk masuk, ini juga dapat mempersulit energi positif untuk masuk ke rumah, yang dapat membuat stagnasi dan penyumbatan. Sehingga pindahkan segala kekacauan yang mengarah ke pintu masuk rumah, serta apa pun di belakang pintu yang mencegahnya terbuka sepenuhnya.

  • Buat ruang yang mengundang

Karena pintu masuk rumah utama adalah cara energi memasuki rumah, ada baiknya untuk membuatnya mengundang dan menyambut.

Lapisan cat baru, perlengkapan lampu baru, atau tanaman hijau yang sehat adalah cara yang bagus untuk mencerahkan dan mengangkat area rumah. Ini juga berlaku untuk bagian dalam dan luar pintu masuk.

  • Dapatkan keset selamat datang yang mengundang

Keset sambutan baru adalah cara yang bagus untuk mengundang peluang baru. Ini dapat membantu area pintu  rumah menonjol dan menarik lebih banyak energi positif.

Cari keset yang lebarnya kira-kira sama dengan ukuran pintu, atau sedikit lebih besar. Merah dan hitam adalah warna yang sangat menguntungkan untuk digunakan di sini, atau kamu dapat memilih warna lain yang membuatmu tertarik.

  • Perbaiki jika ada area pintu masuk rumah yang rusak

Pintu depan tak hanya bagaimana energi masuk, namun pintu juga mewakili mulut penghuni rumah, sehingga masalah apa pun dengan pintu dapat menunjukkan hambatan atau tantangan dalam komunikasi.

Memastikan bahwa semua pintu di rumah, dan terutama pintu depan dalam kondisi baik dapat membantu menciptakan lebih banyak kemudahan dalam berkomunikasi.

2. Dapur

cara menata rumah terbaik menurut Feng Shui

Dapur adalah pusat makanan dan minuman. Selain itu, dapur harus menjadi pusat komando ruang sosial rumah, karena bisa dijadikan tempat berkumpul sekaligus tempat makan, yang memungkinkan keluarga berinteraksi selama waktu persiapan makan.

Berikut beberapa cara untuk menjadikan area dapur memiliki Feng Shui terbaik:

  • Selalu menjaga kebersihan dan kerapian dapur

Feng shui menekankan kebersihan dan decluttering untuk menjaga energi yang baik mengalir di dapur. Memiliki dapur yang berantakan menciptakan energi negatif di rumah, yang juga kemudian dapat berdampak pada kesehatan anggota keluarga.

  • Ganti peralatan masak yang rusak

Dapur yang bersih dan lengkap dengan peralatan yang terpelihara dengan baik menandakan niat untuk menjaga diri sendiri dan keluarga.

Dapatkan energi yang baik dengan memastikan tidak ada yang rusak di dapur. Ganti semua piring, peralatan, atau peralatan masak yang terkelupas atau tidak berfungsi, dan rutin pertajam pisau.

  • Pisahkan jarak wastafel & kompor

Dilansir dari extraspace.com, jika elemen air (wastafel) dan elemen api (kompor) saling berhadapan di dapur, ini dapat menyebabkan konflik dalam hubungan. Cegah pembentukan energi buruk ini dengan menempatkan sebuah jarak di antara wastafel dan kompor.

Jika kamu memiliki dapur ukuran kecil, kamu dapat menempatkan elemen tanah (seperti karpet hijau) di antara elemen air dan api untuk “menyembuhkan” konflik.

  • Jangan menggantung barang di atas kepala

Ketika barang-barang berat seperti panci dan wajan digantung di tempat orang berdiri, seperti kompor atau meja dapur ini dapat menyebabkan kecemasan dan mengundang energi yang buruk. Sehingga barang-barang di lemari, laci, dan pantries sebagai gantinya.

  • Ciptakan energi baik dengan pencahayaan

Pencahayaan di dapur dapat menarik energi yang baik. Meskipun cahaya alami dari jendela sangat ideal, kamu tetap perlu memanfaatkan sumber lain untuk mencerahkan ruangan.

Cobalah teknik pencahayaan berlapis seperti menggabungkan lampu dan tempat lilin untuk memvariasikan kecerahan dan menjaga energi yang baik mengalir di dapur.

  • Gabungkan dekorasi logam

Elemen logam di dapur dapat mengundang perasaan produktivitas, ketenangan, dan pemikiran yang jernih. Cari tempat di dapur di mana aksen logam bisa ditambahkan. Perangkat keras, seperti lampu, pegangan laci, dan keran, adalah cara untuk menggunakan elemen logam.

Kamu juga dapat menambahkan mangkuk logam, rak bumbu, atau tempat lilin. Namun, jika kamu memiliki peralatan stainless steel, jangan berlebihan dengan dekorasi logam, karena baja akan membawa energi logam ke dapur.

  • Tambahkan peralatan kayu

Perkuat ikatan keluarga dan kemakmuran dengan elemen kayu di dapur. Rak bumbu kayu, tempat peralatan masak, talenan, dan kabinet semuanya dapat memanfaatkan energi positif kayu.

Jika meja makanmu berada di dapur, pilihlah meja dan kursi kayu. Tanaman juga mewakili elemen kayu, sehingga dapat ditambahkan di dapur.

3. Kamar tidur

cara menata rumah terbaik menurut Feng Shui

Cara menata rumah selanjutnya adalah untuk bagian kamar tidur. Mendapatkan kualitas tidur yang baik sangat penting untuk kesehatan. Prinsip-prinsip Feng Shui menyarankan akses yang baik ke cahaya alami dan ventilasi silang serta tempat tidur kayu solid sebagai lawan dari tempat tidur logam adalah penting.

Tak hanya itu saja, ada beberapa cara untuk menjadikan kamar tidur memiliki Feng Shui terbaik, berikut tipsnya:

  • Meletakkan tempat tidur di posisi yang tepat

Pastikan tempat tidur menghadap ke pintu meski tidak langsung sejajar dengan pintu. Hindari pintu terbuka langsung sejajar dengan tempat tidur. Terutama hindari “posisi peti mati” di mana kaki mengarah ke pintu. Tempatkan sandaran kepala di dinding yang kokoh.

Hindari menempatkan sandaran kepala ke dinding yang memiliki toilet di sisi lain. Jika memungkinkan, jangan letakkan tempat tidur di bawah plafon yang rendah, soffit, atau langit-langit yang miring.

  • Memasang headboard pada tempat tidur

Headboard mewakili stabilitas dan dukungan dalam hidup, dan terutama dalam hubungan romantis. Pastikan kamu memiliki headboard terbaik kokoh, tanpa lubang. Pastikan juga untuk mengencangkan headboard dengan aman ke tempat tidur sehingga kamu dapat merasakan dukungan dan kekuatan yang paling besar.

  • Rapikan area bawah tempat tidur

Barang-barang di bawah tempat tidur ternyata dapat memengaruhi saat tidur dalam keadaan “yin” pasif. Apa pun yang kamu miliki di bawah sana juga dapat mewakili atau membuat blok bawah sadar dalam hidup.

Jika memungkinkan, disarankan untuk tidak memiliki penyimpanan di bawah tempat tidur. Agar energi positif dapat mengalir dengan bebas dan meremajakanmu saat tidur. Tapi jika harus digunakan untuk penyimpanan, simpan barang-barang yang lembut dan berhubungan dengan tidur seperti seprai, selimut, dan bantal.

  • Tambahkan tanaman hijau cerah

Tumbuhan hijau yang hidup menambahkan energi kehidupan ke sebuah ruang. Sebelum memilih jenis tanaman untuk di kamar, pastikan kamu mempertimbangkan pencahayaan, panas, dan kelembaban kamar tidur.

Tanaman mengundang energi restoratif yang meningkatkan pertumbuhan di semua bidang kehidupan.

4. Ruang keluarga

cara menata rumah terbaik menurut Feng Shui

Ruang keluarga harus menjadi tempat perlindungan yang menyimpan energi paling banyak, sehingga paling baik terletak di tengah rumah. Berikut ini adalah cara menata rumah yang terbaik menurut Feng Shui, khususnya di ruang keluarga:

  • Rutin membersihkan area ruang keluarga

Pembersihan ruang selalu merupakan langkah penting dalam menciptakan Feng Shui yang baik. Ruang tamu sangat penting untuk dibersihkan, karena ini merupakan salah satu area publik di rumah.

Ada berbagai teknik pembersihan ruang yang dapat digunakan seperti menyapu, mengepel, mengelap, hingga menggunakan diffuser essential oil.

  • Membuka jendela minimal sembilan menit

Cara menata rumah yang super mudah agar mendapatkan Feng Shui bagus adalah dengan membuka semua jendela selama minimal sembilan menit. Sembilan adalah angka yang paling menguntungkan dalam Feng Shui.

Ini memungkinkan energi lama untuk pergi dan memberi ruang untuk yang baru. Dan saat kamu melakukannya, kamu juga bisa sekalian membersihkan jendela. Gunakan pembersih kaca yang tidak beracun atau hanya cuka dan air biasa.

  • Isi area ruang keluarga dengan tanaman

Tumbuhan hijau yang hidup membawa energi kehidupan ke dalam rumah. Ini adalah cara sederhana untuk membawa Feng Shui yang baik ke ruang keluarga. Pastikan untuk memperhitungkan cukup cahaya, ruang, dan airnya ya!

5. Kamar mandi

cara menata rumah terbaik menurut Feng Shui

Cara menata rumah terakhir adalah kamar mandi, yang harus terletak jauh dari area pusat seperti dapur dan ruang tamu, karena energi dari ruang-ruang ini tidak sesuai.

Selain itu, ada beberapa cara untuk menjadikan kamar mandi memiliki Feng Shui terbaik, berikut tipsnya:

  • Selalu tutup dudukan toilet

Toilet memiliki fungsi untuk membuang kotoran dan air. Ini adalah salah satu area yang harus diperhatikan sehubungan dengan Feng Shui. Untuk mengurangi hilangnya sumber daya apa pun, tutuplah dudukan toilet saat tidak digunakan.

Sebagai bonus, kebiasaan sederhana ini mengurangi kelembaban di kamar mandi yang meminimalkan jamur dan lumut.

  • Jaga agar pintu kamar mandi selalu tertutup

Mirip dengan dudukan toilet, pintu kamar mandi juga merupakan cara lain di mana energi dapat mengalir ke kamar mandi dan mengalir ke saluran pembuangan.

Secara umum, untuk Feng Shui yang baik, tutuplah pintu kamar mandi. Ini akan membantu meminimalkan kemungkinan energi baik mengalir menjauh.

  • Sembunyikan toilet

Jika memungkinkan, yang terbaik adalah menyembunyikan toilet secara visual untuk Feng Shui. Kamu dapat melakukan ini dengan menutup pintu atau mendesain kamar mandi sedemikian rupa sehingga tidak dapat terlihat dari luar

  • Pasang cermin di pintu kamar mandi

Cara menata rumah selanjutnya, khususnya di kamar mandi adalah memasang cermin di bagian luar pintu kamar mandi. Ini akan meningkatkan Feng Shui. Cermin akan dengan penuh semangat menghapus energi buruk dari kamar mandi dan juga menghilangkan masalah Feng Shui.

  • Meletakkan tanaman di kamar mandi

Masalah utama dengan kamar mandi adalah air yang mengalir. Karena semua orang menyukai tanaman, tanaman hias hijau yang hidup adalah salah satu cara paling populer untuk meningkatkan Feng Shui kamar mandi mana pun.

Tanaman mengubah energi ke bawah air menjadi energi kehidupan yang vital. Air memberi makan tanaman, membuatnya kuat dan tumbuh. Plus, itu membawa elemen alam ke dalam ruangan ini.

Nah itulah cara menata rumah terbaik menurut Feng Shui. Semoga dengan menerapkan cara-cara di atas, kamu dan keluarga selalu dilindungi energi positif ya! Selamat mencoba!

Leave a Reply

%d bloggers like this: