12 Bunga Warna Biru, untuk Membuat Teras Rumah Lebih Indah

Tahukah kamu bahwa bunga warna biru seringkali digunakan untuk menyampaikan pesan cinta, keinginan, dan perayaan untuk pencapaian tertinggi dalam impian?

Bunga biru terbilang eksklusif karena menjadi salah satu bunga paling langka yang ditemukan di dunia

Selain itu, warna biru sendiri juga merupakan adalah warna yang sering dihubungkan dengan kecerdasan dan spiritualitas. Ini memiliki efek menenangkan dan membantu seseorang untuk tidur lebih nyenyak.

Namun, bunga biru sendiri memiliki makna kesetiaan, kepercayaan, kecerdasan, kebijaksanaan, kebenaran, iman, keyakinan, memberikan rasa stabilitas, keyakinan, kejujuran, dan keamanan.

Jika kamu tertarik untuk menanam bunga warna biru di teras rumah, kali ini DirumahKita.com telah merangkum daftar 12 bunga warna biru untuk membuat teras rumahmu menjadi lebih indah. Yuk simak daftarnya!

1. Bunga iris

bunga warna biru

Iris adalah bunga cantik yang hadir dalam berbagai warna dan dapat membawa semangat musim panas yang segar di teras rumahmu. Bunga iris ini memiliki namanya yang diambil dari dewi pelangi Yunani dan mekar selama musim semi dan musim panas.

Berbagai jenis bunga iris memiliki tinggi dan ukuran yang berbeda, yang membuatnya sempurna untuk teras yang mekar sepanjang masa. Tingginya bervariasi dari 15 cm hingga 120 cm, sehingga cocok untuk berbagai jenis pengaturan, bentuk teras, dan warna.

Agar bunga warna biru ini dapat tumbuh lebih banyak dan terus menerus, bunga iris perlu ditanam di tempat yang mendapat sinar matahari penuh setidaknya setengah hari.

2. Bunga blue star

bunga warna biru

Dari namanya, kamu tentu akan tahu bahwa bunga yang satu ini memiliki bentuk bintang. Inilah yang membuat bunga ini bisa menjadi “bintang” lain di teras rumahmu.

Perawatannya bunga blue star juga relatif mudah, dapat tumbuh di hampir semua jenis tanah (walaupun lebih menyukai pH tanah netral) dan tempat.

Tentu saja, jika kamu ingin bunganya mekar lebih banyak dan teratur, sebaiknya kamu menanamnya di tempat yang mendapat sinar matahari penuh setidaknya selama satu hari. Bunga ini dapat mekar di awal musim panas.

Menariknya lagi, bunga biru ini tahan terhadap kekeringan, jadi jangan khawatir jika kamu tidak dapat menyiraminya secara teratur.

3. Bunga Hydrangea

bunga warna biru

Hydrangea biru adalah salah satu tanaman teras yang paling menakjubkan yang bisa kamu miliki. Karena bunga ini muncul dalam banyak varietas warna, dan kamu bisa mendapatkan hydrangea biru tergantung pada tingkat alkalinitas tanah.

Beberapa hydrangea biru hadir dalam warna-warna cerah dan mencolok, sementara beberapa lainnya dalam nuansa halus seperti biru langit. Bunga hydrangea biru ditujukkan untuk menyampaikan perasaan cinta yang tulus dan kuat, terutama saat diberikan sebagai hadiah.

Semak berbunga hydrangea umumnya mulai mekar di awal musim semi dan ini dapat berlanjut sepanjang musim mekar musim panas jika dirawat dengan benar.

4. Bunga forget me not

bunga warna biru

Bunga forget me not mendapatkan namanya dari legenda abad ke-15 yang menyatakan bahwa siapa pun yang memilikinya, tidak akan dilupakan oleh orang yang mereka cintai.

Bunga kecil berwarna biru muda dengan benang sari kuning ini, mekar di musim panas dan bisa menjadi aksen warna-warni yang indah untuk teras dirumahmu. Bunga warna biru ini dapat tumbuh kuat di tempat yang lembab dan teduh tanpa sinar matahari langsung hampir sepanjang hari.

Namun perlu diingat bahwa bunga ini berbiji sendiri dan menyebar relatif cepat, jadi pastikan kamu menanamnya di area tanah yang lebih luas.

5. Bunga hyacinth

bunga warna biru

Bunga hyacinth adalah bunga musim semi yang indah dengan aroma manis dan khas, sehingga telah dikagumi oleh keluarga kerajaan selama berabad-abad. Menariknya lagi, dilansir dari florgeous.com, bunga ini telah menjadi keharusan bagi taman istana dan taman rumah besar.

Bunga hyacinth memiliki panjang maksimal enam inci, dengan batang sangat tebal, tumbuh tegak dan memiliki mahkota bunga.

Mahkota bunganya memiliki enam kelopak yang konsisten dengan warna yang beraneka ragam, dan salah satunya adalah biru. Bunga ini disusun oleh bunga-bunga kecil yang bertabung dan terbuka seperti membentuk bintang.

Saat ini, bunga hyacinth ada di mana-mana, dari taman hingga kebun rumah dan pot dalam ruangan. Aroma khas dan bunga berbentuk lonceng dapat menambah keindahan teras terutama di musim semi.

Di masa lalu ekstrak hyacinth juga telah digunakan dalam wewangian dan kosmetik.

6. Bunga morning glory

bunga warna biru

Disebut juga dwarf morning glory, blue dawn flower atau koali awa, bunga morning glory dikenal karena mekar di pagi atau siang hari. Bunga ini berbentuk piring cantik yang datang dalam berbagai warna, seperti biru langit, kuning, ungu dan merah, dan menutup bunganya selama malam.

Bunga warna biru ini sangat sering digunakan untuk dekorasi hias untuk berbagai acara, karena bunganya yang indah dan umurnya yang relatif singkat.

Bunga morning glory lebih menyukai tanah yang dikeringkan dengan baik dan banyak sinar matahari untuk mulai mekar, yang bisa beberapa bulan setelah ditanam.

7. Bunga anggrek biru

bunga warna biru

Anggrek menjadi semakin populer di kalangan pecinta bunga karena keindahannya, warnanya yang lembut, dan kehadirannya yang mewah. Seperti yang kamu tahu, bunga anggrek datang dalam berbagai bentuk dan warna, tetapi anggrek biru dianggap sebagai salah satu permata yang langka

Jika kamu belum pernah memiliki anggrek sebelumnya, perlu diketahui bahwa bunga ini tidak tumbuh di tanah biasa. Melainkan campuran antara arang dan kulit kayu (serpihan kayu juga bisa digunakan).

Kamu dapat merawat anggrek biru dengan cara rutin disiram, tetapi tidak dalam jumlah besar karena akarnya mudah membusuk.

Anggrek paling baik ditanam dalam pot atau wadah kaca atau plastik transparan, karena akarnya membutuhkan cahaya matahari untuk berkembang dengan baik.

8. Bunga lobelia

bunga warna biru

Bunga warna biru yang menakjubkan ini relatif mudah tumbuh. Mereka dapat tumbuh dalam cuaca yang lebih sejuk tanpa sinar matahari langsung dan juga dapat digunakan untuk dekorasi keranjang gantung untuk melengkapi desain teras rumahmu.

Tanaman tahunan ini mekar sepanjang musim panas. Selain itu, bunga lobelia lebih menyukai tanah yang dikeringkan dengan baik tetapi dapat menyesuaikan dan beradaptasi dengan hampir semua jenis tanah.

Sangat mudah untuk menanam bunga lobelia. Karena mereka dapat tumbuh baik dari biji maupun bagian yang ditransplantasikan dari bunga yang telah tumbuh.

9. Bunga flax

bunga warna biru

Bunga warna biru ini dikenal akan kecantikan dan keindahannya, namun mereka hanya dapat mekar untuk satu atau dua hari saja. Jadi jika kamu ingin menambahkan rona biru berwarna-warni di taman, pastikan kamu menanam banyak bibit bunga flax untuk menikmati keindahannya lebih lama.

Bunga flax lebih menyukai tanah yang dikeringkan dengan baik dan sinar matahari langsung untuk sebagian besar siang hari, namun bunga ini sangat mudah beradaptasi dengan berbagai jenis tanah dan cuaca.

10. Bunga daisy biru

bunga warna biru

Bunga daisy biru sangat populer untuk desain teras rumah dan merupakan pilihan klasik yang disukai oleh sebagian besar tukang kebun. Salah satu alasannya adalah fakta bahwa mereka relatif mudah tumbuh dan dirawat dan tumbuh dengan cepat.

Bunga daisy biru juga tahan terhadap perubahan cuaca yang cepat, seperti suhu dan angin yang besar. Tak hanya itu, bunga ini juga hanya menyukai tanah yang disiram. Sehingga dapat mengurangi upaya yang harus kamu lakukan untuk merawatnya secara signifikan.

Bunga daisy biru juga dianggap sebagai salah satu bunga paling unik dan tercantik dari jenis ini, karena warnanya yang kontras antara kelopak biru dan pusat kuningnya. Daisy biru juga terkait dengan kesederhanaan dan penghargaan.

11. Bunga kembang sepatu biru

bunga warna biru

Seperti yang kamu tahu, kembang sepatu datang dalam berbagai warna, termasuk merah, ungu, merah muda, kuning dan putih, tetapi bunga kembang sepatu biru adalah yang paling langka untuk ditemukan.

Bunga kembang sepatu dikenal dengan kelopaknya yang halus dan menakjubkan. Menariknya lagi, bunga kembang sepatu merupakan simbol ketidakterbatasan.

Bunga warna biru ini dapat mekar secara teratur di musim semi dan musim panas, serta menyukai sinar matahari penuh dan penyiraman secara teratur. Jika dirawat dengan baik, bunga kembang sepatu akan membuat terasmu indah sepanjang tahun lho!

12. Bunga periwinkle

bunga warna biru

Bunga warna biru terakhir adalah bunga periwinkle atau yang kita kenal dengan sebutan bunga tapak dara. Bunga yang tumbuh dalam semak pendek ini muncul dengan warna biru keunguan yang cantik dan harum, yang terkadang juga memiliki warna langit dan laut.

Bunga ini seringkali digunakan sebagai penutup area teras karena dapat tumbuh menyebar dengan cepat dan merupakan pilihan yang sangat baik untuk digunakan sebagai penutup pondasi untuk tanaman yang lebih tinggi.

Tanaman ini lebih menyukai tanah yang dikeringkan dengan baik dan menikmati sinar matahari yang terbatas, jadi adalah ide yang baik untuk menanamnya di tempat teduh parsial, di mana mereka masih mendapatkan sinar matahari tetapi juga akan terlindung dari sinarnya yang terlalu terik.

Namun, setelah akar dan tanaman tumbuh dengan baik, mereka tahan terhadap kekeringan. Sehingga hanya membutuhkan penyiraman yang lebih sedikit. Inilah yang membuat bunga periwinkle sangat mudah untuk tumbuh dan dirawat.

Nah itulah 12 bunga warna biru yang bisa membuat teras rumahmu menjadi lebih indah. Sebelum membeli bibit atau bunga di atas, pastikan kamu telah mempelajari bagaimana bunga tersebut bisa mekar dengan sempurna. Karena setiap bunga memiliki perbedaan dalam hal kebutuhan, mulai dari tanah, sinar matahari, hingga tingkat penyiraman.

Leave a Reply

%d bloggers like this: