5 Cara Membersihkan Saluran Air Kamar Mandi yang Mampat

Cara Membersihkan Saluran Air Kamar Mandi – Mandi di penghujung hari yang panjang setelah beraktifitas seharian adalah cara yang bagus untuk menenangkan diri dan bersantai. Mandi air hangat juga dapat melepaskan zat kimia dalam tubuh yang dapat memberikan rasa nyaman dan bahagia.

Tetapi pengalaman relaksasi ini bisa mudah gagal dan membuat kamu jadi emosi, misalnya pada saat kamu menyadari bahwa saluran kamar mandi mulai mengalir perlahan, atau lebih buruk lagi, mampat dan tidak mengalir sama sekali.

Untungnya, sebagian besar masalah drainase di kamar mandi dapat dicegah yaitu dengan membersihkan saluran air kamar mandi.

Agar kamu dapat mandi lebih nyaman dan tenang, kali ini Dirumahkita telah merangkum bagaimana cara membersihkan saluran air kamar mandi, kapan harus melakukannya, dan bagaimana menjaga saluran air kamar mandi tetap bersih. Yuk simak!

Mengapa Kita Harus Membersihkan Saluran Kamar Mandi?

membersihkan saluran air kamar mandi

Membersihkan kamar mandi adalah sesuatu yang umumnya dilakukan setidaknya setiap minggu. Mendisinfeksi toilet, menyeka gumpalan pasta gigi dari wastafel, dan menggosok toilet adalah bagian dari rutinitas pembersihan kamar mandi normal.

Namun ada satu hal yang kerap dilewatkan, yaitu membersihkan saluran air kamar mandi. Saluran air kamar mandi tidak hanya mengumpulkan kotoran, buih sabun, dan produk lain, tetapi juga mengumpulkan rambut.

Ini kemudian menjadi siklus penumpukan yang cukup besar ketika ada begitu rambut tersangkut, ia mengumpulkan lebih banyak buih dan produk sabun, sehingga menciptakan cukup banyak lumpur yang dapat memblokir saluran pembuangan sama sekali.

Kamu mungkin pernah merasakan ketika ada air menggenang di kaki saat mandi. Ini adalah tanda bahwa saluran pembuangan kamar mandi yang tersumbat.

Dilansir dari masterbathroomsandkitchens.com.au, lumpur yang menyumbat saluran pembuangan tidak hanya menyebabkan bau, tetapi juga dapat merusak sistem kedap air di dalam kamar mandi dan dapat menyebabkan kebocoran.

Air yang menggenang tersebut akhirnya dapat merusak dinding yang berdekatan, dan jika itu terjadi di kamar mandi lantai atas, maka itu dapat merusak langit-langit di bawah.

Alat-alat yang Diperlukan untuk Membersihkan Saluran Air di Kamar Mandi:

membersihkan saluran air kamar mandi

Setelah kamu mengetahui apa alasan mengapa kamu harus membersihkan saluran kamar mandi, kamu mungkin merasa inilah waktunya untuk mengetahui cara membersihkan saluran air kamar mandi.

Ada beberapa alat yang diperlukan untuk membersihkannya, yaitu sebagai berikut:

  • Air (hangat dan mendidih)
  • Sabun mandi
  • Pipe cleaner (listrik atau manual)
  • Bubuk soda kue
  • Cuka
  • Spons melamin
  • Kain lap bersih

5 Cara Membersihkan Saluran Air Kamar Mandi:

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mendapatkan saluran air kamar mandi yang lebih bersih dan waktu mandi yang lebih menyenangkan:

1. Bersihkan penutup pembuangan

membersihkan saluran air kamar mandi

Cara membersihkan saluran air kamar mandi langkah yang pertama, sebelum kamu melepas penutup saluran untuk mulai membersihkan saluran air, pastikan kamu membersihkan bagian atas dari penutup saluran terlebih dahulu.

Ambil sarung tangan dan angkat penutup dari saluran pembuangan, lalu singkirkan sisa rambut atau sabun yang menempel.

Jika masih terlihat kotor, biarkan penutup saluran direndam dalam mangkuk berisi air sabun hangat, sambil melanjutkan pembersihan.

2. Lepaskan penutup saluran pembuangan kamar mandi

Cara Membersihkan Saluran Air Kamar Mandi

Cara membersihkan saluran air kamar mandi yang selanjutnya adalah dengan melepaskan penutup saluran pembuangan kamar mandi.

Sebagian besar bukaan saluran air kamar mandi dilindungi oleh penutup bundar seperti jeruji logam untuk mencegah kotoran atau barang-barang masuk ke saluran pembuangan secara tidak sengaja.

Beberapa penutup saluran tidak memiliki baut untuk mengencangkannya, dalam hal ini kamu dapat mencungkilnya saja. Jika sudah terpasang baut pada tempatnya, kamu perlu menggunakan obeng untuk melepas penutupnya.

3. Mengambil kotoran menggunakan pipe cleaner

membersihkan saluran air kamar mandi

Setelah terbuka, kamu sudah bisa mengakses saluran pembuangan, inilah saatnya untuk melepaskan pipe cleaner. Alat pembersih saluran air ini sangat bagus untuk mengeluarkan kotoran besar (biasanya terbuat dari rambut) dari saluran air.

Tergantung pada jenis model apa yang kamu miliki, pipe cleaner mungkin memerlukan listrik untuk bekerja (dioperasikan dengan bor) atau manual (dioperasikan dengan tangan). Untuk hasil terbaik, ikuti instruksi pabrik, tetapi berikut adalah beberapa tip yang bisa kamu lakukan.

Masukkan pipe cleaner ke saluran pembuangan sampai kamu merasakan adanya sumbatan. Kemudian putar pipe cleaner untuk menangkap kotoran tersebut. Tarik perlahan ke atas dan buang kotoran. Ingatlah untuk menarik secara perlahan. Karena jika terlalu cepat, maka berisiko kehilangan penyebab sumbatan.

4. Tambahkan soda kue dan cuka

membersihkan saluran air kamar mandi

Setelah kotoran besar telah dihilangkan, cara membersihkan saluran air kamar mandi selanjutnya adalah membersihkan sisa saluran pembuangan menggunakan dua produk pembersih rumah tangga yang populer: soda kue dan cuka.

Pertama, rebus empat gelas air. Kemudian, tuangkan air panas ke saluran pembuangan dan ikuti dengan secangkir soda kue.

Selanjutnya, tuangkan secangkir cuka putih ke saluran pembuangan dan biarkan saluran pembuangan selama 15 menit hingga satu jam, tergantung seberapa kotor salurannya. Reaksi panas yang ditimbulkan akan memicu suara mendesis.

Setelah waktu berlalu, nyalakan air panas dari shower. Biarkan mengalir melalui saluran pembuangan selama beberapa menit untuk membuang sisa campuran cuka dan soda kue. Kemudian, tutup saluran pembuangan dengan penutupnya yang telah dibersihkan.

5. Bersihkan area sekitarnya

membersihkan saluran air kamar mandi

Sekarang setelah saluran kamar mandi di rumahmu bersih dan tidak mampat lagi, kamu harus membersihkan area di sekitar saluran pembuangan.

Gunakan spons melamin basah dan sedikit minyak untuk menghilangkan bekas lecet, penumpukan, atau kotoran. Kemudian gunakan kain lap bersih dan lembab untuk membilas sisa-sisa kotor yang tertinggal oleh spons.

Seberapa Sering Kita Harus Membersihkan Saluran Air Kamar Mandi?

membersihkan saluran air kamar mandi

Setelah kamu tahu cara membersihkan saluran air kamar mandi, kamu harus tau juga cara agar saluran air kamar mandi tetap lancar dan mencegah bau atau penyumbatan, pastikan kamu membersihkan saluran air yang selalu digunakan setiap sebulan sekali.

Kamar mandi yang jarang digunakan, seperti di kamar mandi tamu atau kamar cadangan, dapat dibersihkan setiap tiga bulan.

Pembersihan saluran pembuangan air secara teratur menjaga pipa ledeng dalam kondisi prima dan menjaga saluran dalam kondisi prima.

Cara Menjaga Kebersihan Saluran Air Kamar Mandi Lebih Lama

membersihkan saluran air kamar mandi

Meskipun kita semua perlu membersihkan saluran air kamar mandi, ini mungkin bukan ide yang menyenangkan bagi beberapa orang. Sehingga kamu perlu menjaganya tetap bersih lebih lama agar waktu membersihkannya jauh lebih sedikit.

Untuk menjaga kebersihan saluran air kamar mandi lebih lama, ingatlah tips berikut ini:

  • Gunakan penangkap rambut atau jaring pembuangan yang mudah dilepas di atas penutup saluran air kamar mandi. Ini akan menangkap rambut sebelum masuk ke saluran pembuangan, mencegah saluran air tersumbat, dan mencegahmu dari selalu membersihkan saluran air setiap saat.
  • Jangan gunakan sabun mandi, sampo, atau kondisioner dengan partikel besar di dalamnya, seperti oatmeal atau bahan pengelupasan tebal lainnya. Bahan-bahan ini bisa tersangkut di saluran pembuangan dan menyebabkan penyumbatan. Jika kamu ingin menggunakan bahan-bahan yang cukup tebal, pastikan untuk membuang partikel yang tersisa di pipa dengan air panas selama satu menit.

Nah itulah beberapa informasi seputar cara membersihkan saluran air kamar mandi yang mampat, kapan harus rutin dibersihkan, dan cara agar menjaga kebersihan saluran air dalam jangka waktu yang lama.

Jika kamu masih kesulitan membuat saluran air mengalir, pastikan untuk segera menghubungi tukang ledeng setempat. Tukang ledeng yang berpengalaman, akan secara efektif mencari tahu masalah pada saluran air dan memperbaikinya dalam satu atau dua hari.

Leave a Comment