9 Tips Memilih Sofa untuk Ruang Keluarga Sempit, Tetap Nyaman dan Cantik

Ruang keluarga merupakan tempat terbaik untuk berkumpul dan bersantai bersama anggota keluarga tercinta. Sehingga setiap detailnya harus dipikirkan secara matang-matang agar keluarga dapat merasa nyaman.

Namun tak dapat dimungkiri, mempertimbangkan ide sofa untuk ruang keluarga sempit membutuhkan sedikit usaha daripada memilih sofa untuk ruang keluarga berukuran standar.

Menemukan sofa yang sesuai dengan dimensi ruangan adalah tantangan pertama, tetapi penting juga untuk mempertimbangkan dengan cermat desain, warna, dan model sofa.

Saat memikirkan sofa untuk ruang keluarga kecil, ingatlah bahwa barang ini akan menjadi perabot terbesar dan akan sangat menentukan gaya ruangan. Agar kamu tidak salah pilih, berikut 9 tips memilih sofa untuk ruang keluarga sempit dengan benar.

1. Jadilah strategis dengan posisi sofa untuk ruang keluarga

tips memilih sofa untuk ruang keluarga sempit

Ide pengaturan tempat duduk ruang keluarga yang umum adalah untuk tidak memepetkan sofa ke dinding, untuk mencegah ruangan terlihat lebih kecil.

Namun, di ruang keluarga kecil, sebenarnya tips yang satu ini sebaiknya dihindari. Karena ini jsutru dapat mengurangi jumlah ruang yang dapat digunakan, terutama di ruangan yang sudah sedikit.

Kamu perlu mencoba memaksimalkan ruang sebanyak mungkin dan kamu dapat melakukannya dengan menjaga furniture tetap menempel di dinding.

Namun sebagai pengecualian, kamu tidak perlu melakukan ini jika ingin menempatkan sofa di sudut ruangan. Kamu dapat menarik sofa berlengan dari dinding sedikit pada sudut, yang akan membuat ruangan terasa lebih nyaman.

2. Menandai area sofa yang akan digunakan pada ruang keluarga

tips memilih sofa untuk ruang keluarga sempit

Setelah kamu mengetahui berapa banyak ruang yang dimiliki, langkah selanjutnya adalah menandai di mana tepatnya kamu ingin meletakkan sofa untuk ruang keluarga. Untuk melakukan ini, kamu membutuhkan selotip.

Menandai area di lantai yang ingin kamu tunjuk untuk meletakkan sofa tidak hanya membantu, tetapi juga diperlukan jika kamu ingin menemukan ukuran dan bentuk sofa untuk ruang keluarga kecil yang ideal.

Untuk lebih membantu kamu dalam proses menemukan sofa untuk ruang keluarga yang ideal, mengunduh beberapa gambar sofa dengan gaya berbeda, beserta ukurannya, akan membantumu mengidentifikasi sofa yang tepat.

Ini berarti kamu memerlukan beberapa gambar sofa konvensional, sofa sectional, dan mungkin love seat jika menurutmu menggunakan furniture berukuran lebih kecil mungkin merupakan pilihan yang tepat untuk ruang keluarga kecil.

Seperti disebutkan sebelumnya, kamu juga harus meluangkan waktu untuk mencari tahu di mana penempatan sofa, agar tidak mengganggu sirkulasi dan aksesibilitas.

Ini mungkin mengharuskanmu untuk mencoba beberapa posisi untuk sofa, sebelum kamu menemukan posisi yang paling optimal.

Luangkan waktu dan cobalah berbagai kemungkinan saat menandai berbagai cara penempatan sofa, karena hal ini pada akhirnya ini akan menentukan suasana, aksesibilitas, dan tentunya estetika ruang keluarga.

3. Buat ruangan kamu lebih bermanfaat dengan sofa multifungsi

tips memilih sofa untuk ruang keluarga sempit

Furniture yang multifungsi adalah kunci untuk membuka potensi ruangan kecil.

Dari sofa penyimpanan hingga bangku kaki, meminimalkan jumlah perabot yang kamu butuhkan dan memaksimalkan kesempatan untuk menyimpan barang yang tidak gunakan setiap hari. Artinya kamu akan memiliki lebih banyak ruang untuk dinikmati.

Pertimbangkan apakah ruang tamu dapat memanfaatkan ide penyimpanan ruang tamu tambahan, atau tempat tidur sofa.

Sofa modular juga merupakan sofa untuk ruang keluarga sempit yang tepat, karena dapat disesuaikan dengan ukuran ruangan namun juga mudah dipindahkan untuk acara-acara ketika kamu membutuhkan lebih banyak ruang.

4. Memilih sofa yang berukuran besar

tips memilih sofa untuk ruang keluarga sempit

Ini mungkin terdengar tidak tepat ketika kamu memasukkan barang besar di ruang yang kecil. Tetapi di ruang keluarga yang kecil, kamu perlu pertimbangan yang matang untuk memilih ukuran sofa.

Meskipun kamu mungkin tergoda untuk memilih dua sofa kecil atau campuran sofa dan kursi kecil, ada baiknya mempertimbangkan untuk memilih satu sofa yang lebih besar.

Satu sofa besar akan membuat ruangan terasa jauh lebih tidak berantakan daripada beberapa perabot.

Namun, ini datang dengan beberapa peringatan. Jika kamu memilih sofa untuk ruang keluarga berukuran besar, pastikan kamu memilih desain yang akan mengisi ruang kecil, bukan membuatnya justru terlihat semakin sempit.

5. Mencari sofa dengan kaki yang terlihat

tips memilih sofa untuk ruang keluarga sempit

Di ruang keluarga yang berukuran kecil, mudah bagi kita untuk melupakan ruang vertikal yang tersedia. Kaki sofa adalah cara yang bagus untuk memanfaatkannya.

Dilansir dari idealhome.co.uk, memilih sofa dengan kaki yang terlihat, akan menipu mata untuk melihat lebih banyak lantai, membuat ruangan tampak lebih besar.

Kaki sofa adalah suatu keharusan di ruang kecil, dan disarankan untuk memilih kaki yang runcing dan elegan.

6. Menggunakan loveseat dengan lebar yang lebih dalam

tips memilih sofa untuk ruang keluarga sempit

Kamu mungkin tidak memiliki ruang yang luas di ruang keluarga, tetapi kamu masih dapat menciptakan pengalaman tempat duduk yang mewah dengan mencari sofa dengan lebar yang lebih dalam.

Misalnya love seat adalah jenis ide sofa terbaik untuk ruang keluarga kecil untuk bersantai. Dengan lebar yang dalam, membuat lebih banyak ruang untuk bersantai.

Tambahkan bantal kursi empuk yang nyaman, dan kamu akan mendapatkan area duduk yang nyaman dan sangat mengundang.

7. Bentuk sofa juga penting untuk dipertimbangkan

tips memilih sofa untuk ruang keluarga sempit

Kamu mungkin tidak menyadarinya, tetapi furniture memakan lebih banyak ruang daripada yang seharusnya.

Pada sebagian besar furniture konvensional, bentuk yang sering digunakan adalah persegi panjang atau persegi. Untuk menghemat ruang di ruang keluarga yang sempit, kamu bisa menggunakan sofa berbentuk lingkaran sebagai gantinya.

Sofa bundar memakan lebih sedikit ruang dengan menghilangkan tepi yang biasanya dimiliki sebagian besar furniture persegi. Contohnya adalah mengganti kursi empuk berbentuk kotak dengan kursi empuk bundar atau sofa persegi panjang dengan sofa bundar.

Meskipun sepertinya sofa bundar mungkin tidak memberikan dampak yang cukup besar, jika kamu menggunakannya untuk sebagian besar desain interior rumah, kamu akan melihat bahwa ruang keluarga yang kecil terlihat lebih luas.

Dilansir dari furnishingtips.com, mengganti furniture dengan ujung yang tajam dengan sudut membulat, juga akan menghasilkan tampilan yang bersih dan ramping untuk ruang keluarga yang kecil sekaligus memberikanmu lebih banyak ruang yang bermanfaat.

8. Ganti meja kopi dengan ottoman

tips memilih sofa untuk ruang keluarga sempit

Ottoman adalah furniture multifungsi, sehingga optimal untuk ruang keluarga kecil di mana setiap unit ruang lebih penting. Kamu bahkan dapat menggunakan bangku ini jika menginginkan penyimpanan tambahan di ruang keluarga kecil.

Bangku Ottoman membutuhkan lebih banyak ruang tetapi menawarkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar jika dibandingkan dengan bangku konvensional.

Ottoman tidak hanya memungkinkanmu untuk meletakkan benda di atasnya seperti meja kopi biasa, tetapi juga serbaguna.

Kamu dapat menggunakan ottoman sebagai pijakan kaki, tempat duduk, unit penyimpanan, atau hanya sebagai alternatif yang lebih kecil dan ringkas untuk meja kopi, jika ingin mencoba membuat lebih banyak ruang di ruang keluarga.

9. Motif jok juga memengaruhi ukuran ruang keluarga

tips memilih sofa untuk ruang keluarga sempit

Pemilihan motif jok yang tepat juga dapat menambahkan semburat warna pada skema warna netral, atau menciptakan drama pada ruang keluarga dengan konsep yang gelap.

Meski tidak semua orang menyukainya, motif berukuran besar bisa membuat aksen yang bagus tentang ide sofa untuk ruang keluarga kecil.

Jika kamu cenderung lebih suka pendekatan yang lebih halus, gunakan aksen ini pada perabot yang lebih kecil, seperti sofa satu orang atau gunakan pola skala kecil dalam nuansa netral sebagai alternatif dari kain polos.

Nah itulah 9 tips memilih sofa untuk ruang keluarga sempit dengan benar. Saat memilih sofa untuk ruang yang lebih kecil, pertama-tama pikirkan tentang pintu masuk ke ruangan tersebut, dan apakah akan muat melalui pintu.

Meskipun ini mungkin terdengar jelas, jika sofa tidak muat melalui pintu, maka kemungkinan besar sofa akan membuat ruangan sangat penuh. Selain itu, pastikan juga kamu tahu cara membersihkan sofa dengan tepat, agar tidak merusak area yang nyaman ini.

Leave a Reply

%d bloggers like this: