9 Tips Membuat Teras Belakang Rumah yang Nyaman

Memiliki teras belakang rumah yang nyaman merupakan impian dari setiap pemilik rumah. Teras belakang rumah tak hanya bisa dimanfaatkan untuk menanam tanaman atau menjadi tempat bermain anak. Tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat beristirahat dan kumpul keluarga.

Untuk menciptakan teras belakang rumah yang nyaman tak begitu sulit lho! Kamu bahkan bisa membuatnya nyaman tanpa melihat ukuran dari area terasnya itu sendiri.

Dengan bantuan beberapa aksesori dan furnitur cantik, teras rumahmu dapat memiliki tampilan baru yang akan menarik semua orang untuk beristirahat dan menghabiskan waktu di area tersebut. Ingin tahu bagaimana caranya?

Berikut ini DirumahKita.com telah merangkum 9 tips untuk membuat teras belakang rumah yang nyaman. Yuk ikuti tips-tipsnya di bawah ini!

1. Memiliki area duduk yang akrab dan nyaman

teras belakang rumah yang nyaman

Mulailah dengan memikirkan pengaturan tempat duduk di teras belakang rumahmu, dan gunakan furniture outdoor untuk menciptakan area yang akrab dan ramah. Untuk area teras yang cukup besar, kamu dapat menggunakan tempat duduk bangku built-in yang diatur berbentuk U.

Sedangkan untuk area teras yang lebih kecil, kamu dapat memanfaatkan karpet outdoor. Namun pastikan untuk benar-benar melihat apakah karpet yang digunakan bisa digunakan untuk area luar rumah.

Jika kamu tidak ingin menggunakan karpet, kamu dapat memiliki kursi outdoor yang diatur melingkari meja kopi. Cobalah untuk membeli kursi sedikit demi sedikit, untuk memastikan kamu tidak meletakkan kursi yang terlalu berdempetan dan menyulitkan pergerakan.

2. Memanfaatkan sudut teras yang nyaman

teras belakang rumah yang nyaman

Menggunakan area tengah teras memang paling bisa diandalkan untuk mendapatkan view dari segala area dengan baik, terlebih lagi kamu punya area luas untuk bergerak.

Namun coba pertimbangkan lagi jika teras belakang rumah dijadikan tempat untuk istirahat, sudut yang paling sederhana bisa menjadi tempat istirahat yang nyaman dengan sedikit perubahan.

Membuat tempat peristirahatan di samping dua dinding atau pagar yang berdekatan, misalnya, akan membuat kamu merasa terselip dan siap untuk me-time yang berharga.

Pada area teras, sofa daybed dapat ditata dengan menyatukan dua bangku dan menambahkan bantal besar sebagai alas yang nyaman.

Carilah bantal luar ruangan yang besar dan datar. Kamu bisa membelinya di toko offline maupun online. Ini tidak harus benar-benar pas dengan kursi, yang penting bisa membuatmu merasa nyaman.

3. Mendekorasi bangku taman menjadi area yang comfy

teras belakang rumah yang nyaman

Apakah kamu memiliki bangku taman yang sudah tua? Jangan dibuang ya! Karena kamu dapat mengubah satu bangku taman menjadi tempat yang mengundang untuk beristirahat. Di mana kamu dapat berbaring dengan secangkir teh, atau hanya dengan tidur di atasnya sambil memeluk beberapa bantal.

Jika kamu memiliki sudut untuk menyelipkan bangku taman di area yang terutupi itu akan menjadi lebih baik lagi. Sehingga kamu dapat menikmati teras rumah saat hujan atau cerah.

Dilansir dari houzz.com.au, mengecat bangku dengan warna pastel, seperti warna pink pastel adalah cara lain untuk meningkatkan faktor pesona di teras belakang rumah. Namun selalu ingat untuk memilih cat yang cocok untuk furniture outdoor.

4. Tak memerlukan furniture besar untuk menciptakan teras belakang rumah yang nyaman

teras belakang rumah yang nyaman

Jika kamu memiliki area teras yang tidak begitu besar, kamu tak perlu khawatir. Karena kamu sebenarnya tidak membutuhkan banyak furniture untuk menciptakan zona bersantai yang nyaman lho!

Dengan langkah-langkah yang simpel, kamu dapat membuat tempat peristirahatan yang nyaman. Misalnya hanya dengan menyebarkan beberapa bean bag, karpet, dan bantal.

Tak lupa juga, meja kopi dengan ketinggian rendah dapat bermanfaat untuk meletakkan minuman dan makanan ringan agar tidak mudah tumpah.

5. Buat furniture sendiri

teras belakang rumah yang nyaman

Suka bangku taman yang nyaman, tetapi tidak ingin menghabiskan ratusan atau jutaan rupiah untuk itu? Cobalah dengan membuat furniture sendiri!

Yup, tentu saja kamu tak perlu memiliki workshop sendiri untuk membuat beberapa furniture yang simpel. Misalnya kamu dapat mendaur ulang kayu palet tua untuk dijadikan kursi bersandar atau bangku.

Menariknya, sudah ada banyak tutorial online untuk membuat kursi dari kayu palet. Ingatlah untuk menghilangkan paku yang menonjol, lalu kreasikan palet kayu seperti yang diinginkan, dan pernis atau cat sesuai kebutuhan.

Sebagai sentuhan akhir, letakkan bantal diatasnya agar terasa nyaman. Atau pertimbangkan untuk membuat bantal versi DIY sendiri yaitu dengan menjahit kain, dan mengisinya dengan busa hingga mendapatkan ketebalan yang pas.

6. Pasang lampu gantung di area teras

teras belakang rumah yang nyaman

Setiap halaman belakang rumah umumnya sudah memiliki lampu untuk penerangan di malam hari.

Namun kamu bisa coba untuk menambahkan beberapa penerangan ekstra untuk membuatnya semakin tampak “ajaib”, dan memberikan kesan hangat serta nyaman.

Dengan adanya lampu gantung seperti fairy light/tumblr lamp, dapat mengubah waktu mengobrolmu bersama keluarga menjadi sebuah rutinitas yang lebih menghibur jiwa.

Beruntungnya lagi, saat ini ada banyak lampu cantik dan memiliki tenaga baterai. Sehingga kamu tidak perlu khawatir tentang di mana stopkontak listrik.

7. Pasang payung teras bila tidak memiliki ruang tertutup di teras

teras belakang rumah yang nyaman

Beberapa hal bisa membuatmu malas untuk menghabiskan waktu di teras belakang rumah, misalnya cahaya matahari yang terlalu terik atau hujan yang mengganggu. Jika kamu tidak memiliki ruang tertutup di teras, maka tidak ada yang lebih baik untuk membantu mengatasi masalah tersebut selain payung teras.

Tanpa kamu sadari payung teras tak hanya membuat terasmu menjadi lebih nyaman dan indah, namun mereka sangat berguna sebagai tempat berkumpul selama musim panas dan hujan. Payung dapat menjadi bagian besar dari kehidupan luar ruanganmu, baik itu di teras dan dek terbuka.

Untuk solusi yang lebih terjangkau kamu bisa memasang kain berbahan waterproof, seperti parasut atau bahan taslan baslon, pada bagian atas teras. Ikat di sudut dinding, dan pasang lagi satu tiang untuk menahan kain agar tidak jatuh

8. Menanam beberapa tanaman yang memberikan aroma segar

teras belakang rumah yang nyaman

Menanam bunga yang mampu mengeluarkan aroma memang menjadi hal yang paling tepat, jika kamu akan membuat teras belakang rumah yang nyaman. Dengan adanya bunga, teras akan menjadi lebih sempurna untuk meningkatkan suasana menjadi lebih tenang dan santai.

Beberapa pilihan bunga yang memiliki aroma harum adalah sebagai berikut:

  • Bunga terompet
  • Bunga melati
  • Bunga kemboja
  • Bunga honeysuckle
  • Bunga anyelir
  • Bunga kacapiring
  • Bunga mandevilla
  • Bunga chamomile
  • Bunga pukul empat
  • Bunga mawar
  • Bunga lily

Selain memberikan aroma yang harum, tanaman-tanaman di atas juga memberikan warna yang indah untuk teras belakang rumahmu.

9. Tambahkan tempat tidur gantung atau hammock

teras belakang rumah yang nyaman

Tips terakhir untuk membuat teras belakang rumah yang nyaman adalah dengan menambahkan tempat tidur gantung atau hammock, yang merupakan dekorasi klasik untuk ruang outdoor mana pun.

Untuk menciptakan ruang bersantai ini, yang kamu perlukan hanyalah dua tiang, pohon, atau bahkan hanya dinding untuk menggantung tempat tidur gantung. Kamu dapat mengambil ruang kosong di teras atau menggunakan dinding pagar privasi untuk menahan hammock.

Dengan adanya hammock, ini dapat menciptakan sudut relaksasi yang sempurna untuk teras belakang rumahmu.

Nah itulah 9 tips untuk menciptakan teras belakang rumah yang nyaman. Ternyata untuk membuat teras yang nyaman itu tidak sulit ya! Bahkan kamu bisa mendapatkannya dengan sedikit pengeluaran. Dengan menerapkan tips di atas, teras belakang rumah bisa menjadi tempat berkumpul favorit setiap anggota keluarga deh!

Leave a Reply

%d bloggers like this: