9 Cara Menghilangkan Rayap di Rumah, Ampuh dan Cepat

Kamu mungkin mengira bahwa cara menghilangkan rayap di rumah adalah hal yang paling sulit, bukan? Apalagi bila kamu telah menemukan tumpukan kecil debu kayu yang terkumpul di bawah sofa atau lemari.

Begitu hewan-hewan kecil ini menyerang rumah dan mulai memakan fondasi rumah atau perabotan kayu yang mahal, akan sangat sulit untuk menyingkirkannya, terutama karena ukurannya yang sangat kecil.

Salah satu alasan utama mengapa rayap sulit untuk dihilangkan adalah karena tidak dapat dideteksi, sampai akhirnya mereka melakukan kerusakan yang cukup besar dan membentuk koloni yang besar. Karena ribuan rayap hidup bersama di koloni-koloni ini, sangat sulit untuk membasminya tanpa bantuan profesional.

Jika kamu mendeteksi keberadaan rayap di rumah, maka kamu perlu segera melakukan beberapa tindakan untuk mengatasinya

Berikut ini dirumahkita.com telah merangkum 9 cara menghilangkan rayap di rumah. Yuk simak!1.

1. Menyingkirkan penyebab kelembaban berlebih

cara menghilangkan rayap

Cara menghilangkan rayap di rumah yang pertama adalah memastikan untuk menyingkirkan penyebab kelembaban ekstra.

Kelembaban adalah salah satu alasan utama yang menarik semua jenis hama termasuk rayap, ke dalam rumah. Maka, menyingkirkan kelembapan berlebih di rumah akan membantu mencegah rayap.

Negara tropis seperti Indonesia, dikenal dengan cuacanya yang lembab. Sehingga, pastikan kamu memiliki dehumidifier untuk menjaga kadar kelembaban udara di batas normal

Saat cuaca sedang terik-teriknya, kamu dapat menyalakan AC secara berkala di siang hari untuk mempertahankan suhu dingin di rumah dan menghilangkan kelembapan berlebih dari udara di dalam ruangan.

2. Perhatikan setiap lubang yang muncul di permukaan rumah

lubang rayap

Pastikan kamu selalu memerhatikan setiap lubang, keropos, atau pembusukan di rumah. Atap yang rusak dan dinding yang lembab, seringkali menjadi tempat yang sempurna bagi rayap untuk bertumbuh.

Maka itu, selalu lakukan inspeksi secara berkala, terutama di sudut rumah yang berisiko menjadi tempat tumbuhnya rayap. Kemudian selalu perbaiki dan tutup lubang segera.

Hindari mengabaikan lubang-lubang kecil. Karena tak menutup kemungkinan, lubang-lubang inilah yang pertama menarik hama.

Perhatikan juga ruangan yang paling dekat dengan taman. Ini bisa sangat mengundang, karena lebih dekat ke tanah dan memudahkan rayap menyerang ruangan itu.

3. Melakukan decluttering seisi rumah

decluttering

Meskipun kamu telah menyewa ahli profesional untuk mengatasi rayap atau kutu busuk, tetap penting untuk melakukan upaya decluttering di rumah.

Decluttering merupakan cara untuk menyingkirkan barang-barang tidak terpakai di rumah. Namun ini bukan berarti kamu membuang seluruh barang yang terlihat berantakan ya! Decluttering ini artinya menyortir atau memilah barang agar rumah tampak lebih rapi serta teratur.

Misalnya, berikan perhatian khusus pada kertas, karton, majalah dan koran bekas yang tidak berguna. Karena ini menyediakan lingkungan yang baik bagi hama seperti rayap untuk berkembang biak.

Kemudian jika salah satu kamar diserang rayap, pastikan untuk tidak pernah mengeluarkan barang-barang termasuk furniture yang disimpan di ruangan itu, ke ruangan lain rumah yang tidak terkena rayap.

4. Pastikan adanya jarak antara tanah pada pondasi atau furniture berbahan kayu

teras rumah

Cara menghilangkan rayap selanjutnya adalah, jika kamu memiliki taman di rumah, pastikan selalu ada jarak antara tanah pada pondasi atau furniture kayu. Dilansir dari Urbancompany.com, kebanyakan ahli percaya bahwa sangat penting mengatur jarak 45 cm dari tanah ke furniture kayu.

Ini akan membantu mencegah serangan rayap pada fondasi rumah dan furniture kayu. Kamu dapat menggunakan batu atau semen untuk memisahkan tanah dari pondasi atau furniture kayu terutama di teras, taman, dll. Secara langsung, ini membuat penghalang fisik bagi rayap.

5. Jangan biarkan kelembaban menumpuk di dekat pondasi atau furniture berbahan kayu

keran air

Rayap tertarik pada kelembaban dan lebih mungkin menyerang jika tanah di sebelah pondasi atau furniture selalu lembab. Inilah mengapa air harus dialihkan dengan selokan yang berfungsi dengan baik. Pastikan juga kamu selalu memeriksa keran, pipa, dan unit pendingin udara yang bocor, agar segera diperbaiki.

Perhatikan juga tanah di sebelah pondasi atau furniture kayu harus sedikit miring, sehingga air permukaan mengalir jauh dari bangunan.

Rumah dengan drainase yang buruk mungkin perlu memasang ubin atau saluran air. Sistem irigasi yang baik harus diperhatikan untuk meminimalkan genangan air di dekat fondasi.

6. Gunakan borat pada kayu sebelum melakukan priming atau pengecatan

 

finishing kayu

Bagi kamu yang belum tahu, borate adalah salah satu pencegah rayap yang paling populer. Kamu dapat menyemprotkan borat sebelum proses priming dan mengecat furniture kayu.

Cairan ini kemudian akan meresap ke dalam kayu dan pada dasarnya mencegah rayap menyerang dan menggigitnya. Setelah semprotan pencegah rayap ini mengering, kamu dapat melapisi dan mengecat furniture secara normal.

Cairan borat dapat kamu gunakan pada kusen jendela, pintu, furnitur, dll. Kabar baiknya lagi, cara menghilangkan rayap yang satu ini cukup kuat untuk mengusir rayap selama beberapa dekade lho!

7. Tempatkan barang yang terkena rayap di bawah sinar matahari

kursi teras

Ketika kamu menemukan rayap merusak perabot, jika memungkinkan, letakkan perabot tersebut di bawah sinar matahari langsung, setidaknya selama tiga hari berturut-turut. Strategi perlindungan rayap ini dapat bekerja dengan baik di cuaca panas karena rayap tidak tahan panas.

Dengan menempatkan furniture yang terkena rayap di bawah sinar matahari, panas akan membunuh rayap dan menghilangkan kelembaban berlebih dari furniture, sehingga mencegah kemungkinan rayap kembali.

Hal yang cerdas di sini adalah membersihkan perabotan secara menyeluruh dan menggunakan semprotan rayap di atasnya sebelum membawanya kembali ke dalam rumah.

Kamu tentunya juga bisa melakukan hal yang sama dengan barang-barang furniture yang tidak terkena rayap namun berisiko. Tujuannya untuk memastikan bahwa perabotan ini tetap bebas rayap.

8. Semprotkan minyak jeruk atau minyak nimba

membersihkan meja

Cara menghilangkan rayap di rumah lainnya adalah dengan menyemprotkan minyak jeruk atau minyak nimba. Minyak ini menghambat kemampuan rayap untuk berganti kulit dan bertelur. Akibatnya, minyak jeruk dan minyak nimba akan membunuh rayap dalam jangka waktu yang lebih lama.

Dilansir dari thisoldhouse.com, untuk pengusir rayap DIY, kamu perlu mencampurkan 0,47 Liter air dengan beberapa tetes sabun cuci piring. Kemudian tambahkan sekitar 10 tetes minyak jeruk atau minyak nimba ke air. Kocok campuran tersebut dalam botol semprot, dan semprotkan ke furniture kayu.

Namun perlu diingat bahwa metode ini bekerja lebih baik untuk rayap kayu kering daripada rayap tanah. Rayap kayu kering lebih mungkin menyerang furniture kayu keras atau hardwood. Sedangkan rayap bawah tanah lebih menyukai kayu lunak atau softwoods.

9. Menggunakan layanan pengendalian hama profesional

ahli desinfektan

Jika kamu telah melakukan beberapa cara di atas dan rayap yang terus kembali, pastikan untuk menghubungi perusahaan pengendalian hama profesional untuk menyelidikinya. Serangga ini dapat menghancurkan pondasi dan perabotan rumah dengan cepat.

Jika kamu menggunakan jasa pengendalian hama yang berpengalaman dan bereputasi baik, mereka akan tahu persis bagaimana menemukan titik masuk, mengidentifikasi koloni, dan membuat rencana perawatan.

Nah itulah 9 cara menghilangkan rayap di rumah, dengan ampuh dan cepat. Berurusan dengan rayap di rumah bisa jadi menakutkan, jika kamu tidak memiliki informasi yang tepat. Jadi jika kamu sedang mencari cara menghilangkan rayap di rumah, pastikan untuk memahami cara-cara di atas ya!

Semoga berhasil!

Leave a Reply

%d bloggers like this: