9 Benda di Ruang Tamu yang Harus Rutin Dibersihkan, Jangan Diabaikan Ya!

Benda di Ruang Tamu yang Harus Rutin Dibersihkan – Membuat rumah yang bersih adalah sebuah kewajiban yang harus dijaga setiap pemilik rumah dan keluarga yang menghuninya. Ketika kamu memiliki rutinitas membersihkan area-area di rumah, benda di ruang tamu tak boleh dilewatkan.

Meski menyapu dan mengepel bisa membuat permukaan ruang tamu tetap berkilau, tetapi mungkin ada beberapa hal penting yang kamu lewatkan. Walau kamu tidak melihatnya, tetapi debu dan bakteri suka berkumpul di beberapa barang yang paling sering digunakan di ruang tamu.

Usir kuman untuk selamanya di benda ruang tamu yang sering dilupakan. Benda apa sajakah itu?

Agar waktu bersih-bersih rumah semakin maksimal, kali ini Dirumahkita telah merangkum 9 benda di ruang tamu yang harus rutin dibersihkan. Yuk simak!

Benda di Ruang Tamu yang Harus Rutin Dibersihkan:

1. Remote

benda di ruang tamu yang harus rutin dibersihkan

Benda di ruang tamu yang harus rutin dibersihkan adalah remote TV. Ketika kamu memikirkan siapa saja yang memegang remote, maka kamu mungkin baru ingat betapa kotornya remote TV itu. Banyak orang menyentuhnya setiap hari, dan itu bukan barang yang biasanya ada dalam rutinitas pembersihan.

Sebelum membersihkan remote TV pastikan kamu sudah melepas baterai dari belakang. Kemudian kamu boleh menyeka permukaan dengan kain yang sedikit dibasahi dengan alkohol. Biarkan kering dulu dan ganti baterai.

Hal yang sama berlaku untuk remote apa pun, baik konsol video game anak-anak atau remote AC. Pikirkan saja semua sisa remah-remah camilan yang tertinggal di remote ketika kamu ngemil sambil menyaksikan televisi.

2. Bantal

benda di ruang tamu yang harus dibersihkan

Jika kamu merasa tidak perlu mencuci bantal, pikirkan lagi. Benda di ruang tamu yang harus rutin dibersihkan ini digunakan hampir sama seperti bantal di kamar tidur, bahkan mungkin lebih sering dipegang oleh banyak tangan.

Jauhkan keluarga dan tamu dari penumpukan bakteri dengan membersihkan bantal secara teratur. Jika kamu beruntung, kamu mungkin memiliki sarung bantal yang dapat dilepas dan dicuci bersama dengan sisa cucian lainnya.

Tetapi beberapa bantal yang dihias atau memiliki dekorasi khusus seperti bordir 3D, membutuhkan cuci manual dengan tangan. Perlu diingat juga bahwa setiap bantal berbeda, jadi selalu periksa label perawatan sebelum dibersihkan

3. Lampu

benda di ruang tamu yang harus dibersihkan

Memiliki lampu yang bebas debu bukan berarti bebas dari kuman lho! Saat membersihkan ruang tamu, jangan berhenti di dasar lampu saja.

Setelah kamu memoles permukaan luar dengan sempurna, lanjutkan dengan membersihkan sakelar lampu. Sebelum itu, pastikan lampu telah dicabut dari stop kontaknya. Kemudian, bersihkan dengan disinfektan yang aman dan biarkan kering.

Benda di ruang tamu ini memang kecil, tapi bisa menampung banyak kuman. Sama seperti gagang pintu atau kenop wastafel, perangkat keras ini disentuh oleh banyak tangan setiap hari.

4. Pemutar DVD dan sistem stereo

benda di ruang tamu yang harus dibersihkan

Benda di ruang tamu yang harus rutin dibersihkan selanjutnya adalah pemutar DVD dan sistem stereo, bahkan jika mereka ditempatkan di lemari tertutup, kamu tidak boleh melewatkan perangkat elektronik ini saat waktu bersih-bersih.

Pikirkan semua jari yang menyentuh tombol-tombol itu! Untungnya, perangkat yang satu ini mudah dibersihkan.

Mengelap sederhana dengan kain mikrofiber yang sedikit lembab akan berhasil. Pertahankan kebiasaan ini beberapa kali dalam sebulan, dan pusat hiburan keluarga akan terbebas dari debu dan sidik jari.

5. Meja ruang tamu

benda di ruang tamu yang harus dibersihkan

Seperti yang kamu tahu, kaki tidak diperbolehkan di atas meja dapur karena alasan yang jelas. Tetapi mengapa kita seringkali membiarkan diri menaruh kaki di meja ruang tamu saat menonton film?

Kaki yang kotor adalah alasan mengapa merapikan meja ruang tamu itu adalah pekerjaan pembersihan yang sangat penting. Sehingga cobalah untuk memperlakukan benda di ruang tamu yang satu ini seperti memperlakukan meja dapur.

Benda di ruang tamu yang harus rutin dibersihkan secara teratur dengan desinfektan. Dan bukan hanya bagian atas saja, seringkali tak disadari kita mengistirahatkan kaki yang kotor di sisi meja. Jadi pastikan untuk membersihkannya di sepanjang tepi meja ruang tamu.

6. Gorden

benda di ruang tamu yang harus dibersihkan

Dilansir dari bhg.com, benda di ruang tamu ini dapat menahan debu, bulu hewan peliharaan, hingga serbuk sari, jadi jangan mengabaikannya selama rutinitas pembersihan ruang tamu.

Luangkan waktu untuk melepasnya dari batang gorden dan memasukkannya ke dalam mesin cuci, kecuali jika terbuat dari kain yang harus dibersihkan dengan metode dry-clean, seperti sutra.

Jadi, selalu periksa label perawatan sebelum mencuci dan mengeringkan untuk hasil terbaik.

7. Kipas angin (langit-langit)

benda di ruang tamu yang harus dibersihkan

Meski kipas angin yang ditempelkan di langit-langit sulit untuk dijangkau, tetapi kamu akan merasa jijik ketika akhirnya melihat sekilas apa yang ada di bagian atas bilah kipas angin, gumpalan debu duduk diam, terutama selama bulan-bulan musim hujan.

Cegah mereka terbang di sekitar ruang tamu dengan membersihkan debu di sumbernya. Kain lap bergagang panjang yang dibeli dari toko perabotan atau offline dapat membantu kamu memudahkan tugas. Agar konsisten, selalu bersihkan kipas angin dua atau tiga minggu sekali.

8. Tanaman hias

benda di ruang tamu yang harus dibersihkan

Penyiraman bukan satu-satunya cara untuk merawat tanaman hias. Dekorasi dalam rumah ini bisa menjadi sarang debu tanpa perawatan yang tepat. Perhatikan daunnya saat kamu menyiramnya.

Ketika kamu melihat debu mulai terkumpul, bersihkan daun dengan kain yang sedikit lembab. Jangan lupa untuk membersihkan sepanjang potnya juga. Daun kamu akan terlihat lebih hijau dan sehat dari sebelumnya, kan!

9. Belakang tv

benda di ruang tamu yang harus dibersihkan

Kamu mungkin tidak menyadari betapa berdebunya bagian belakang TV sampai kamu melihat ke belakang untuk meraba-raba beberapa kabel yang salah tempat. Belakang TV adalah area yang menjadi magnet untuk para debu hingga serangga!

Bantu rawat kesehatan diri sendiri dan keluarga dengan membersihkan semua kabel dan kotak di belakang tv. Berhati-hatilah saat bekerja dengan elektronik. Sehingga, pastikan kamu sudah cabut semua kabel saat membersihkannya.

Sebaiknya lakukan ini setiap kali kamu menjadwalkan hari pembersihan normal, agar debu tidak sempat terkumpul.

10. Pajangan dan pigura foto

benda di ruang tamu yang harus dibersihkan

Benda di ruang tamu yang harus rutin dibersihkan adalah pajangan dan pigura foto.

Tak sedikit dari kita yang menyimpan kenangan indah melalui foto dan meletakkannya dalam pigura. Namun tanpa disadari, baik pigura yang diletakkan di meja atau di dinding, dapat menjadi sarang debu hingga sarang laba-laba.

Pajangan kesayanganmu juga dapat mengumpulkan debu bila tak dibersihkan secara rutin.

Untuk itu, gunakan kemoceng atau kain yang dilembabkan di sekitar bingkai. Untuk bagian kacanya, kamu bisa menyemprotkn pembersih kaca ke kain mikrofiber atau menggunakan segumpal koran dan bersihkan kaca.

Nah itulah 10 benda di ruang tamu yang harus rutin dibersihkan setiap saat. Meski terlihat sepele dan tidak penting, kamu mungkin akan menyadari betapa menakutkannya jika melihat berapa banyak debu dan bakteri di ruang tamu yang tersembunyi di benda-benda kecil.

Dengan menambahkan hanya lima menit lagi dalam jadwal pembersihan rutin, kamu akan merasa bisa bernapas jauh lebih bersih dan lebih aman. Jadi yuk pastikan agar kamu selalu membersihkan benda-benda rumah tangga ini!

Leave a Comment