8 Tips Feng Shui Akuarium di Rumah, Bisa Membawa Keberuntungan!

Tahukah kamu bahwa salah satu simbol penting dalam Feng Shui adalah ikan? Hewan ini telah lama menjadi lambang kemakmuran di Asia Timur.

Tak jarang ada banyak yang mengatakan bahwa memiliki kolam ikan di rumah dapat membawa keberuntungan, karena membawa simbol ikan dan air ke dalam lingkungan sekitar.

Namun jika tidak memungkinkan untuk memiliki sebuah kolam ikan, menggunakan akuarium di rumah juga bisa menjadi alternatif untuk membawa energi positif atau ‘Qi’ dari ikan ke dalam rumah lho!

Jika ingin rumah membawa keberuntungan bagi para penghuni rumah, kali ini Dirumahkita.com telah merangkum 8 Tips Feng Shui akuarium di rumah. Yuk simak tipsnya!

1. Ikan mas menjadi pilihan yang tepat untuk membawa kemakmuran

feng shui akuarium di rumah

Dilansir thespruce.com, secara tradisional ikan mas digunakan pada feng shui akuarium di rumah. Mereka menguntungkan karena beberapa alasan.

Pertama, mereka terhubung dengan kekayaan dan kemakmuran karena warna emas mereka. Kedua, ikan mas dikenal sangat beruntung dalam budaya Asia.

Ada lagi cerita bahwa di Cina kuno ada ikan mas ajaib dengan banyak kekuatan, kekuatan, dan daya tahan. Ikan mas ini mampu berenang ke hulu, melawan arus Sungai Kuning dan menaiki air terjun yang disebut Gerbang Naga.

Ketika ikan mas ini melompati Gerbang Naga, ia berubah menjadi naga ajaib. Oleh karena itu, ikan mas adalah pengingat bahwa kita juga dapat mengatasi rintangan besar dan menemukan kesuksesan.

Kita masing-masing memiliki kekuatan dan peluang ini dalam diri kita. Kita semua juga memiliki potensi untuk transformasi.

2. Memahami kebutuhan akuarium yang tepat

feng shui akuarium di rumah

Jika kamu memutuskan untuk mengundang energi positif ke rumah dengan akuarium, sangat penting untuk memastikannya tetap bersih dan ikan di dalamnya tetap sehat. Penting juga untuk memilih ukuran yang tepat untuk ruang, dan untuk jumlah ikan yang dimiliki.

Lakukan penelitian menyeluruh tentang bagaimana menjaga lingkungan akuarium untuk makhluk hidup di dalamnya. Akuarium yang kotor, sakit, dan terabaikan akan mengundang kebalikan dari kekayaan dan kelimpahan lho. Jangan sampai ya!

3. Jumlah ikan untuk Feng Shui Akuarium di Rumah

feng shui akuarium di rumah

Dalam Feng Shui, sembilan adalah angka yang paling menguntungkan dan lengkap. Jadi untuk menerapkan Feng Shui akuarium di rumah, cobalah memelihara ikan sebanyak sembilan ekor atau kelipatan sembilan.

Jika tidak memiliki cukup ruang, kamu juga dapat menggunakan lima (untuk lima elemen) atau hanya satu. Tiga mewakili awal yang baru dan keharmonisan keluarga, sedangkan dua dapat mewakili Yin dan Yang. Sepasang ikan adalah juga merupakan salah satu dari delapan simbol Buddha

Namun ingatlah hindari memiliki banyak ikan atau tangki yang lebih besar, jika kamu tidak dapat menangani atau tidak memiliki ruang untuk itu.

Yang paling penting adalah kamu memiliki tangki berukuran sesuai untuk jumlah ikan, ruang yang tersedia, dan waktu yang dimiliki untuk merawatnya. Bukan feng shui yang baik jika kamu memiliki ikan yang sakit di tangki kotor, terlebih lagi memakan terlalu banyak ruang.

4. Warna ikan yang perlu dimiliki untuk feng shui akuarium di rumah

feng shui akuarium di rumah

Sebelumnya kamu telah membaca bahwa warna keemasan pada ikan mas dapat membawa kemakmuran. Namun ikan mas berwarna hitam juga termasuk yang paling penting. Karena tujuannya adalah untuk menyerap energi negatif yang masuk ke rumah.

Selain itu, ikan mas hitam juga menjadi simbol perlindungan. Jika ikan mas hitam mati tanpa sebab yang diketahui, seperti air yang kekurangan oksigen, makan berlebihan, atau kekurangan makanan, diyakini bahwa ikan tersebut mati karena menyerap nasib buruk yang ditakdirkan.

Faktanya, banyak orang percaya bahwa jika ada ikan di dalam tangki mati tanpa alasan yang dapat dibenarkan, maka itu adalah bentuk pengorbanannya untuk menghindarkan si pemelihara dari nasib buruk yang menghadang.

5. Melihat lima elemen untuk menentukan tema akuarium di rumah

feng shui akuarium di rumah

Kemudian dalam Feng Shui akuarium di rumah, kamu perlu melihat ke lima elemen untuk memilih bentuk dan warna tema lingkungan akuarium yang digunakan.

Berikut bentuk akuarium dan elemen yang bisa kamu sesuaikan:

  • Mangkuk bulat bulat adalah elemen logam: Logam terhubung dengan presisi dan kegembiraan.
  • Tangki persegi panjang adalah elemen kayu: Kayu meningkatkan penyembuhan dan pertumbuhan.
  • Akuarium persegi adalah elemen tanah: Elemen tanah menstabilkan dan membumi.

Sedangkan, ini warna tema akuarium yang bisa kamu sesuaikan:

  • Tanah adalah warna-warna bersahaja seperti coklat, netral, dan kuning. Elemen tanah dapat mengundang stabilitas dan perawatan diri.
  • Logam berwarna putih, metalik, dan abu-abu. Elemen logam mendukung kegembiraan, efisiensi, dan akhir.
  • Air berwarna hitam dan biru sangat gelap. Elemen air terhubung dengan kebijaksanaan dan jalan hidup.
  • Kayu berwarna hijau, teal, dan biru. Elemen kayu mendorong pertumbuhan, kebaikan, dan fleksibilitas.
  • Api berwarna merah. Elemen api menginspirasi gairah, visibilitas, dan hati yang terbuka.

6. Mengenali lokasi terbaik untuk menempatkan akuarium Feng Shui di rumah

feng shui akuarium di rumah

Kamu dapat meluangkan waktu untuk merenungkan dan menyusun peta Feng Shui yang bagus di rumah. Setelah memilih satu area untuk dikerjakan, kamu dapat menempatkan akuarium di sana untuk meningkatkan energi.

Berikut beberapa saran area feng shui yang bagus untuk dipertimbangkan:

  • Area kekayaan (Xun): Jika kamu ingin bekerja dengan kekayaan dan kemakmuran, kamu bisa meletakkan aquarium di pintu masuk rumah.
  • Area karir (Kan): Kamu dapat meningkatkan feng shui akuarium di rumah, terutama di area kantor untuk menciptakan lebih banyak energi dan aktivitas dalam kehidupan profesional.
  • Area keluarga (Zhen): Meletakkan akuarium di area keluarga akan sangat membantu untuk menciptakan gerakan dengan memulai hal-hal baru dan lebih lancar dalam keharmonisan keluarga.

Perlu diingat untuk menghindari menempatkan akuarium dengan tujuan feng shui di kamar tidur. Hal ini karena bisa membawa energi buruk terutama pada hubungan suami istri.

Selain itu, perlu diketahui bahwa air dapat membawa elemen “dingin” sehingga diyakini bisa membuat hubungan pasangan suami istri menjadi dingin.

7. Segera ganti air dan mengeluarkan ikan yang mati

feng shui akuarium di rumah

Tips selanjutnya dalam Feng Shui akuarium di rumah, kamu tentu harus selalu mengeluarkan ikan mati dari tangki segera dan menggantinya sesegera mungkin.

Ada banyak praktisi feng shui yang memberi ikan mati mereka penguburan yang bagus dan mengucapkan doa atau mantra untuk mereka.

Dilansir dari aquacustomfishtanks.com, sudah menjadi rahasia umum bahwa ikan mas hitam lebih sering mati daripada ikan mas berwarna emas.

Ada beberapa penjelasan biologis, seperti ikan mas hitam memiliki penglihatan yang lebih buruk dan tidak dapat bersaing secara adil untuk mendapatkan makanan.

8. Selalu merawat dan menjaga kebersihan akuarium

feng shui akuarium di rumah

Menurut prinsip feng shui, menambahkan akuarium ke rumah adalah cara terbaik untuk menarik keberuntungan ke dalam rumah, terutama untuk keberuntungan, kelimpahan, dan kemakmuran.

Namun tak hanya sekadar memiliki akuarium saja lho, sangat penting bahwa akuarium feng shui:

  • Selalu bersih
  • Memiliki sirkulasi air beroksigen
  • Terpelihara dengan baik
  • Memiliki lingkungan yang menarik untuk ikan
  • Memiliki keseimbangan lima elemen feng shui: Air, kayu, api, tanah, dan logam (elemen bisa simbolis)
  • Diisi dengan ikan bahagia yang hidup di tangki bersih yang diberi makan dengan benar, sehat, dan mengedarkan energi positif

Aturan terpenting untuk akuarium adalah menjaga air tetap bersih. Jika air menjadi tergenang atau kotor, maka ikan tidak akan sehat atau bahagia.

Jenis akuarium yang tidak terawat ini menarik energi negatif (sha chi) yang justru dapat berdampak pada semua bidang kehidupan, terutama sektor kekayaan.

Nah itulah 8 tips Feng Shui akuarium di rumah, yang dipercaya dapat membawa keberuntungan. Akuarium adalah cara terbaik untuk mengundang energi positif ke interior rumah karena tidak semua orang memiliki kemampuan untuk memiliki kolam luar ruangan.

Akuarium yang terawat baik dapat menjaga kualitas ikan dan elemen air, sehingga dapat mengundang kelimpahan, keberuntungan, dan aliran Qi yang lancar. Pastikan kamu memahami jumlah perawatan yang dibutuhkan akuarium.

Jika kamu tidak yakin dapat merawat akuarium (memerlukan banyak perawatan), ingatlah kamu juga dapat memiliki karya seni bergambar di sekitar rumah untuk mendapatkan tujuan yang sama.

Leave a Reply

%d bloggers like this: