7 Langkah Mudah Membersihkan Nat Lantai dengan Tepat

Nat lantai yang kotor membuat area rumah dengan lantai ubin seperti dapur, kamar mandi, atau ruangan lain yang indah tidak sedap dipandang. Membersihkan nat lantai tepat waktu dapat menyelamatkanmu dari keharusan mengganti nat seluruhnya kedepannya.

Seringkali penyebab nat yang kotor karena lalu lintas pejalan kaki yang tinggi, selain itu misalnya penggunaan terus menerus dan terkena tumpahan di ubin dapur.

Setelah kamu mempelajari cara terbaik untuk membersihkan nat, maka pekerjaan ini akan menjadi lebih mudah dan nat ubin di rumahmu akan akan berkilau lagi seperti baru.

Berikut ini, dirumahkita.com telah merangkum 7 langkah mudah membersihkan nat lantai dengan tepat, serta informasi lainnya seputar membersihkan nat lantai. Baca sampai habis ya!

Alat dan Bahan yang Digunakan untuk Membersihkan Nat Lantai

langkah membersihkan nat lantai

Cara terbaik untuk membersihkan nat adalah mulai dengan bahan yang tidak terlalu menyengat seperti cuka dan soda kue. Jika ini tidak berhasil, tingkatkan cara pembersihan dengan memasukkan bahan abrasif ringan, pemutih klorin, dan pembersihan uap, hanya jika diperlukan.

Peralatan:

  • Sikat bulu nilon yang kaku
  • Mangkuk plastik bersih
  • Botol semprot kosong, bersihkan
  • Sendok
  • Sarung tangan lateks atau karet
  • Spons
  • Sikat gigi yang sudah tak dipakai lagi
  • Pembersih uap (steam)

Bahan:

  • Cuka putih
  • Soda kue
  • Produk pembersih pemutih oksigen
  • Pembersih dapur yang tidak menggores

PERINGATAN:

Mencampur cuka dengan pemutih akan menghasilkan gas klorin beracun yang bisa berakibat fatal. Jangan pernah mencampurkan kedua produk ini dalam keadaan apa pun, bahkan jika ruangan tersebut berventilasi baik.

Selain itu, jangan pernah mencampur soda kue dan cuka di dalam wadah tertutup. Ini akan menyebabkan wadah meledak. Saat membersihkan nat dengan pemutih klorin, lakukan hanya di ruangan yang berventilasi baik.

Cara Membersihkan Nat Lantai dengan Tepat:

1. Bersihkan dengan cuka dan air

langkah membersihkan nat lantai

Dalam botol semprot, campurkan cuka dan air keran hangat dan isi hingga setengahnya. Tambahkan sedikit sabun cuci piring. Kocok botol beberapa kali untuk mencampur dengan lembut. Jangan sampai tumpah.

Semprotkan larutan pada ubin dan diamkan selama 15 hingga 20 menit. Jangan biarkan larutan mengering. Gosok nat dengan kuat menggunakan sikat berbulu nilon. Segera bilas dengan air dingin yang bersih.

Jika air bilasan menjadi gelap, maka metode pembersihan ini berhasil dan kamu dapat melanjutkan pembersihan dengan metode ini. Jika tidak, lanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Bersihkan dengan baking soda, cuka, dan air

langkah membersihkan nat lantai

Jika cuka dan air saja tidak dapat membersihkan nat, lanjutkan dengan keduanya tetapi tambahkan bahan abrasif.

Soda kue bersifat abrasif ringan yang dapat membantu membersihkan noda nat. Tuang sekitar 1/4 cangkir soda kue ke dalam mangkuk. Perlahan tambahkan air dingin ke dalam soda kue sambil diaduk dengan sendok hingga terbentuk pasta kental.

Oleskan pasta ke nat dengan sikat gigi bekas. Dengan menggunakan larutan cuka/air dari langkah sebelumnya, semprotkan larutan ke bagian nat yang kotor.

Ketika campuran pasta berbusa, segera gosok dengan sikat nilon. Bilas dengan air dingin hingga bersih.

3. Bersihkan dengan hidrogen peroksida

langkah membersihkan nat lantai

Tambahkan sekitar 1/4 cangkir soda kue ke dalam mangkuk bersih. Perlahan tuangkan hidrogen peroksida untuk membentuk pasta kental.

Jangan lupa untuk mengenakan sarung tangan lateks, sebelum mengoleskan pasta ke nat ubin dengan sikat gigi. Gosok dengan sikat gigi atau sikat nilon yang lebih besar. Kemudian bilas dengan air bersih.

4. Bersihkan dengan pemutih oksigen

langkah membersihkan nat lantai

Jika metode sebelumnya masih tidak berhasil, bersihkan ubin secara menyeluruh dan ganti dengan produk pemutih oksigen. Sebelum kamu menggunakan pemutih oksigen, pastikan permukaan bersih. Kamu dapat menyapu dan mengepel dulu area yang akan dibersihkan natnya.

Semprotkan produk pemutih oksigen langsung ke nat ubin. Biarkan produk duduk di nat selama sekitar lima menit. Gosok nat dengan sikat. Bilas bersih dengan air dan biarkan mengering.

5. Bersihkan dengan pembersih dapur

langkah membersihkan nat lantai

Beberapa pembersih dapur non-klorinasi bersifat abrasif ringan, namun tidak menggores permukaan halus.

Dilansir dari forbes.com, serbuk kering ini menggunakan bahan dasar feldspar, garam, dan batu kapur yang ditumbuk halus, untuk menggosok kotoran, jamur, dan jamur dengan lembut.

Meskipun dirancang untuk tidak menggores permukaan ubin, selalu merupakan ide bagus untuk mengujinya terlebih dahulu di area ubin yang tidak mencolok di rumah.

Dengan sikat gigi, gosok nat ubin dengan campuran pembersih dan air seperti pasta. Cobalah untuk tetap berada di garis nat sebanyak mungkin. Kemudian bilas dengan air dingin.

6. Bersihkan dengan pemutih klorin

langkah membersihkan nat lantai

Produk dapur dan kamar mandi berbahan dasar klorin seringkali dapat membersihkan nat lantai.

Namun perlu diingat bahwa jenis produk ini dapat mengikis nat, jika kamu menggosok terlalu keras atau jika kamu terlalu sering membersihkannya dengan campuran ini. Selain itu, mencampur cuka dengan pemutih menghasilkan gas klorin beracun.

Jika kamu telah mengikuti langkah sebelumnya, kamu mungkin telah mengoleskan cuka ke ubin. Jadi, pastikan untuk membersihkan dan membilas ubin dengan air secara menyeluruh untuk menghilangkan semua sisa cuka.

Setelah bersih dari cuka, tambahkan sedikit pemutih klorin ke dalam mangkuk bersih. Basahi sikat gigi bekas dengan air. Celupkan sikat gigi ke dalam pemutih klorin untuk membuat pasta. Gosok nat dengan sikat gigi. Tetap bersihkan di nat sebanyak mungkin.

7. Bersihkan dengan pembersih uap

langkah membersihkan nat lantai

Jika kamu telah mencoba semua cara di atas namun masih tidak berhasil, maka kamu dapat mencoba membersihkan nat lantai dengan cara yang satu ini. Pembersih uap rumahan mungkin dapat membersihkan nat ubin. Pembersih uap mendidihkan air dalam tabung dan mengarahkan uap melalui selang ke permukaan ubin.

Biasanya diperlukan waktu sekitar 10 menit agar mesin menjadi panas. Setelah air mencapai titik suhunya, kamu memiliki waktu antara 30 dan 60 menit untuk membersihkannya sebelum kamu perlu mengisi ulang air.

Pembersih uap memiliki beberapa pilihan tipe pembersih, seperti nosel jet, nosel spons, dan beberapa ukuran sikat utilitas nilon. Jika nosel jet saja biasanya tidak cukup untuk membersihkan nat lantai, kamu perlu menggosok nat dengan salah satu sikat utilitas nilon.

Sebagian besar pembersih uap memiliki sikat utilitas bulu kuningan atau baja, pastikan kamu tidak menggunakan sikat bulu logam jenis apa pun pada ubin. Karena akan menggores ubin dan mencungkil nat. Tambahkan hanya air ke tabung pembersih uap.

Kapan Kita Harus Membersihkan Nat?

langkah membersihkan nat lantai

Nat ubin yang sudah sangat melekat dengan kotoran, jamur atau jamur seringkali tidak dapat dibersihkan. Jadi, pastikan kamu selalu membersihkan nat lantai segera setelah melihat perubahan warna. Ini dapat mencegah tugas yang lebih sulit dan mahal untuk mengganti nat.

Jika warna nat tampak seragam (seperti abu-abu), nat tersebut mungkin telah diwarnai selama pemasangan. Cat terkadang ditambahkan ke nat ubin untuk daya tarik estetika atau untuk mengurangi efek visual dari kotoran.

Jika kamu telah mencoba membersihkan nat lantai tanpa hasil, hubungi kontraktor pembersih ubin dan nat profesional.

Mereka akan menggunakan pembersih uap bertekanan tinggi dengan piringan pembersih untuk menahan tekanan dan meminimalkan percikan balik. Selang ekstraksi menyedot kotoran dan serpihan yang terlepas untuk mencegahnya mengotori kembali nat.

Nah itulah 7 langkah mudah membersihkan nat lantai dengan tepat. Meski terlihat sepele, menjaga kebersihan nat membuat rumah menjadi lebih bersih. Ubin di rumah pun juga tetap cantik meski memiliki tingkat lalu lintas yang tinggi.

Leave a Reply

%d bloggers like this: