6 Tips Praktis Menghilangkan Bau Bangkai Tikus di Rumah

Menghilangkan bau bangkai tikus di rumah adalah tantangan tersendiri bagi para pemilik rumah.

Tikus adalah hewan pengerat jahat yang dapat dengan mudah menyelinap ke dalam rumah dan bereproduksi, memakan makanan, hingga menyebarkan bakteri.

Terlebih lagi ketika tikus mati, baik itu di dinding atau tempat lain yang sulit dijangkau, seperti di loteng atau atap.

Tidak hanya bau tikus mati yang sulit ditahan, tetapi juga baunya yang bertahan selama berbulan-bulan. Untuk mengatasinya, berikut Dirumahkita.com telah menyiapkan 5 tips praktis menghilangkan bau bangkai tikus di rumah.

Yuk simak!

1. Mengenali ciri-ciri bau tikus mati

menghilangkan bau bangkai tikus

Bau tikus yang mati adalah bau daging yang membusuk. Itu tidak salah lagi dan merupakan tanda yang paling jelas bahwa rumah memiliki masalah aroma tak sedap.

Bau tikus mati juga menjadi bau yang khas sehingga pasti tidak dapat kamu lupakan.

Setelah hewan pengerat mati, bakteri memicu proses pembusukan. Saat jaringan rusak, berbagai bahan kimia dilepaskan, yang berarti kekuatan bau akan menjadi lebih buruk sebelum menjadi lebih baik.

Memiliki tikus mati di dalam rumah merupakan ancaman serius bagi kesehatan, karena meningkatkan risiko penyakit.

Itu juga bisa menarik hama lain dan mereka bisa membawa tungau tikus. Jumlah lalat yang luar biasa banyak di dekat ventilasi, dinding, atau area spesifik lain di rumah bisa menjadi indikator lain bahwa ada tikus mati di dekatnya.

2. Temukan lokasi kemungkinan tikus mati

menghilangkan bau bangkai tikus

 

Mengikuti bau busuk adalah strategi yang baik, namun tidak selalu mungkin untuk mengisolasi sumber utama. Oleh karena itu, ada baiknya memiliki pengetahuan dasar tentang di mana hewan pengerat ini suka menetap di sebuah rumah.

Tikus lebih suka bersembunyi dan bersarang di bagian-bagian properti yang terisolasi, serta menyediakan tempat berlindung yang baik dan akses mudah ke makanan.

Ini juga berarti bahwa tempat itu merupakan tempat yang paling mungkin di mana tikus bisa mati.

Selain memercayai indra penciumanmu, periksa juga:

  • Garasi
  • Void rumah
  • Loteng
  • Ruang bawah atap
  • Rongga dinding (jika memungkinkan)
  • Ruang di bawah lantai

3. Membuang tikus mati

menghilangkan bau bangkai tikus

Sangat penting untuk menghilangkan bau bangkai tikus, jika tidak maka akan terus bertahan dan bisa menjadi lebih kuat dari waktu ke waktu.

Namun, proses pemindahan tikus mati tidak selalu sederhana dan aman untuk dilakukan sendiri. Hal ini karena tikus tidak selalu mati di tempat yang mudah dijangkau.

Hewan pengerat ini sering merayap ke dinding, ventilasi udara, atau lubang langit-langit, dan mati di sana.

Ini membuat segalanya menjadi lebih rumit, karena tidak hanya sulit untuk membuang tubuh tikus yang mati, tetapi kamu mungkin juga harus membuat lubang dan memperbaiki dinding sesudahnya.

Kabar baiknya adalah terkadang bangkainya mudah dijangkau. Namun demikian, ingatlah bahwa kamu TIDAK HARUS menyentuh hewan pengerat mati dengan tangan kosong atau mendekati dan menanganinya tanpa perlindungan.

Kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk proses menghilangkan bau bangkai tikus yang aman:

  • Kenakan sarung tangan karet dan masker respirator untuk perlindungan. Mengenakan pakaian pelindung adalah ide yang sangat bagus, jika tidak, kamu harus membuang pakaian, karena dapat terkontaminasi bakteri dan mencucinya tidak selalu menghilangkan yang terakhir sepenuhnya.
  • Gunakan kantong ziplock untuk mengumpulkan dan menyingkirkan hewan mati dengan aman.
  • Disinfeksi seluruh area dengan larutan pemutih dan air rumah tangga. Kamu dapat membersihkan lebih dari sekali untuk memastikan semua bakteri hilang.
  • Kumpulkan dan buang sarung tangan beserta pakaian, spons, atau alat lain yang digunakan untuk membersihkan.
  • Cuci tangan dengan baik atau mandi air panas dan membersihkan seluruh tubuh dari kemungkinan bakteri yang menempel.

4. Menghilangkan bau bangkai tikus dengan bahan rumah tangga

menghilangkan bau bangkai tikus

Beruntung bagi pemilik rumah, beberapa produk rumah tangga dapat digunakan untuk membantu menghilangkan bau tikus mati. Dilansir dari honorservices.com, berikut adalah produk rumah tangga yang dapat menghilangkan bau bangkai tikus:

  • Bubuk soda kue

Bahan dapur rumah tangga sangat bagus untuk menghilangkan bau bangkai tikus di rumah seperti itu.

Pertama, campur soda kue dengan air dan memasukkan larutan ke dalam botol semprot. Kemudian semprotkan ke area tempat ditemukannya tikus mati.

  • Cuka

Cuka bertindak sebagai pewangi alami. Itu juga bisa menghilangkan bau bangkai tikus, seperti bagaimana cuka bisa menarik agas di rumah.

Menempatkan berbagai cangkir cuka di sekitar rumah dapat membantu. Setelah berhasil menghilangkan bau bangkai tikus, kamu dapat mengangin-anginkan rumah  dan menyegarkan tempat itu.

  • Arang

Menggunakan briket arang alami akan menghilangkan bau bangkai tikus tersebut. Karbon dalam arang akan menarik bau busuk dari udara dan menjebaknya dalam briket batubara.

  • Disinfektan komersial

Membersihkan lantai kayu membutuhkan produk yang berbeda dibandingkan jika kamu membersihkan ubin keramik. Dalam hal ini, memilih produk yang tepat itu penting.

Baca semua label pada produk desinfektan sebelum menggunakannya di lantai dan dinding rumah.

  • Pemutih/bleach

Pemutih atau bleach akan membasmi bakteri apa pun dan membersihkan area yang terkontaminasi.

Mencampur sepuluh bagian air dengan satu bagian pemutih, dan menyeka area di mana bangkai tikus ditemukan adalah semua yang dibutuhkan.

4. Sediakan ventilasi yang baik

menghilangkan bau bangkai tikus

Setelah menghilangkan bau bangkai tikus, biarkan udara segar masuk. Buka jendela sebanyak-banyaknya dan biarkan terbuka selama mungkin untuk menjaga sirkulasi udara tetap konstan. Jika kamu memiliki kipas angin, maka nyalakan.

Manfaatkan perangkat penyerap bau apa pun. Penyegar dan pewangi udara, serta lilin dan penyebar minyak esensial, juga bisa berguna.

Minyak peppermint, misalnya, dapat melakukan lebih dari sekadar membantu menghilangkan bau tikus mati. Namun juga merupakan pengusir tikus alami.

Perlu diingat, bahwa minyak dan penyegar udara hanya akan menutupi baunya. Namun pembersih enzim mampu menghilangkan noda dan bau urine secara efektif.

Jika kamu lebih suka metode alami untuk menghilangkan bau hewan pengerat yang mati, maka cobalah.

5. Mencegah bau bangkai tikus kembali datang

menghilangkan bau bangkai tikus

Kamu dapat menyelamatkan diri dari bau bangkai tikus ini jika kamu mengenali dan bertindak dengan tanda-tanda pertama serangan tikus di rumah.

Suara garukan, kotoran coklat yang menyerupai butiran beras, atau bekas gigitan yang aneh hanyalah beberapa di antaranya.

Dengan memberantas ‘penyusup’ sedini mungkin, kamu tidak hanya akan menurunkan kemungkinan adanya tikus mati di suatu tempat di rumah, tetapi kamu juga akan melindungi kesehatan diri sendiri dan keluarga.

Berapa Lama Bau Bangkai Tikus Bertahan?

menghilangkan bau bangkai tikus

Dilansir dari fantasticservicesgroup.com.au, bau bangkai tikus bisa memakan waktu hingga satu bulan agar tikus mati benar-benar membusuk, yang akan mengakhiri bau tak sedap.

Namun, kelembapan, suhu, dan lokasi menjadi faktor yang juga berperan. Juga, semakin besar ukuran hewan, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk membusuk.

Kelembaban yang lebih tinggi dan cuaca yang lebih hangat akan meningkatkan intensitas bau busuk.

Meski begitu, jangan terlalu khawatir karena selama sumber masalahnya sudah hilang dan areanya bersih, baunya lama kelamaan akan hilang.

Nah itulah 6 tips praktis menghilangkan bau bangkai tikus di rumah. Ketika kamu merasa atau menemukan bangkai tikus di rumah, tetap disarankan untuk menghindari mengeluarkan tikus mati sendiri.

Hal ini karena tikus dapat menyebarkan penyakit berbahaya, termasuk demam gigitan tikus, yang ditularkan melalui urin atau sekresi tubuh hewan dan dapat menyerang manusia dan hewan peliharaan.

Demi keselamatan diri sendiri dan keluarga, sebaiknya serahkan hal ini kepada ahli pengendalian hama bersertifikat.

Leave a Reply

%d bloggers like this: