5 Cara Mudah Membersihkan Toilet di Rumah, Bebas dari Kuman!

Membersihkan toilet atau WC bisa menjadi pekerjaan rumah tangga yang sangat tidak menarik. Tapi itu perlu dilakukan, dan itu perlu dilakukan dengan baik. Bagaimanapun, wc dan kamar mandi bisa menjadi tempat yang dipenuhi kuman.

Meskipun tidak rumit, membersihkan toilet mungkin saja salah. Percaya atau tidak, sebenarnya ada cara yang tepat untuk membersihkan toilet, dan metode yang tepat akan membantu memastikan kamu dapat menghilangkan bakteri dan virus yang mungkin berkembang biak di sana.

Teknik pembersihan yang tepat juga tak hanya akan memberimu hasil yang luar biasa, tetapi juga menghemat waktu dan energi.

Untungnya, membersihkan toilet dengan cara yang tepat bukanlah tugas yang sulit untuk dikuasai, dan kamu mungkin sudah memiliki semua perlengkapan yang dibutuhkan.

Berikut Dirumahkita.com telah merangkum cara mudah membersihkan toilet di rumah agar bebas dari kuman. Yuk simak!

Mengapa Toilet Perlu Dibersihkan?

 

Mungkin membersihkan toilet bukan hal yang mengherankan lagi. Pernahkah kamu masuk ke kamar mandi yang kotor, bau dan membuatmu merasa seperti dipenuhi kuman? Sebenarnya, kamar mandi bisa menjadi salah satu area paling tidak bersih di rumah.

Membersihkan dan mensanitasi toilet secara teratur dapat menghilangkan kuman dan patogen lain dari area tersebut. Ini juga akan mengurangi penularan beberapa penyakit.

Influenza adalah contoh utama penyakit yang dapat ditularkan dari orang ke orang akibat saling menyentuh permukaan toilet. Sehingga, selain membuat toilet berbau segar, membersihkan toilet juga membuatmu dan keluarga tetap sehat.

Apa yang Kamu Butuhkan:

membersihkan toilet di rumah

Sebelum mulai membersihkan toilet, kamu harus memastikan memiliki persediaan yang diperlukan. Jangan khawatir, kamu mungkin sudah memiliki sebagian besar peralatan dan bahan yang dibutuhkan ini:

  • Pembersih toilet komersial (opsional)
  • Bubuk soda kue
  • Asam sitrat
  • Minyak esensial
  • Cuka putih
  • Sikat
  • Kain lap
  • Air hangat
  • Sabun cuci piring
  • Botol semprotan
  • Kacamata pengaman
  • Sarung tangan latex

Cara Membersihkan Toilet dengan Benar:

Setelah kamu menyiapkan peralatan dan bahan yang diperlukan, ikuti langkah membersihkan toilet dengan benar di bawah ini:

1. Kumpulkan persediaan dan siapkan area

membersihkan toilet di rumah

Mulailah dengan menyingkirkan segala sesuatu dari sekitar toilet. Karena membersihkan toilet bisa menjadi pekerjaan yang berantakan, dan selalu ada kemungkinan memercikkan pembersih atau air ke luar toilet.

Cegah pembersihan ekstra dengan membuang semua barang berlebih dari sekitar toilet dan pada tutup tangki. Jangan lupa untuk memindahkan barang apa pun di atas tangki toilet untuk mencegah barang jatuh ke dalam mangkuk selama pembersihan.

2. Gunakan pelindung

membersihkan toilet di rumah

Kenakan pelindung mata sebelum membersihkan toilet. Sebagian besar produk pembersih memiliki pemutih dan bahan kimia lain yang dapat mengiritasi atau merusak mata. Sehingga pelindung mata tak hanya akan mencegahmu, memerciki air toilet, namun juga dari pembersih.

Kamu juga perlu menggunakan sarung tangan karet pelindung atau sarung tangan lateks untuk mencegah kontak dengan tangan. Setiap kali menyiram toilet, pastikan untuk tetap menutup toilet agar mencegah percikan.

3. Bersihkan mangkuk toilet

membersihkan toilet di rumah

Langkah pertama dalam membersihkan toilet adalah membersihkan mangkuknya. Gunakan pembersih toilet untuk menyiram bagian dalam mangkuk, gosok dengan sikat, dan biarkan meresap.

Jika kamu lebih suka membuat pembersih toilet sendiri daripada membelinya, buatlah sendiri dengan menggabungkan 1/2 cangkir soda kue dengan 2 sendok makan asam sitrat dan beberapa tetes minyak esensial.

Tuangkan campuran ini ke seluruh bagian dalam mangkuk toilet, lalu perlahan tuangkan dua cangkir cuka putih ke atas campuran soda kue. Gosok cuka dan biarkan selama kamu melanjutkan pembersihan.

4. Bersihkan bagian luar toilet

membersihkan toilet di rumah

Sementara pembersih mangkuk sedang bekerja, mulailah membersihkan bagian luar toilet. Gunakan kain lembab untuk menyeka debu dan kotoran. Lalu, jika ingin, semprot bagian luar dengan disinfektan.

Setelah kotoran di permukaan toilet dibersihkan, isi botol semprot dengan air hangat dan beberapa tetes sabun cuci piring. Semprotkan bagian luar toilet dengan larutan pembersih ini.

Berhati-hatilah ketika masuk ke bawah dan di sekitar tutup toilet. Bersihkan semuanya dengan kain bersih.

Saat membersihkan bagian luar toilet, bersihkan dudukan toilet terakhir dan segera buang lap, atau gunakan lap yang berbeda. Pastikan kamu menggunakan lap yang berbeda hanya untuk membersihkan dudukan toilet. Ini membuat area tetap aman dan sehat.

5. Kembali bersihkan mangkuk toilet

membersihkan toilet di rumah

Setelah bagian luar telah bersih, saatnya kembali ke mangkuk toilet. Sekarang setelah pembersih toilet bekerja dengan benar, siramlah dengan air bersih.

Kamu mungkin perlu menyiram toilet beberapa kali atau membawa sikat gosok ke pembersih kering untuk menghilangkan larutan pembersih sepenuhnya.

6. Bersihkan bagian tangki toilet

membersihkan toilet di rumah

Tangki toilet dapat menampung endapan mineral, dan kotoran, sehingga perlu dibersihkan sesekali. Untuk melakukan ini, buka tutup tangki dan periksa bagian dalam apakah ada penumpukan kotoran di dinding tangki yang mungkin akan terlihat berwarna karat.

Jika terlihat kotor, tuangkan 4-6 cangkir cuka putih ke dalam tangki, tergantung seberapa banyak pembersihan yang diperlukan. Biarkan cairan ini bekerja dari satu jam hingga semalaman. Setelah waktu ini berlalu, siram toilet beberapa kali untuk menghilangkan campuran air cuka.

7. Bersihkan tempat tersembunyi

membersihkan toilet di rumah

Sebelum kamu selesai membersihkan toilet, pastikan kamu tidak melewatkan titik apa pun.

Tempat-tempat yang sering terlupakan termasuk mangkuk toilet di bawah tepi toilet, engsel di belakang dudukan toilet, dan pinggiran dan punggungan tempat pipa toilet menyentuh lantai.

Beberapa area ini khususnya dapat menampung banyak debu dan kotoran, jadi jangan lewatkan mereka.

8. Bersihkan area sekitar toilet

membersihkan toilet di rumah

Untuk menyelesaikannya, bersihkan tetesan pembersih atau air yang mungkin menetes di area sekitar toilet. Kemudian singkirkan peralatan dan sampah.

Ganti atau buang lap yang kamu gunakan untuk membersihkan bagian mangkuk atau di sekitar toilet.

Sekarang juga saat yang tepat untuk mengepel lantai di sekitar toilet dengan cepat, yang mungkin juga kotor atau terpercik air.

Seberapa Sering Kamu Harus Membersihkan Toilet?

membersihkan toilet di rumah

Tidak mengherankan bahwa toilet dapat menampung kuman dan bakteri seperti beberapa hal lain di rumah. Jadi toilet harus dibersihkan secara teratur.

Dilansir dari mydomaine.com, direkomendasikan untuk membersihkan toilet setiap minggu. Namun jika kamar mandi digunakan oleh banyak orang dan sering digunakan, pertimbangkan untuk membersihkannya dua kali seminggu.

Cara Menjaga Toilet Bersih Lebih Lama

membersihkan toilet di rumah

Toilet akan jauh lebih mudah dibersihkan jika dibersihkan secara teratur, jadi cobalah untuk membersihkan toilet secara rutin baik setiap minggu atau dua minggu sekali.

Hal lain yang dapat kamu lakukan untuk menjaga toilet agar terjaga kebersihannya lebih lama adalah dengan menggunakan tablet pembersih toilet.

Tablet pembersih toilet ini diletakkan di dekat tepi mangkuk toilet. Mereka bekerja melepaskan zat pembersih setiap kali toilet disiram, sehingga memberikan pembersihan yang cepat setiap kali digunakan.

Nah itulah tujuh langkah mudah membersihkan toilet di rumah. Pastikan kamu rutin membersihkan toilet agar kamar mandi selalu bersih dan kesehatan selalu terjaga dengan baik.

Leave a Reply

%d bloggers like this: