5 Cara Mudah Membersihkan Furniture Kayu dengan Tepat, Anti Gagal!

Hampir setiap rumah memiliki perabot yang terbuat dari atau beraksen kayu. Sebagai elemen alami, kayu menghadirkan kehangatan dan keserbagunaan pada hampir semua gaya desain interior.

Furniture kayu dikenal tahan lama dan mudah dirawat, tetapi perlu dibersihkan secara memadai untuk mempertahankan penampilannya.

Jika tak dibersihkan, debu yang terkumpul di sisi-sisi furniture bersifat abrasif. Inilah mengapa, penting sekali untuk membersihkan kayu dengan lembut untuk menghindari goresan pada permukaan furnitur kayu. Debu yang terkumpul juga dapat menampung tungau debu mikroskopis atau serangga mirip laba-laba.

Dalam membersihkan furniture kayu, bisa memakan waktu lima menit atau satu jam. Waktu yang dibutuhkan ini tergantung pada berapa banyak kayu yang kamu miliki di rumah.

Agar furniture kayu untuk terjaga penampilannya dan kekuatannya, berikut Dirumahkita.com telah menyiapkan informasi seputar cara membersihkan furniture kayu dengan tepat dan anti gagal.

Mengapa Furniture Kayu Harus Dibersihkan dengan Rutin?

membersihkan furniture kayu dengan tepat

Dilansir dari kashmirobserver.net, furniture berkualitas baik dapat bertahan seumur hidup. Namun, betapa pun bagusnya kualitas kayu, tetap rentan terhadap abrasi, goresan, dan keausan, karena penggunaan yang terus-menerus.

Oleh karena itu, sangat penting untuk merawat furniture kayu serutin mungkin. Saat kamu membeli furniture kayu, setiap produsen memberikan instruksi pembersihan dan perawatan pada furniture tertentu.

Sehingga kamu harus memperhatikan dan mengikuti proses seperti yang diinstruksikan.

Jika kamu tidak diberikan instruksi pembersihan dan perawatan, berikut ini ada beberapa langkah membersihkan furniture kayu secara umum yang bisa kamu ikuti. Yuk coba!

Alat dan Bahan yang Diperlukan untuk Membersihkan Furniture Kayu

membersihkan furniture kayu dengan tepat

Sebelum membersihkan furniture kayu, berikut adalah alat dan bahan yang kamu perlu siapkan terlebih dahulu:

  • Kain mikrofiber
  • Masker wajah penahan debu
  • Kemoceng
  • Kain katun atau handuk kertas
  • Ember
  • Spons
  • Sarung tangan karet
  • Kain lap
  • Bola kapas
  • Air
  • Cairan pencuci piring
  • Kantong teh
  • Mineral terpentin/mineral spirits

Cara Membersihkan Furniture Kayu dengan Tepat

Setelah kamu mengumpulkan bahan-bahan di atas, kini kamu dapat membersihkan furniture kayu. Lakukan pembersihan rutin setiap hari, dan pembersihan mendalam satu kali dalam 3-4 minggu. Berikut caranya:

1. Segera membersihkan tumpahan air di atas furniture kayu

membersihkan furniture kayu dengan tepat

Gunakan handuk kertas atau kain lembut untuk segera menghilangkan tumpahan cairan dan kondensasi dari minuman.

Untuk kotoran yang lengket, celupkan kain ke dalam air biasa dan peras hingga sedikit lembap. Bersihkan kotoran dan segera gunakan kain mikrofiber kering untuk mengkilat kayu kembali bersinar.

2. Membersihkan debu secara teratur

membersihkan furniture kayu dengan tepat

Gunakan kain mikrofiber atau kemoceng untuk menghilangkan debu di atas furniture kayu. Jika kamu sensitif terhadap debu, kenakan masker debu dan pertimbangkan untuk menggunakan kain lembab untuk membersihkan debu daripada kemoceng.

Setelah membersihkan debu, gunakan kain katun lembut untuk menggosok permukaan, menghilangkan noda, dan membuatnya lebih bersinar. Jangan lupa bersihkan juga bagian kaki furniture, lengan, dan penyangga kayu yang lebih kecil.

3. Hapus kotoran berat

membersihkan furniture kayu dengan tepat

Jika furniture kayu telah disimpan atau telah didiamkan selama beberapa waktu, campurkan satu sendok teh larutan sabun cuci piring dengan dua liter air dalam ember atau wadah.

Celupkan spons atau kain lembut ke dalam larutan dan peras sampai sedikit lembab. Bersihkan permukaan furniture dengan spons perlahan sampai kotoran dan debu terangkat.

4. Membuat cairan dari teh hitam (Pembersihan mendalam)

membersihkan furniture kayu dengan tepat

Dilansir dari Thespruce.com, tanin atau asam tanat yang terdapat dalam teh dapat mengatasi penumpukan lilin pada kayu. Untuk menerapkannya kamu dapat menyeduh dua kantong teh hitam dalam dua cangkir air panas.

Saat teh dingin, celupkan kain lembut/bola kapas/kapas ke dalam larutan dan peras sampai lembab. Mulailah dari bagian atas furniture kayu dan lap perlahan ke arah serat kayu.

Bilas kain dengan air biasa untuk menghilangkan kotoran yang menempel, dan peras. Kemudian basahi kembali dengan larutan teh, peras, dan lanjutkan mengelap.

Akhiri dengan mengeringkan setiap bagian yang dibersihkan dengan kain lembut, dan kini furniture kesayanganmu akan kembali bersinar.

5. Bersihkan furniture kayu dengan mineral spirits (Pembersihan mendalam)

membersihkan furniture kayu dengan tepat

Selain membersihkan furniture kayu dengan teh hitam, kamu juga bisa menggunakan mineral spirits atau terpentin. Cairan ini adalah distilat minyak bumi yang digunakan untuk mengencerkan cat berbasis minyak dan membersihkan noda dan pernis untuk menghilangkan penumpukan lilin.

Untuk menggunakannya, pastikan kamu telah mengenakan sarung tangan dan perlengkapan pelindung saat menggunakan produk, dan bersihkan furniture di ruang yang berventilasi baik.

Tuangkan cairan sedikit pada lap dan bersihkan perabotan mengikuti serat kayu. Pindahkan ke area lap bersih saat kotoran berpindah. Akhiri dengan mengelap furniture kayu dengan kain kering yang lembut

Membersihkan Furniture Kayu Berdasarkan Penyebab Nodanya

Ketika lima cara di atas tidak membantu menghilangkan noda pada furniture kayu, mungkin kamu harus mengetahui apa penyebab dari noda tersebut, dan menggunakan cara pembersihan yang sesuai dengan penyebabnya. Berikut ini cara membersihkan furniture kayu berdasarkan penyebab nodanya:

1. Cincin air

membersihkan furniture kayu dengan tepat

Cincin air atau bekas yang ditinggalkan oleh gelas dan cangkir basah adalah masalah umum pada meja atau permukaan kayu. Jika memungkinkan, atasi mereka sesegera mungkin.

Ada dua metode untuk dicoba sebelum kamu memutuskan untuk membersihkan seluruh furniture. Cara pertama yaitu dengan mengusapkan sedikit minyak zaitun atau mayones ke area kayu yang basah dan memutih. Biarkan selama satu jam dan kemudian lap.

Cara kedua adalah dengan menempatkan beberapa pasta gigi non-gel pada kain lembut, dan gosok cincin air sampai hilang. Bersihkan sisa pasta gigi dengan kain lembab dan gosok permukaan kayu dengan kain kering yang lembut.

2. Noda tinta

membersihkan furniture kayu dengan tepat

Celupkan kain lembab yang lembut ke dalam bubuk soda kue dan gosok bagian yang bernoda dengan lembut sampai nodanya hilang.

Kemudian gunakan kain basah yang bersih untuk menyeka sisa soda kue dan keringkan dengan kain lembut.

Soda kue mungkin akan sedikit menyebabkan hasil akhir matte pada furniture kayu, jadi gunakan pernis kayu untuk mengembalikan kilaunya.

3. Stiker atau residu lem

membersihkan furniture kayu dengan tepat

Stiker atau bekas lem memang sangat mengganggu permukaan furniture. Sisa lemnya yang lengket mengumpulkan debu dan kotoran yang membuat permukaan furniture tampak mengelupas.

Untuk mengatasinya, kamu dapat menggunakan tepi kartu yang keras atau pengikis plastik untuk melonggarkan sebanyak mungkin residu lengket.

Selanjutnya, tuangkan setetes minyak zaitun pada kain lembut dan gosokkan ke area yang bernoda. Balik kain ke permukaan yang masih bersih saat residu sudah berhasil terangkat sedikit, dan oleskan lebih banyak minyak jika diperlukan.

Akhiri dengan menggunakan semir kayu untuk meratakan kilau pada seluruh permukaan kayu.

4. Jamur

membersihkan furniture kayu dengan tepat

Jika kamu melihat jamur muncul di bagian permukaan furniture, bila memungkinkan pindahkan furniture kayu yang terkena jamur tersebut ke luar untuk dibersihkan. Tujuannya agar spora tidak menyebar ke furniture lain di rumah.

Namun bila itu tidak memungkinkan dan jamurnya kering, gunakan penyedot debu untuk menyedot jamur.

Kemudian metode pembersihan mendalam di atas untuk membantu membersihkan sisa spora dan mengembalikan lapisan kayu.

Seberapa Sering Harus Membersihkan Furniture Kayu?

membersihkan furniture kayu dengan tepat

Masih dilansir dari Thespruce.com, kamu harus segera membersihkan tumpahan makanan dan minuman. Cairan yang didiamkan dapat dengan mudah menyebabkan kayu menjadi gelap dan melengkung atau membuat hasil akhir menjadi keruh.

Lalu sering-seringlah membersihkan furniture kayu dari debu, seperti setiap beberapa hari atau setidaknya setiap minggu, untuk meminimalkan penumpukan debu. Meski memiliki partikel kecil, debu dapat menggores permukaan.

Gunakan pernis furniture favorit setidaknya sebulan sekali untuk memberikan kilau dan menghilangkan goresan atau baret kecil. Terlalu banyak penggunaan semir atau pernis dapat membuat permukaan furniture kayu tampak kusam, keruh, atau gelap.

Tergantung pada seberapa sering kamu memoles furniture, pada akhirnya semua akan membutuhkan pembersihan yang lebih dalam.

Walaupun dua metode pembersihan mendalam di atas bisa bekerja maksimal, mulailah dengan metode yang lebih lembut, yaitu menggunakan larutan teh. Jika itu tidak berhasil, lanjutkan ke metode yang lebih manjur dengan mineral terpentin.

Nah itulah informasi seputar cara mudah membersihkan furniture kayu dengan tepat. Dengan mengetahui cara-cara di atas, diharapkan kamu dapat menjaga dan merawat furniture kesayangan dengan baik ya!

Leave a Reply

%d bloggers like this: