5 Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap di Dalam Rumah, Bikin Ganggu!

Kejadian yang berhubungan dengan bau tak sedap di dalam rumah bisa tiba-tiba. Bau tak sedap seperti bau asam dan menyengat, seringkali menunjukkan masalah kebersihan rumah yang lebih serius seperti kelembapan atau kuman yang tidak diinginkan.

Bau yang menyengat ini juga cenderung berkembang seiring waktu, seperti ketika ditambah oleh aroma dari tubuh kita atau hewan peliharaan terperangkap di sekitar rumah.

Bau tak sedap di rumah memang bisa sering muncul dan mengganggu, tetapi itu tidak berarti kamu dan keluarga harus tinggal bersama mereka. Ada cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bau tak sedap di dalam rumah akibat makanan, hewan peliharaan, kotoran, lembab, dll.

Nah untuk mengatasinya, berikut Dirumahkita.com telah merangkum informasi seputar menghilangkan bau tak sedap di dalam rumah yang suka bikin ganggu. Baca terus sampai habis ya!

Mengapa Bau Tak Sedap di Dalam Rumah bisa Bertahan Lama?

menghilangkan bau tak sedap di dalam rumah

Terkadang sumber bau tak sedap mudah ditemukan. Misalnya mungkin kamu meninggalkan segelas susu hangat di meja samping tempat tidur atau meninggalkan tempat sampah yang penuh selama berhari-hari.

Tetapi bahkan jika kamu rajin membuang sampah, bau tersebut dapat bertahan lama setelah sampahnya dibuang ke luar.

Jika kamu tidak memiliki aliran udara yang memadai di rumah atau menunda mengambil tindakan terhadap bau tak sedap, perkirakan udara bau akan menjadi masalah untuk sementara waktu. Dalam hal ini, tindakan sederhana seperti membuka jendela bisa sangat membantu.

Namun, jika kamu tidak yakin dari mana bau tak sedap di dalam rumah itu berasal, dan tidak kunjung hilang, itu bisa menjadi pertanda masalah yang lebih besar.

Dilansir dari angi.com, kerusakan air, jamur, hewan peliharaan yang tidak terawat terus-menerus, atau serangan hama, semuanya dapat menyebabkan bau busuk yang berkepanjangan.

Pertimbangkan bau ini sebagai petunjuk pertama, dan awasi tanda-tanda jamur yang terlihat, perilaku aneh dari hewan peliharaan, atau hama yang membuat rumah menjadi habitat baru mereka.

Apa yang Menyerap Bau Tak Sedap di Dalam Rumah?

Hal pertama yang penting, jika kamu ingin menghilangkan bau tak sedap di dalam rumah, kamu harus memiliki perlengkapan pembersih yang diisi dengan pewangi. Berikut adalah beberapa barang rumah tangga yang mudah untuk disimpan untuk menghilangkan bau tak sedap di dalam rumah:

1.Baking soda

menghilangkan bau tak sedap di dalam rumah

Baking soda atau soda kue paling baik untuk penyerapan bau di area terkonsentrasi, seperti di dalam rak dapur atau lemari es. Simpan baking soda dalam kotak terbuka di area -area yng bau untuk menghilangkan bau.

Baking soda juga merupakan bahan pembersih yang kuat dan dapat digunakan untuk menyerap bau pada noda karpet atau furniture, jadi menyimpan kotak tambahan baking soda di dapur adalah solusi yang tepat.

2. Cuka

menghilangkan bau tak sedap di dalam rumah

Kamu bisa menggunakan cuka untuk menghilangkan bau tak sedap di dalam rumah dan bau apek pada cucian. Saat dikombinasikan dengan soda kue, cuka juga menghasilkan pembersih bersoda yang akan merapikan permukaan sekaligus menghilangkan bau tak sedap.

3. Air perasan lemon

menghilangkan bau tak sedap di dalam rumah

Kamu juga dapat menggunakan air lemon segar untuk menetralkan bau di dapur. Semprotkan ke dalam tempat sampah untuk menghindari bau sampah yang tertinggal.

Sedikit perasan lemon di wastafel atau tempat pembuangan sampah juga bisa menghilangkan bau tak sedap dari sisa makanan lama yang jatuh ke wastafel.

4. Lavender

menghilangkan bau tak sedap di dalam rumah

Gunakan lavender untuk menyegarkan lingkungan pengap seperti lemari dan laci meja rias. Lavender bahkan dapat membantu mengusir ngengat.

Untungnya, tanaman berwarna ungu ini juga berfungsi sebagai dekorasi. Kamu dapat membuat mangkuk lavender kering yang menawan atau menyimpan kumpulan lavender segar di dalam vas untuk menghilangkan bau tak sedap di dalam rumah.

5. Kopi

menghilangkan bau tak sedap di dalam rumah

Kamu mungkin akrab dengan aroma kopi yang menggoda di pagi hari, tetapi tahukah kamu bahwa bubuk atau biji kopi utuh juga dapat mencegah bau yang tak sedap di dalam rumah?

Kamu bisa mengeringkan ampas bekas atau menggunakan ampas segar dalam mangkuk di lemari es atau gudang untuk menyerap bau.

6. Arang aktif

menghilangkan bau tak sedap di dalam rumah

Seperti soda kue dan kopi, kamu bisa menempatkan arang aktif di area yang bau untuk menetralkan bau tak sedap di dalam rumah karena sifatnya yang berpori. Kamu hanya membutuhkan sekitar satu sendok teh arang aktif yang diletakkan di wadah, dan diletakkan pada area-area yang bau.

7. Pembersih yang dibeli di toko

menghilangkan bau tak sedap di dalam rumah

Pembersih yang dibeli di toko juga merupakan solusi yang baik untuk menetralisir bau tak sedap di dalam rumah. Namun pastikan produk yang kamu beli benar-benar pembersih dan bukan sekadar pewangi.

Produk pewangi udara tersebut hanya menutupi baunya, bukan menyerang sumber baunya. Cari pembersih enzimatik untuk menghalau segala sesuatu mulai dari bau minyak dan lemak di dapur hingga urin hewan peliharaan di karpet.

Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap di Dalam Rumah

Setelah kamu mengetahui alat yang akan digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap di dalam rumah, kamu juga perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Temukan sumber bau tak sedap di dalam rumah

menghilangkan bau tak sedap di dalam rumah

Apakah kamu ingin menghilangkan bau apek atau asam di rumah, kamu perlu mengidentifikasi dari mana asalnya. Banyak area berbeda di rumah dapat menghasilkan bau yang tidak sedap, dan menyalakan lilin saja tidak akan menghilangkan bau itu sendiri;. Namun hanya akan menutupinya.

Jika kamu masih tidak dapat menemukan sumber bau, coba beberapa area seperti kamar mandi, ruang bawah tanah, garasi, tempat sampah, dan peralatan di belakang.

2. Bawa aliran udara segar ke seluruh rumah

menghilangkan bau tak sedap di dalam rumah

Setelah kamu mengidentifikasi sumber bau tak sedap di dalam rumah, saatnya menarik udara segar ke seluruh rumah. Buka jendela untuk mendapatkan udara segar masuk dan udara buruk keluar. Menyalakan AC atau kipas angin juga bisa membantu.

3. Membersihkan dan menghilangkan bau

menghilangkan bau tak sedap di dalam rumah

Dengan jendela terbuka dan udara tak sedap keluar dari rumah, inilah saatnya bekerja melawan sumber bau tak sedap. Lap tumpahan, bersihkan noda, atau gosok kotoran yang menyebabkan bau busuk.

Jika kamu tidak yakin bahwa kamu dapat membersihkan secara teratur untuk mencegah bau, atau tidak yakin harus mulai dari mana, cobalah untuk menghubungi jasa layanan pembersih di sekitar rumahmu.

4. Ganti filter udara

menghilangkan bau tak sedap di dalam rumah

Filter udara bersertifikasi HEPA adalah sumber yang bagus karena membantu menyaring udara dan menghilangkan bau tak sedap. Tentu saja, pemurni udara hanya seefektif filternya, jadi pastikan kamu mengikuti panduan pemurni udara dan mengganti filternya secara teratur.

Sebagian besar perusahaan menyarankan untuk mengubahnya setiap tiga hingga enam bulan untuk hasil terbaik.

5. Gunakan pengharum

menghilangkan bau tak sedap di dalam rumah

Setelah kamu menemukan sumber bau tak sedap di dalam rumah, membersihkannya, dan membuka jendela, inilah saat yang tepat untuk memadamkan atau menyegarkan penetral bau di seluruh rumah, untuk menghilangkan bau yang masih ada.

Gunakan biji kopi atau soda kue tersebut dalam mangkuk atau stoples, atau letakkan vas lavender di setiap ruangan. Langkah ini dapat membantu menghilangkan bau lama dan menjauhkan bau baru.

Nah itulah informasi seputar cara menghilangkan bau tak sedap di dalam rumah, yang bisa kamu lakukan. Jangan sampai bau tak sedap mengganggu aktivitas di rumah dan mengganggu kesehatanmu serta keluarga ya!

Leave a Reply

%d bloggers like this: