13 Ide Dekorasi Kamar Anak yang Menarik dan Menggemaskan

Mendekorasi kamar anak perempuan atau laki-laki bisa menjadi proses yang menyenangkan namun juga sekaligus menakutkan.

Kamu tentu ingin anak memiliki kamar yang terlihat bagus, berfungsi dengan baik, dan menangkap imajinasi si kecil. Tetapi itu adalah tugas yang sulit didapatkan terutama dalam satu ruang kecil, ditambah lagi jika kamar tersebut digunakan untuk dua anak.

Tak menutup kemungkinan hal ini bisa membuatmu jadi kewalahan.

Apakah kamu sedang mendesain kamar anak yang digunakan dengan saudaranya, kamar dengan area terbatas, atau hanya mencari konsep satu-satunya untuk membuat kamar si kecil benar-benar unik, kali ini Dirumahkita.com telah menyiapkan 13 ide dekorasi kamar anak yang menarik dan menggemaskan.

Pasti akan menginspirasi!

1. Galeri seni yang dapat diubah

dekorasi kamar anak yang menarik dan menggemaskan

Bermacam-macam bingkai cerah yang dicat dengan warna cerah ceria, membuat dinding galeri di kamar gadis kecil menjadi lebih manis.

Ingin membuatnya sendiri? Kamu dapat membeli beberapa bingkai foto dengan beragam ukuran. Kemudian cat bingkai dalam satu warna cerah, dan ikat kabel gambar di bagian belakang.

Tambahkan beberapa jepitan mini yang lucu, dan tinggalkan sisanya untuk dihias oleh anak. Untuk memasangnya di dinding, kamu bisa menampilkannya secara berurutan atau abstrak sekali pun.

Tak hanya digunakan untuk membingkai foto, dekorasi kamar anak ini menjadi salah satu cara kreatif untuk menampilkan karya seni anak.

2. Tempat tidur ganda

dekorasi kamar anak yang menarik dan menggemaskan

Jika kamu tidak menyukai tampilan tempat tidur sudut, coba tempatkan dua tempat tidur berkuran twin dari ujung ke ujung dan gunakan sebagai sofa daybed yang menempel di sepanjang dinding.

Kamar tidur anak yang modern ini menggabungkan dua tempat tidur menjadi satu unit built-in buatan sendiri.

Tak hanya menjadi dekorasi kamar anak, tempat tidur ganda juga memberikan tampilan yang bagus untuk kamar anak yang digunakan bersama saudara, atau bahkan menjadi kamar bermain yang juga bisa digunakan sebagai kamar tamu.

3. Dinding aksen geometris dari spidol

dekorasi kamar anak yang menarik dan menggemaskan

Ingin dinding aksen yang indah dengan harga lebih murah? Ambil spidol papan tulismu!

Dengan banyak pilihan warna dan sentuhan akhir mulai dari neon hingga metalik, bahan pokok kantor ini bisa menjadi alat dekorasi kamar anak yang baru dan menarik.

Dengan anak, kamu bisa membuat dinding aksen geometris berskala besar

4. Menyatukan kepribadian yang berbeda

dekorasi kamar anak yang menarik dan menggemaskan

Anak-anak kamu mungkin perlu berbagi dalam satu kamar, tetapi itu tidak berarti kepribadian masing-masing tidak dapat bersinar!

Terlihat di Pinterest, kamar anak perempuan yang menggemaskan ini menciptakan dua zona berbeda sambil mempertahankan satu desain yang kohesif.

Ini memungkinkan setiap anak menentukan desain ruang mereka masing-masing, dan mengekspresikan gaya pribadi mereka tanpa membuat kamar kehilangan konsep.

5. Area bermain seorang idola cilik

dekorasi kamar anak yang menarik dan menggemaskan

Siapa yang tak ingin menjadi seorang idola? Banyak anak-anak yang bermimpi menjadi idola sejak usia dini. Dukung impian anak sebagai seorang idola dengan ide dekorasi kamar anak yang satu ini!

Zona bermain kostum ini menampilkan lemari kostum yang mudah ditiru, mulai dari area panggung bertirai yang lengkap dengan kursi untuk penonton.

Ingin membuat si gadis kecilmu dalam sorotan? Ambil batang shower melengkung dan pasang langsung ke dinding. Murah dan mudah, bukan?

6. Membangun sudut baca yang nyaman

dekorasi kamar anak yang menarik dan menggemaskan

Apa cara yang lebih baik untuk mendorong si kecil membaca, selain dengan memberikan mereka sudut baca yang nyaman sendiri?

Untuk membangun sudut baca yang nyaman, kamu cukup meletakkan tenda gantung sebagai dekorasi kamar anak. Digantung di langit-langit, kemudian lengkapi dengan bantal yang nyaman dan karpet bulu yang lembut.

Kanopi sederhana ini dapat menjadi area bermain anak atau menjadi sudut baca yang menggemaskan dan ramah anggaran di kamar anak.

7. Tempat tidur L

dekorasi kamar anak yang menarik dan menggemaskan

Perlu memberikan kamar tidur untuk dua anak? Coba atur tempat tidur ukuran twin dalam bentuk “L” seperti yang digambarkan di kamar anak laki-laki yang luas dan fungsional di atas.

Dengan menyelipkan tempat tidur ke sudut, kamu dapat memberikan lebih banyak ruang lantai. Kamu bahkan dapat menambahkan bantal tambahan untuk memberi unit perubahan yang terinspirasi dari sofa di siang hari.

Jenius sekali bukan!

8. Waktunya berayun!

dekorasi kamar anak yang menarik dan menggemaskan

Ketika datang ke kamar anak-anak, fokusnya harus selalu menyenangkan!

Apakah kamu memiliki anak yang berusia balita atau remaja, ayunan indah ini, dapat menjadi tempat yang tepat untuk berpelukan sambil membaca buku yang bagus.

Ayunan ini bahkan bisa kamu gunakan untuk kamar dengan ukuran kecil. Misalnya dengan ayunan tembus pandang.

Dilansir dari thespruce.com, fakta dari dekorasi kamar anak yang tembus pandang, berarti tidak akan memakan banyak ruang visual atau membuat ruangan terasa sesak.

9. Memasang kanopi fungsional

dekorasi kamar anak yang menarik dan menggemaskan

Kanopi merupakan cara lain yang menyenangkan dan mudah untuk menambahkan kepribadian ke ruang mana pun, termasuk ke kamar anak-anak.

Selain dapat meningkatkan penampilan kamar anak, kanopi ini juga dapat melindungi anak dari gigitan serangga selama waktu tidurnya.

Menggabungkan kanopi sederhana dari kain putih lapang di atas tempat tidur, benar-benar mengubah tampilan ruangan menjadi lebih mewah namun tetap menggemaskan.

10. Mural dinding

dekorasi kamar anak yang menarik dan menggemaskan

Mural dinding pegunungan biru yang semarak mengatur nada di kamar anak-anak menjadi lebih penuh warna, namun sekaligus menambah kenyamanan dan ketenangan.

Dengan pola yang tidak serasi dan perpaduan aksen warna yang menambah dimensi dan menjaga agar perawatan dinding yang dramatis tidak berlebihan.

Selain menarik digunakan di kamar anak-anak, mural dinding ini juga bisa menjadi dekorasi kamar anak yang akan bertahan lama hingga usia anak bertambah remaja.

11. Memiliki area penyimpanan karya seni

dekorasi kamar anak yang menarik dan menggemaskan

Sistem penyimpanan merupakan hal penting dalam dekorasi kamar anak. Tapi kali ini bukan sembarang sistem penyimpanan, pikirkan hal-hal yang ramah anak dan dapat diakses anak.

Jika kamu ingin mengembankan bakat seni anak sejak dini, cobalah untuk memiliki dua kontainer yang dipasang di dekat meja belajar anak. Jadikan kontainer ini menyimpan kertas baru dan karya seni yang sudah jadi.

Selain itu siapkan lebih banyak wadah untuk menyimpan perlengkapan seni, juga. Mulai dari papan magnet yang menempel dengan mudah ke dinding dan wadahnya mudah dilepas pasang.

Dengan tempat penyimpanan ini, secara drastis dapat membantu mengurangi kekacauan di kamar anak. Untuk mencegah berantakan, setiap beberapa minggu, pastikan untuk membersihkan laci.

Ketika sudah bersih, anak-anak tahu bahwa mereka dapat memulai karya seni baru.

12. Tambahkan area mading atau dinding kapur

dekorasi kamar anak yang menarik dan menggemaskan

Papan mading atau dinding kapur itu sederhana, mudah, dan dapat dibeli di mana saja, bahkan kamu juga bisa membuatnya sendiri.

Dapatkan sesuatu yang sederhana dan mudah digunakan, yang dapat dihias oleh anak-anak dan ditempelkan benda-benda untuk menjadikannya sesuai dengan kebutuhan dan kepribadian anak.

Dengan adanya dekorasi ini, benar-benar bisa menjadi kanvas kosong yang dapat membantu kamu menempelkan jadwal sekolah anak, to do list, atau pesan-pesan penyemangat.

Dengan dekorasi sederhana dapat membantu anak berkembang dan berubah menjadi ruang imajinatif dan menyenangkan.

13. Jangan lupa dekorasi yang ceria dan menyenangkan

dekorasi kamar anak yang menarik dan menggemaskan

Dalam dekorasi kamar anak, tentu sangat mudah bagi para orangtua untuk fokus pada sisi praktis atau desain yang cerdas. Namun ingatlah penting untuk memberi ruang untuk barang-barang yang menyenangkan di kamarnya.

Misalnya kamu bisa menambahkan perlengkapan lampu bunga atau manik-manik untuk gaya pop ke kamar tidur, meja kecil dengan kursi, tempat tidur loteng, atau bahkan hanya kursi santai yang nyaman untuk membuat anak merasa nyaman dan menyenangkan.

Leave a Reply

%d bloggers like this: