12 Ide Warna Aksen Dinding untuk Ruang Tamu yang Kecil

Memaksimalkan ruang tamu yang kecil tak hanya dari penempatan dekorasi saja. Warna aksen dinding juga memberikan peran besar untuk membuat ruang tamu kecil tampak lebih besar dan mewah.

Dinding aksen atau yang juga dikenal sebagai dinding fitur merupakan dinding interior yang desainnya berbeda dari dinding lain di ruangan itu. Saat kamu menerapkan warna aksen dinding yang tepat, kamu bisa meninggikan ruangan secara instan tanpa menghabiskan banyak uang.

Namun, banyak pemilik rumah mungkin berpikir bahwa dinding semacam ini hanya akan cocok untuk ruangan besar atau luas mana pun, tetapi sebenarnya tidak. Nyatanya, kamu masih bisa membuat dinding aksen di ruang tamu, dan tetap memberikan hasil cantik yang serupa.

Tetapi di ruang dengan ukuran yang lebih kecil, pemilihan warnanya harus dilakukan dengan sangat hati-hati karena memilih warna yang salah bisa berbahaya.

Dalam postingan kali ini, Dirumahkita.com akan memberikan beberapa ide warna aksen dinding untuk ruang tamu yang kecil. Baca sampai habis ya!

1. Abu-abu muda

ide warna aksen dinding untuk ruang tamu kecil

Jika berbicara tentang warna aksen untuk ruangan kecil, maka warna putih tentunya menjadi warna yang paling favorit untuk dicat pada seluruh dinding.

Namun jika kamu merasa menerapkan warna putih di seluruh ruang tamu tampak membosankan, maka warna dinding aksen abu-abu muda mungkin merupakan pilihan terbaik.

Untuk ruang kecil, warna yang lebih terang dapat bekerja dengan baik dibandingkan dengan pilihan yang lebih gelap, dan itulah mengapa menggunakan abu-abu muda untuk mengecat aksen dinding dapat membuat seluruh ruangan terasa cerah dan terang.

Sementara itu warna abu-abu muda tetap menonjol di antara warna putih lainnya dinding.

Menggunakan warna netral untuk dinding fitur juga dapat membawa banyak peluang untuk menggunakan warna apa pun untuk tujuan dekorasi dinding, dan di sini kamu dapat menggunakan kreativitas dan imajinasi.

Apakah kamu ingin menggunakan dekorasi dinding yang hidup dan cerah, atau menggunakan warna yang berani dan lebih gelap.

2. Biru powder

ide warna aksen dinding untuk ruang tamu kecil

Jika kamu termasuk penggemar warna biru, warna aksen dinding dapat menjadi cara terbaik untuk menghadirkan nuansa ini ke ruang tamu. Namun, untuk ruangan kecil, warna biru yang lebih terang cenderung bekerja lebih baik dibandingkan dengan warna yang lebih gelap.

Dan itulah mengapa untuk kasus khusus ini, warna biru powder adalah salah satu favorit. Seperti namaya, biru powder adalah warna yang sangat terang, yang hampir terlihat seperti putih. Tetapi masih membawa sedikit rona biru yang cukup untuk meningkatkan suasana lapang dan tenang.

Dengan demikian, kamu tetap dapat memiliki suasana biru untuk ruang tamu, sekaligus menjaga agar seluruh ruangan tetap terang dan cerah.

3. Biru aleut

ide warna aksen dinding untuk ruang tamu kecil

Ini adalah pilihan warna biru muda lainnya yang akan bekerja dengan baik sebagai warna dinding aksen untuk ruang tamu kecil.

Ini sedikit lebih gelap dari pilihan sebelumnya, tetapi hadir dengan warna keabu-abuan yang membuatnya terlihat sangat netral.

Dan tampilan netral ini tentunya akan membawa banyak manfaat untuk ruang tamu kecil, seperti memberikanmu banyak ruang untuk menambahkan warna lain pada aksesori.

4. Sage muda

ide warna aksen dinding untuk ruang tamu kecil

Dilansir dari roomdsign.com, sage adalah salah satu warna paling populer dalam tren desain interior saat ini. Itulah mengapa kamu mungkin akan melihat banyak rumah menggunakan warna yang indah ini sebagai warna aksen dinding.

Namun, untuk ruang tamu kecil, warna sage biasa mungkin terlihat agak gelap dan berpotensi membuat ruangan terasa suram. dan itulah mengapa kami menyarankan warna sage muda sebagai pilihan yang lebih terang dan lebih masuk akal untuk ruang berukuran kecil.

Warna aksen dinding ini akan tetap terlihat sebagus warna sage biasa, tetapi hadir dalam penampilan yang sangat terang dan cerah.

Kamu dapat menggunakan warna ini untuk mengecat dinding agar menghadirkan nuansa segar dan alami, yang membuat ruang tamu terasa menyenangkan dan santai.

5. Mint muda

ide warna aksen dinding untuk ruang tamu kecil

Ini adalah warna hijau bagus lainnya yang bisa kamu gunakan sebagai warna aksen dinding di ruang tamu kecil.

Seperti yang kamu lihat pada contoh di atas, dinding dengan aksen warna mint muda menonjol dengan mulus menjadi perhatian utama seluruh ruang tanpa terlalu kuat atau terlalu dominan.

Selain itu, ini bisa menjadi pilihan yang bagus jika kamu ingin menciptakan tampilan interior yang menyenangkan secara estetis, yang akan memukau semua orang yang melihatnya.

6. Taupe

ide warna aksen dinding untuk ruang tamu kecil

Bagi kamu yang ingin menghadirkan keindahan earthy tone ke dalam rumah, maka warna cokelat tentunya menjadi pilihan terbaik untukmu.

Namun, sebagian besar nuansa cokelat mungkin terlalu kuat untuk menjadi warna aksen dinding ruang tamu kecil, kecuali beberapa pilihan yang lebih tenang dan lembut seperti taupe.

Warna khusus ini masih memiliki rona coklat yang kuat di dalamnya tetapi hadir dengan warna yang jauh lebih tenang dan lembut dibandingkan dengan warna cokelat pada umumnya, dan itulah yang membuat warna ini dapat bekerja dengan indah di ruang kecil.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, gabungkan dinding beraksen taupe yang cantik dengan banyak tanaman hijau segar dan alami.

7. Arang/charcoal

ide warna aksen dinding untuk ruang tamu kecil

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, nuansa cerah cenderung bekerja paling baik untuk dinding aksen di ruangan kecil.

Namun, jika kamu tetap ingin menggunakan warna-warna berani dan gelap untuk menciptakan tampilan yang elegan, gunakan saja warna arang atau charcoal.

Berkat tampilannya yang netral, warna ini masih bisa bekerja dengan baik dibandingkan dengan pilihan berani lainnya.

Sehingga, sebelum memutuskan untuk menggunakan warna ini, harap pastikan ruang tamu yang kecil memiliki cukup cahaya alami dan gunakan hanya di samping dinding putih murni.

8. Zaitun/olive

ide warna aksen dinding untuk ruang tamu kecil

Hijau zaitun atau olive adalah warna yang populer dan banyak digunakan sebagai warna aksen dinding. Tidak seperti kebanyakan warna hijau, warna unik ini menyebarkan banyak kehangatan, berkat warna kekuningannya.

Jadi, dengan menggunakan warna hijau zaitun untuk mengecat warna aksen dinding, kamu tidak hanya akan mendapatkan suasana alami yang segar seperti warna hijau pada umumnya, tetapi juga dapat mengubah seluruh ruangan menjadi ruang yang menawan dan ramah.

9. Teal

ide warna aksen dinding untuk ruang tamu kecil

Ruang tamu dengan konsep ultra-modern yang canggih adalah apa yang bisa kamu dapatkan saat menggunakan teal sebagai warna aksen dinding.

Jadi, jika kamu berencana merombak ruang tamu kecil menjadi lebih modern dan terkini, kamu harus mencoba warna yang menakjubkan ini.

Untuk hasil yang lebih baik lagi, padukan teal dengan warna elegan lainnya seperti abu-abu atau biru-abu-abu.

10. Peach

ide warna aksen dinding untuk ruang tamu kecil

Di ruang tamu yang kecil, penting untuk memiliki suasana yang menawan dan hangat untuk membantu kamu dan semua tamu merasa nyaman.

Itulah salah satu alasan utama mengapa kami memasukkan warna aksen dinding peach ke dalam daftar ini.

Warna lembut ini akan menonjol dengan indah sebagai aksen dinding tanpa terlalu bersemangat atau mencolok. Selain itu, kamu bisa mendapatkan tampilan cantik yang estetis menggunakan dinding berwarna peach.

11. Kuning kenari

ide warna aksen dinding untuk ruang tamu kecil

Jika kamu membutuhkan percikan warna ‘pop’ untuk menghibur ruang tamu kecil yang tampa membosankan, maka tentu saja, warna kuning adalah jawaban terbaik.

Warna ini dapat memantulkan cahaya dan membuat ruang tamu terasa lebih besar dan cerah. Namun, jika menyangkut ruang kecil, warna kuning yang terlalu terang mungkin tidak berfungsi dengan baik.

Jadi sebagai gantinya, kamu bisa memilih opsi kuning apa saja yang terlihat lebih lembut, seperti kuning kenari yang cantik ini.

Kuning halus dan lembut ini tetap bisa menonjolkan dinding apa pun dengan ceria tanpa berlebihan. Kamu juga bisa sedikit menetralisirnya dengan menggabungkan dinding kuning kenari dengan beberapa barang dekoratif berwarna putih.

12. Greige hangat

ide warna aksen dinding untuk ruang tamu kecil

Sebagai abu-abu baru, greige atau grey-beige mendapat banyak perhatian dalam beberapa tahun terakhir.

Warna yang menakjubkan ini memadukan abu-abu dan krem dalam tampilan ultra-modern yang sempurna. Warna aksen dinding ini memiliki keanggunan abu-abu, sementara pada saat yang sama menyebarkan banyak kehangatan seperti krem.

Dengan tetap mengusung karakter netral, greige dapat dengan mudah ditempatkan di mana saja, termasuk di dalam ruangan kecil. Seperti yang kamu lihat pada gambar di atas, dinding greige membuat ruangan tampak lebih besar.

Tanpa ragu, greige bisa menjadi alternatif yang bagus sebagai warna aksen dinding, jika kamu menerapkan konsep cat yang netral untuk area ruang tamu.

Nah itulah 12 ide warna aksen dinding untuk ruang tamu yang kecil. Dari 12 ide di atas, mana yang paling mendekati warna favoritmu?

Leave a Reply

%d bloggers like this: