12 Ide Dekorasi Dinding Ruang Makan, Jadi Lebih Istimewa!

Dibandingkan dapur dan kamar, ruang makan mungkin menjadi area yang jarang dirombak. Tujuan ruangan ini sering disepelekan, padahal pada kenyataannya ruang makan menjadi salah satu ruang paling penting di rumah kita.

Ruang makan adalah tempat untuk menyantap makanan favorit dan berkumpul bersama keluarga, teman-teman terdekat, dan orang-orang kepercayaan. Inilah mengapa sangat penting untuk membuat ruang makan menjadi tempat yang istimewa dan nyaman.

Untuk mengatasi hal ini, kamu dapat meningkatkan suasana dalam bentuk dekorasi dinding ruang makan yang menarik perhatian.

Kali ini Dirumahkita.com telah menyiapkan 12 ide dekorasi dinding ruang makan yang dapat mengubah ruang makanmu dari area yang biasa saja, menjadi ruangan yang istimewa. Yuk simak!

1. Wall tapestry

dekorasi dinding ruang makan

Dalam memberikan dekorasi dinding ruang makan, kamu tidak hanya harus terpaku pada lukisan atau foto dalam hal seni dinding. Sebagai gantinya, cobalah bermain dengan tekstur dan warna melalui pemasangan wall tapestry.

Bagi kamu yang belum tahu, wall tapestry ini merupakan kain yang terdiri dari serat warna-warni yang dijalin bersama untuk menghasilkan desain. Desainnya bisa menggambarkan apa saja dan datang dalam berbagai bentuk dan ukuran.

Dekorasi dinding ruang makan yang satu ini dapat dibuat dari beberapa jenis benang yang berbeda seperti katun, wol, linen, sutra, dan poliester. Maka itulah, wall taperstry bisa memberikan sentuhan yang lebih berseni dan personal daripada cetakan berbingkai klasik biasa.

2. Cermin

dekorasi dinding ruang makan

Kamu dapat meningkatkan pencahayaan di ruang makan dengan menempelkan cermin di dinding. Ini akan menciptakan cahaya hangat yang mengesankan saat pagi hari dan sore hari. Selain itu, dengan adanya cermin di ruang makan, bisa membuat ruangan terasa lebih besar dan cerah sepanjang hari.

Menariknya lagi dilansir dari Magicbricks.com, ternyata menempatkan cermin di ruang makan adalah hal yang bagus secara Feng Shui. Ruang makan di rumah mana pun adalah “lemari besi” untuk kekayaan, kesehatan, dan kemakmuran.

Jadi jika sebuah cermin ditempatkan di ruang makan, maka dipercaya rumah tersebut dapat melipatgandakan kekayaan dan kemakmuran.

3. Wallpaper

dekorasi dinding ruang makan

Cegah dinding yang membosankan sejak awal dengan menempelkan wallpaper hiasan pada dinding ruang makan.

Jika kamu memilih wallpaper untuk dekorasi dinding ruang makan, maka pastikan kamu memilih wallpaper yang sesuai dengan suasana yang ingin kamu bangun.

Beberapa wallpaper berwarna gelap dapat memberikan beberapa suasana yang mewah dan elegan di ruang makan. Sedangkan wallpaper berwarna terang dapat memberikan suasana yang ceria.

Tak hanya itu, wallpaper juga mengatur latar belakang yang sempurna jika kamu ingin menambahkan seni berbingkai atau perlengkapan lampu.

4. Tekstur yang berbeda

dekorasi dinding ruang makan

Bahkan jika kamu memilih seni dinding yang diciptakan sendiri, dinding kamu sendiri sebenarnya dapat menunjukkan sedikit kepribadian.

Misalnya di ruang makan ini, dinding bata adalah perubahan yang bagus dari dinding plester biasa, dan menambahkan sedikit daya tarik visual tanpa perlu menggantung atau mengecat apa pun.

Jika kamu memiliki dinding plester pada semua sisi dinding, beberapa wallpaper dinding ada yang memiliki desain 3D artinya memiliki tekstur dari wallpaper biasa yang polos. Kamu dapat menempelkan wallpaper 3D ini pada satu sisi dinding untuk menunjukkan tekstur yang berbeda.

5. Lukisan atau stiker garis

dekorasi dinding ruang makan

Dinding putih, tentu saja, tidak selalu sama dengan perasaan dingin atau kosong. Mereka bisa menjadi cara yang luar biasa untuk menjaga minimalis di inti ruang makan, seperti yang ditunjukkan di atas.

Jika kamu merasa ruang makan membutuhkan sedikit dekorasi, cobalah lukisan atau stiker garis bergaya minimalis namun tetap menawarkan intrik visual di dinding.

6. Perpaduan dua dinding

dekorasi dinding ruang makan

Jika kamu ingin memiliki dekorasi dinding ruang makan yang memiliki dua karakteristik berbeda, cobalah untuk memadukan cat dan wallpaper yang indah dengan membuat perpaduan pola sendiri di dinding.

Ini bekerja dengan luar biasa, karena bisa menghilangkan kebutuhan akan dekorasi tambahan. Tetapi jika kamu ingin menambahkan satu atau dua karya seni, pola abstrak ini dapat membantu membingkainya dan mengatur suasana hati.

7. Etalase dan vas bunga beraksen

dekorasi dinding ruang makan

Jika kamu tidak suka menggantung barang dari dinding atau memasang lukisan, etalase dan beberapa vas bunga beraksen adalah pilihan yang bagus.

Dekorasi dinding ruang makan ini dapat mendandani ruangan tanpa memerlukan paku atau perekat apa pun, dan membuat kamu lebih mudah mengatur ulang ruang berdasarkan kesempatan, liburan, atau musim.

Selain itu, tanpa memaku dan merekatkan dekorasi di dinding, tentunya dinding kamu akan bebas dari lubang-lubang bekas paku dan residu lengket yang mengganggu penampilan dinding.

8. Lukisan putih dengan dinding hitam

dekorasi dinding ruang makan

Cat hitam mungkin bukan pilihan yang umum untuk ruang makan, karena akan membuat area makan menjadi lebih gelap. Namun ini bisa menjadi gaya utama ketika kamu dapat memadukannya dengan cara yang tepat.

Misalnya kamu bisa membuat dinding monokrom seperti contoh gambar di atas. Kemudian jika ruang makanmu telah menggunakan dua warna tersebut, pasang lukisan yang bernuansa putih atau berwarna terang.

Lukisan tersebut akan benar-benar menonjol dan kontras sempurna dengan bayangan dinding.

Meski dekorasi dinding ruang makan berwarna hitam juga akan menambah drama dan sedikit ketegangan, tetapi juga terasa nyaman dan mengundang pada saat yang bersamaan.

9. Galeri yang simetris

dekorasi dinding ruang makan

Buat tampilan dinding yang bersih dengan serangkaian bingkai atau karya seni yang serasi. Ini memberikanmu dekorasi yang minimalis dan rapi.

Galeri yang simetris juga merupakan cara yang bagus untuk menggabungkan warna aksen yang lebih gelap, yang mungkin terasa terlalu berat sebagai warna dinding.

Dekorasi dinding ruang makan yang berkonsep galeri juga tidak harus ramai. Mereka dapat dengan mudah disederhanakan dengan tambahan bingkai ramping dan palet warna hitam dan putih.

10. Aksen bohemian

dekorasi dinding ruang makan

Jika kamu suka konsep bohemian ala restoran atau kafe di pantai, kamu pasti dapat mengandalkan dindingmu untuk membuat suasana seperti itu. Hal ini karena dinding dapat memberikan lebih banyak kegunaan daripada permukaan untuk menampung karya seni.

Kamu dapat memanfaatkan karpet bermotif tribal, nampan yang digunakan sebagai dekorasi dinding ruang makan, hingga tanaman hijau dengan pot dari rotan yang memperkuat tema bohemian. Tema yang satu ini juga memberikan suasana bak liburan musim panas yang tidak akan pernah berakhir.

11. Tumbuhan hijau

dekorasi dinding ruang makan

Jika kamu ingin menjaga dekorasi dinding ruang makan apa adanya tetapi membutuhkan sedikit daya tarik, maka tanaman cantik untuk langit-langit dan dinding adalah solusi yang tepat.

Warna hijau dari tumbuhan memberikan kehidupan, warna, dan dekorasi instan yang membutuhkan sedikit usaha. Tentunya ini juga memberikan kamu pilihan untuk mengubah-ubah tanaman sesuai musim. Dekorasi yang tak terbatas, bukan?

12. Rak

dekorasi dinding ruang makan

Dekorasi dinding ruang makan yang terakhir adalah rak yang ramping. Rak ramping adalah cara yang bagus untuk mengubah beberapa lukisan biasa di dinding.

Meskipun kamu dapat meletakkan lebih banyak karya seni, mereka juga memungkinkan objek empat dimensi seperti pot, tembikar, dan tempat lilin untuk dipajang di ruang makan.

Nah itulah ide dekorasi dinding ruang makan yang bisa membuat suasana di sekitar meja makan menjadi lebih istimewa. Dari 12 ide di atas mana yang paling kamu sukai?

Leave a Reply

%d bloggers like this: