12 Bunga Paling Wangi untuk Ditanam di Teras Rumah

Menanam bunga paling wangi memang menjadi hal yang paling tepat, jika kamu dan keluarga sering beraktivitas di luar ruangan, seperti di teras, kolam, atau di balkon.

Area luar rumah adalah tempat yang sempurna untuk menambahkan tanaman beraroma manis untuk membuat suasana menjadi lebih tenang dan santai. Bunga yang harum dapat membuat kamu, keluarga, dan para tamu yang mengunjungi rumahmu menjadi betah menghabiskan waktu berkumpul bersama.

Kira-kira bunga apa saja yang dapat memberikan aroma harum di teras rumah?

Berikut DirumahKita.com telah menyiapkan daftar 12 bunga paling wangi untuk ditanam di teras rumah. Yuk simak!

1. Bunga terompet

Bunga paling wangi

Pohon yang indah ini tumbuh paling baik di bawah atap, di dinding, atau di atas pagar.

Bunga terompet atau yang juga dikenal dengan sebutan angel’s trumpet ini dapat tumbuh beberapa kali dalam setahun, dengan membentuk selimut tebal yang berisikan bunga-bunga indah.

Sesuai namanya, bentuk bunga ini panjang dan berbentuk terompet. Kamu dapat mencium aroma manis bunga terompet pada malam hari, atau pada saat ada angin sepoi-sepoi.

2. Bunga melati

Bunga paling wangi

Kamu tentu sudah tak asing dengan bunga yang satu ini, bukan? Namun perlu diketahui bahwa beberapa bunga melati tidak memiliki wewangian. Jika kamu sedang mencari yang harum, cobalah untuk mencari bunga melati italia atau Italian Jasmine.

Selain itu, kamu juga bisa mencari melati bintang atau star jasmine yang populer. Menariknya bunga melati bintang ini sebenarnya bukanlah melati sejati, tetapi aromanya bisa sangat harum.

Bunga melati bintang atau ini berasal dari Cina, dan tumbuh setinggi 20-30 kaki yang melilit dengan dukungan.

3. Bunga kemboja

Bunga paling wangi

Bunga kemboja adalah tanaman berbunga atau pohon kecil yang sering dikaitkan dengan Hawaii dan pulau tropis lainnya. Asli ke Singapura, kemboja atau yang dikenal dengan nama Plumeria dan Frangipani mulai diperkenalkan ke Hawaii pada tahun 1860.

Salah satu jenis bunga kamboja yang beraroma manis adalah Plumeria rubra ‘Kauka Wilder’ dan ‘Smith’s Candystripe.’ Tanaman ini paling sering digunakan di sekitar kolam atau di tengah kebun.

4. Bunga honeysuckle

Bunga paling wangi

Bunga honeysuckle dikenal sebagai tumbuhan yang mampu tumbuh dengan kuat, yang memiliki bunga putih harum bertangkai panjang dan berwarna kuning seiring bertambahnya usia. Menariknya, bunga yang juga diberi nama kamperfuli ini, dapat menarik burung kolibri.

Bunga yang tumbuh memanjat dan melilit ini membutuhkan dukungan agar bisa tumbuh hingga 30 kaki. Jika kamu ingin menanam bunga honeysuckle di rumah, perhatikan bahwa bunga ini dapat tumbuh baik di bawah sinar matahari atau teduh parsial.

Untuk membuatnya mekar berulang, pangkas bunga honeysuckle setelah berbunga.

5. Bunga anyelir

Bunga paling wangi

Bunga anyelir kadang-kadang disebut sebagai dianthus atau carnation. Bunga dengan kelopak yang tipis ini memiliki warna yang beraneka ragam, mulai dari putih, merah muda, hingga merah tua.

Selain di Indonesia, bunga ini selalu populer di taman perbatasan Inggris dan Eropa.

Dilansir dari thespruce.com, jenis bunga anyelir yang populer karena mampu mekar berulang adalah ‘Doris’, ‘Charles Musgrave’, ‘Loveliness’, ‘Candy Floss’ dan ‘Fruit Punch”.

6. Bunga kacapiring

Bunga paling wangi

Ketika membahas bunga paling wangi untuk di teras rumah, bunga kacapiring atau yang juga dikenal dengan nama gardenia, selalu muncul di benak.

Bunga kacapiring ini menjadi favorit setiap semua jenis taman, dari pondok hingga tropis. Tanaman semak ini mampu menghasilkan lusinan bunga berwarna krem ​​pada musim semi yang memiliki aroma menenangkan.

Jenis kacapiring favorit yang mengeluarkan aroma harum termasuk ‘Fortuniana’, ‘Chuck Hayes’, dan ‘Florida’.

7. Bunga mandevilla

Bunga paling wangi

Bunga mandevilla juga sering dikenal sebagai Rocktrumpet. Bunga yang satu ini memang memiliki bentuk bunga yang cukup besar, bahkan membuatnya sering disebut sebagai bunga terompet. Namun bentuk kelopak bunganya lebih hampir mirip dengan kembang sepatu.

Bunga mandevilla merupakan tanaman merambat yang menyukai tiang atau penyangga yang kokoh, bersamaan dengan tanah yang subur.

Jika membahas tentang aromanya, bunga mandevilla ini memiliki aroma yang kuat. Mungkin aromanya bisa mengingatkanmu pada bunga kacapiring. Jenis bunga mandevilla yang populer termasuk ‘Alice du Pont’, ‘Bride’s Cascade’, dan ‘Magic Trio’.

8. Bunga chamomile

Bunga paling wangi

Kamu mungkin sebelumnya telah mengenal chamomile dalam bentuk teh. Tak hanya dalam teh, aroma herbal bunga chamomile sendiri dapat menenangkan. Aroma bunga chamomile sangat mirip dengan aroma yang keluar dari teh chamomile panas.

Maka dari itu bukan hal yang mengherankan apabila bunga yang satu ini sering digunakan dalam aromaterapi, karena memiliki efek menenangkan saat dihirup.

Selain memberikan aroma yang menenangkan di teras rumah, teh chamomile juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mulai dari meningkatkan kualitas tidur, meredakan gejala flu, menjaga kesehatan sistem pencernaan, hingga meremajakan kulit wajah.

9. Bunga daphne

Bunga paling wangi

Bunga daphne muncul dalam semak kecil yang indah, dengan daun dan bunga hijau mengkilap. Bunga berwarna putih, merah muda, dan kemerahan ini, mampu memancarkan aroma kualitas parfum sejati.

Namun perlu diingat bahwa bunga daphne yang juga di kenal dengan nama lady laurel atau tanaman surga ini, memiliki seluruh sisi yang beracun. Tetapi sisi yang paling beracun terkonsentrasi pada getah serta buahnya.

Sehingga pastikan bunga ini diluar jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan ya!

10. Bunga pukul empat

Bunga paling wangi

Bunga paling wangi untuk ditanam di teras rumah selanjutnya adalah bunga pukul empat atau yang dikenal dengan nama Four O’Clock atau mirabilis. Menariknya, mirabilis sendiri merupakan bahasa Latin untuk “indah”.

Sesuai namanya, bunga-bunga ini dapat terbuka di sore hari, sebagai respons terhadap suhu yang lebih dingin. Mereka mungkin tetap mekar sepanjang hari terutama pada hari-hari mendung.

Bunga pukul empat dapat mengeluarkan aroma manis dan lemon yang kuat, terutama di malam hari. Bunga pukul empat juga akan menabur sendiri dan dapat ditanam sebagai tanaman semusim.

11. Bunga lily

Bunga paling wangi

Bunga lily yang dikenal memiliki makna kesucian, kemurnian, dan kesopanan, dapat mengeluarkan aroma pedas-manis yang kuat. Umumnya, buket bunga lily dapat mengharumkan seisi rumah. Namun, baik bunga potong maupun bunga mekar di teras, bunga lily dapat tumbuh tahan lama, dan bunganya memiliki banyak warna.

Bunga yang satu ini juga bisa tumbuh di Indonesia, terutama di daerah dataran tinggi yaitu 1000 sampai 1200 dpl. Menariknya, bunga lily juga dapat menyesuaikan dengan habitat hutan, pegunungan terkadang habitat rerumputan, bahkan beberapa dari jenisnya mampu hidup di rawa.

12. Bunga mawar

Bunga paling wangi

Tentu saja bunga mawar harus disebutkan dalam daftar bunga paling wangi untuk ditanam di teras rumah. Bahkan semua orang mungkin sudah tahu tentang aroma legendaris bunga mawar.

Meskipun tidak semua mawar harum, mereka mungkin bunga pertama yang dipikirkan kebanyakan orang dalam hal wewangian. Namun sebenarnya ada banyak variasi aroma mawar, dari manis-manis hingga eksotis dan pedas.

Tetapi perlu diingat bahwa kamu harus menghindari menanam semak mawar di dekat tempat duduk atau kolam renang. Pastikan jaraknya beberapa meter dari area pergerakan, karena kamu tahu bahwa bunga indah yang beraroma harum ini memiliki duri yang bisa melukai. Jadi harus hati-hati ya!

Nah itulah 12 bunga paling wangi untuk ditanam di teras rumah. Jika kamu siap untuk menambahkan beberapa wewangian di teras rumah, ada banyak pilihan bagus untuk memulai. Ingatlah bahwa waktu mekar setiap bunga dapat bervariasi berdasarkan iklim lingkungan rumahmu.

Bunga apa yang menjadi favoritmu?

Leave a Reply

%d bloggers like this: