12 Bunga Hias Putih untuk Mempercantik Teras Rumah

Bunga hias menjadi salah satu elemen penting untuk mempercantik teras rumah. Setiap bunga tentu memiliki beraneka ragam warna, yang membuatnya semakin menarik. Namun sayangnya, bunga berwarna putih kerap kali diabaikan karena mereka tidak terlalu berwarna.

Padahal bunga putih memiliki banyak manfaatnya dalam desain eksterior, misalnya membantu mencerahkan area teras yang lebih gelap, menawarkan warna netral pada bunga hias lainnya yang berwarna-warni, serta memungkinkan warna cerah tampak lebih cerah.

Tak hanya itu, bunga putih juga memberikan efek sejuk ke taman, terutama pada saat cuaca panas.

Jika kamu tertarik untuk menanam bunga berwarna putih, kali ini Dirumahkita.com akan memberikan rekomendasi bunga hias putih untuk mempercantik teras rumahmu, Yuk simak daftarnya!

1. Amarilis

Bunga hias

Amarilis yang juga umum disebut bunga bakung, merupakan salah satu bunga hias yang cukup mudah ditemui di Indonesia. Bunga ini umumnya ditanam di teras atau di pot untuk di dalam rumah.

Kamu mungkin lebih sering melihat bunga amarilis yang berwarna oranye, namun ada juga amarilis putih yang tak kalah indah.

Ciri khas bunga ini yaitu dapat tumbuh sangat tinggi dan bisa menonjol, kelopaknya berbentuk seperti terompet yang melambangkan kebanggaan dan kemegahan. Fakta menarik, amarilis ternyata adalah saudara jauh dari bunga Lily, maka dari itu bentuknya yang agak mirip.

Namun, bunga yang biasanya mekar menjelang musim penghujan ini sangat berbahaya untuk dikonsumsi sebelum diolah. Sehingga harus kamu jauhkan dari jangkauan anak-anak maupun hewan peliharaan.

2. Anggrek bulan

anggrek bulan

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki berbagai jenis tanaman anggrek. Salah satunya adalah anggrek bulan.

Bagi kamu yang belum tahu, bunga anggrek bulan ini telah diakui kecantikannya sehingga dijadikan bunga nasional, yang disebut sebagai “puspa pesona”.

Anggrek bulan merupakan bunga hias asli dari Kalimantan Barat dengan nama latin Phalaenopsis amabilis. Dinamakan anggrek bulan karena warnanya yang tampak seperti bulan di malam hari.

Ciri khas bunga hias yang satu ini adalah bunganya yang berwarna putih dengan corak putih dan merah di dalamnya.

3. Anyelir

bunga anyelir

Jika kamu tinggal di lingkungan dengan cuaca yang panas, maka anyelir adalah bunga hias yang tepat. Meskipun memiliki beragam warna, anyelir berwarna putih juga bisa menjadi pilihan untuk menjadi elemen dekorasi eksterior rumahmu.

Menariknya, bunga ini pun juga bisa tumbuh sangat tinggi, yaitu bisa sampai 1-2 meter, dengan ciri khas kelopak yang bertumpuk. Pelru diingat nih, meski anyelir memiliki penampilan yang sangat indah, aroma bunga ini terkadang bisa mengganggu.

Untuk merawatnya, kamu cukup menyiram anyelir secara rutin. Karena bunga satu ini memerlukan permukaan yang lembab.

4. Aster

bunga aster

Bunga hias putih selanjutnya adalah aster. Bunga yang satu ini berasal dari Tiongkok, dan sekilas mirip dengan bunga matahari.

Bunga dengan kelopak yang susunannya berbentuk lingkaran ini dapat hidup cukup lama, yaitu sekitar satu tahun. Sehingga akan awet untuk diletakkan di teras rumahmu.

Untuk merawat bunga aster juga cukup mudah, yaitu dengan dengan menyiram bunganya tepat waktu.

Selain itu perlu diperhatikan juga agar tidak menyiram terlalu banyak atau terlalu sedikit. Pastikan juga bunga aster terhindar dari serangan hama dan rutin memangkas daun yang sudah layu.

5. Gerbera

bunga gerbera

Bunga Gerbera atau Herbras (Transvaal daisy), juga sering disebut dengan nama daisy. Bunga yang awalnya ditemukan di Afrika Selatan ini, cukup populer digunakan di penjual bunga dan diperdagangkan. Bunga yang merupakan tanaman semak ini dapat tumbuh sepanjang tahun.

Warnanya juga banyak yang menarik, salah satunya putih. Namun di antara warna-warna lainnya, bunga daisy warna putih yang terbilang sangat populer. FYI, ada sekitar 40 jenis gerbera di dunia, namun ada beberapa yang merupakan hasil produksi silang.

Bunga ini ada banyak di Indonesia karena cocok dengan udara tropis serta mampu beradaptasi di dataran tinggi dan rendah.

6. Hydrangea

bunga hydrangea

Unik sekali bukan bunga yang satu ini? Yup, bunga hydrangea ini juga sering disebut dengan nama hortensia, kembang bokor, atau bunga masamba. Bunga yang berasal dari Benua Asia ini ada yang berbentuk semak maupun merambat.

Seperti yang kamu lihat, bunga ini memiliki bentuk yang unik, yaitu tumbuh dari ujung tangkai membentuk rangkaian membulat.

Bunga hias ini juga memiliki beragam warna, salah satunya putih. Namun menariknya lagi, warna bunga ini juga tergantung dari pH tanahnya. Meski bibit Hydrangea putih dikatakan tidak mudah berubah warna.

Selain itu, bunga hydrangea ini cocok dijadikan sebagai hiasan eksterior rumahmu karena bisa awet sepanjang tahun.

7. Japanese anemone

Japanese anemone

Bunga yang memiliki kelopak berwarna putih ini memiliki tiga jenis varian yang berbeda, yaitu A. hupehensis, A. vitifolium dan A. tomentosa. Bunga japanese anemone ini dipercaya dapat menghadirkan energi positif, serta menyeimbangkan energi negatif yang ada.

Jika kamu yang ingin menanam Japanese anemon di teras rumah, maka kamu harus menyediakan tanah yang kaya tekstur dan relatif halus. Selain itu, pastikan bunga ini diletakkan di area yang mendapatkan sinar matahari pagi dan sore, karena tanaman ini pertumbuhannya lambat dan mudah mati.

Dilansir dari bhg.com, japanese anemone ini bisa sedikit menyebar, sehingga pastikan untuk menanamnya di tempat yang memiliki banyak ruang untuk tumbuh. Bunga ini memerlukan waktu hingga 3 tahun untuk menunjukkan hasil terbaiknya.

8. Kacapiring

bunga kacapiring

Bunga Kacapiring atau Gardenia (Gardenia jasminoides), merupakan salah satu bunga hias yang sering ditanam di teras rumah. Bunga ini memiliki ciri yaitu bunganya yang berwarna putih dan harum, serta daunnya yang berwarna sangat gelap, sehingga kontras dengan bunganya.

Tak hanya indah saat dilihat, namun kacapiring memiliki manfaat lain. Misalnya daunnya bisa digunakan sebagai obat sariawan, dan akarnya bisa dipakai sebagai obat diabetes hingga pencernaan

Selain itu, di Indonesia sendiri, bunga hias berwarna putih ini menjadi ikon dari Kota Denpasar.

9. Kembang sepatu

kembang sepatu

Kamu mungkin juga sudah tak asing dengan kembang sepatu, kan? Meski tanaman ini dikenal dengan warna merah dan merah mudanya, ada juga kembang sepatu yang berwarna putih lho!

Kembang sepatu ini memiliki ciri helai kelopaknya yang tipis namun bisa bertahan lama. Karena itulah bunga hias ini memiliki simbol kecantikan yang lembut,

Selain penampilannya, bunga yang langka di Eropa ini juga memiliki banyak manfaat, misalnya digunakan untuk memasak maupun memberi rasa pada minuman. Manfaat selanjutnya berasal dari akar, batang, daun, dan mahkotanya, terutama untuk kesehatan.

10. Mawar

bunga mawar

Membahas tentang bunga hias, tentu tak lengkap bila tidak memasukkan bunga mawar dalam daftarnya. Yup, bunga mawar memang sangat populer dimana pun, mulai dari menghias teras rumah hingga digunakan sebagai buah tangan.

Bunga yang identik dengan warna merah ini ternyata juga memiliki warna putih lho! Ketika berwarna putih, bunga ini cocok untuk memperindah teras rumahmu. Karena membuat teras tampak lebih “hidup” dan juga aroma harumnya yang khas.

Sama seperti merawat bunga-bunga lainnya, merawat bunga mawar juga terbilang mudah. Karena kamu hanya harus teratur dalam menyiramnya selama dua kali dalam sehari, yaitu pada saat pagi dan sore hari.

11. Melati

bunga melati

Kamu tentu sudah tak asing dengan bunga hias putih yang satu ini, bukan? Walaupun bunga ini terlihat sederhana, namun bunga putih ini bisa membuat teras rumahmu menjadi lebih cerah dan juga harum.

Selain itu, bunga melati memiliki jangka waktu hidup cukup lama, sehingga keindahan dan keharumannya yang bisa bertahan lebih lama serta mampu membuat taman di rumahmu lebih sejuk.

Kabar baiknya lagi, merawat bunga melati juga cukup mudah. Kamu cukup menaruhnya ditempat yang terkena sinar matahari, kemudian rutin melakukan pemangkasan, dan jangan lupa untuk rutin menyiram dan memberikannya pupuk.

12. Shasta daisy

Shasta daisy

Shasta daisy merupakan bunga yang berasal dari negara Eropa dan Amerika bagian Utara. Mereka memiliki ciri khas kelopak putih, yang corak kuning yang berada di bagian tengahnya.

Umumnya, bunga berwarna putih ini akan mekar pada musim semi dan awal musim panas, mereka juga bisa tumbuh hingga mencapai 2-3 kaki lho!

Saat kamu ingin menanam shasta daisy agar subur, pastikan mereka mendapatkan cahaya matahari yang cukup dan campuran tanah serta pupuk yang seimbang.

Nah itulah 12 bunga hias putih untuk mempercantik teras rumah. Sebelum membeli bibit bunga, pastikan telah membaca informasi lengkap tentang masing-masing bunga, agar kamu dapat memahami bagaimana cara menanam serta merawat bunga yang akan dibeli. Dari 12 bunga di atas, mana yang paling menarik perhatianmu?

Leave a Reply

%d bloggers like this: