11 Tips Menghias Pohon Natal, Agar Makin Indah dan Meriah

Memasuki bulan Desember, semua umat Kristiani yang merayakan hari kelahiran Isa Almasih atau yang kita kenal dengan Hari Natal akan segera tiba. Hari Raya Natal identik dengan pohon Natal, di mana para keluarga dan kerabat saling menghias pohon Natal di rumah masing-masing.

Apakah kamu salah satu yang menghias pohon Natal di rumah? Kita tentu ingin mendekorasi pohon Natal yang sempurna dengan pernak-pernik, ornamen, dan lampu yang dipadukan dengan sempurna. Sehingga menunjukkan pohon Natal yang meriah dan penuh gaya.

Tapi kenyataannya menghias pohon Natal, lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Jika kamu siap membuat pohon Natal menjadi pusat di rumah, kali ini Dirumahkita.com telah merangkum 11 tips menghias pohon Natal, agar makin indah dan meriah.

Baca sampai habis ya!

1. Memiliki pohon Natal berkualitas tinggi

menghias pohon natal

Pohon Natal yang dibuat dari bahan premium memberikan dukungan yang kokoh untuk dekorasi. Kamu akan menemukan bahwa pohon berkualitas tinggi umumnya lebih tahan lama dan dapat bertahan untuk penggunaan berulang tahun demi tahun, sambil mempertahankan tampilannya yang indah.

Dalam hal ukuran, pohon Natal setinggi 2 meter sangat populer. Tetapi kamu juga perlu ingat untuk memilih pohon yang sesuai dengan ukuran ruangan dan tidak membuatnya terasa terlalu sempit.

Jika ruang cukup sempit, ada beberapa pohon Natal ramping yang bagus di pasaran, yang mungkin lebih cocok. Dan ingat, untuk membuat pohon Natal tetap awet, pertimbangkan model dengan fitur canggih yang menawarkan pengaturan dan penyimpanan yang mudah.

Saat membeli pohon Natal, pastikan kamu sudah memiliki penyimpanan pohon Natal yang tepat. Seperti tas dan kotak penyimpanan, serta penyimpanan untuk karangan bunga pintu, ornamen, dan lampu. Agar semuanya tetap lengkap saat menurunkan pohon Natal dan mengemas semuanya.

2. Memisahkan dahan dan bentuk cabang

menghias pohon natal

Memisahkan dahan dan cabang di pohon Natal membantu membuat pohon Natal terlihat lebih penuh dan lebih alami. Yup ini bisa menjadi tugas yang sangat memakan waktu, tetapi percayalah, hasil akhirnya lebih dari sepadan.

Pisahkan setiap dahan dan cabang agar menyebar serta menutupi pohon seluas mungkin. Selain itu jangan ragu untuk membengkokkan masing-masing cabang untuk mengisi celah.

Pohon yang dibentuk dengan tepat bisa menjadi pemandangan yang menarik, betapapun minim atau mewah hiasan yang digunakan.

Ingatlah untuk memakai sarung tangan dan baju lengan panjang jika memungkinkan, untuk menghindari goresan di tangan dan lenganmu saat memisahkan dahan dan cabang.

3. Menyiapkan tema untuk menghias pohon Natal

menghias pohon natal

Pohon Natal yang tampak profesional memiliki tampilan utama yang menyatukan dekorasi. Memutuskan tema sebelum memilih dekorasi dapat membantumu menentukan konsep dan memberikan ide yang jelas tentang cara menghias pohon Natal.

Setelah memutuskan tema yang akandigunakan, buat kumpulan warna untuk menghidupkannya. Misalnya, untuk tampilan pohon Natal yang tradisional namun mewah, gunakan kombinasi warna merah dan emas.

Sedangkan untuk untuk nuansa warna yang dingin, kamu dapat memilih kombinasi putih dan netral lembut, atau pilih biru dan perak untuk tampilan sedingin es.

Gunakan dua dan maksimal tiga warna untuk menjaga agar tampilan pohon Nata;l tidak berantakan. Selain itu pikirkan tentang bahan dan tekstur yang akan digunakan dalam menghias pohon Natal.

Misalnya pernak-pernik beludru mewah cocok untuk pohon mewah, sementara dekorasi kertas dan kayu ideal untuk pohon yang terinspirasi Nordik atau minimalis.

4. Mulailah dengan lampu terlebih dahulu

menghias pohon natal

Penerangan sangat penting di pohon Natal. Jika pohon Natal di rumahmu belum dilengkapi lampu, maka kamu memerlukan lampu pohon Natal.

Sebagai pedoman umum, dilansir dari housebeautiful.com, menyarankan 100 bola lampu atau 5 meter lampu setengah meter pohon Natal. Jadi untuk pohon setinggi 1,8 m, maka kamu membutuhkan 300 bola lampu atau 15 meter lampu.

Hal pertama dan terpenting yang perlu kamu lakukan saat menghias pohon Natal adalah selalu menambahkan lampu terlebih dahulu. Akan lebih sulit melakukannya setelah kamu menambahkan dekorasi seperti pernak-pernik.

Saat memasang lampu, pertama cobalah untuk memasang steker sebagai titik awal, melilitkan lampu di sekitar batang pohon Natal, naik dari tengah pangkal pohon. Lanjutkan melilitkan lampu secara merata di sekitar dahan yang paling dekat dengan batang, lalu ikat ke atas dari tengah mahkota.

5. Menyeimbangkan dekorasi

menghias pohon natal

Mengingat banyaknya dekorasi pohon Natal yang mungkin dimiliki, kamu harus memastikan bahwa semuanya seimbang dan tersebar sesuai dengan keinginan.

Atur hiasan dari bagian atas pohon dan kemudian kerjakan ke arah bawah. Dengan cara ini, kamu dapat dengan mudah memeriksa desain saat menghias pohon Natal.

6. Penataan ornamen yang menarik

menghias pohon natal

Untuk menghias pohon Natal agar menjadi lebih menarik dan memiliki daya tarik visual, kamu dapat pengelompokan tiga pernak-pernik dengan ukuran berbeda. Kamu dapat menyatukan bentuk yang sama atau memilih yang kontras.

Untuk membuat pohon yang seimbang dan menyenangkan secara visual, beli pernak-pernik dalam tiga, enam, atau dua belas, dan letakkan di pohon Natal membentuk ‘Z’.

Kamu harus menggantung pernak-pernik yang lebih besar lebih dekat ke tengah pohon agar lebih dalam, dan gunakan pernak-pernik kecil di ujung cabang.

Gantung pernak-pernik kaca halus di bagian atas pohon untuk mencegah kerusakan, dan tambahkan pernak-pernik khusus terakhir untuk memastikan mereka berada di posisi yang sempurna.

7. Menghias pohon Natal dengan pita dekoratif

menghias pohon natal

Kamu dapat melanjutkan menghias pohon Natal dengan pita dekoratif, yang akan meningkatkan estetika pohon Natal. Kamu dapat menggunakan satu jenis pita atau memasangkan pita dengan tekstur kontras dan lebar yang berbeda, untuk menciptakan hasil yang lebih menarik.

Gunakan pita dengan garis pinggiran, karena ini lebih mudah untuk dibentuk menjadi dekorasi, seperti gulungan atau busur. Selain itu bentuknya juga lebih baik daripada pita tanpa garis pinggiran.

8. Gunakan bunga palsu

menghias pohon natal

Beragam bunga palsu tersedia dalam berbagai bentuk, seperti cabang yang dihias, ranting, beri, atau bahkan kerucut pinus. Gunakan itu sebagai aksen halus untuk melengkapi seluruh tampilan pohon.

Mengelompokkan kelopak bunga bersama menggunakan kawat adalah cara kreatif untuk meningkatkan daya tarik visual pohon Natal tanpa mengalahkan dekorasi lainnya.

Dekorasi ini bagus untuk menambahkan percikan warna yang hidup, tidak hanya pada pohon Natal, tetapi juga pada karangan bunga. Pastikan untuk memilih bunga palsu dengan batang yang bisa ditekuk agar lebih mudah dibentuk.

9. Tambahkan ornamen beraroma

menghias pohon natal

Sekarang kamu juga bisa membuat pohon Natal di rumah tampak seperti yang asli, berkat ornamen beraroma. Yang perlu kamu lakukan adalah membeli sebotol stik tabung kertas beraroma dan letakkan di antara dekorasi di pohon untuk mendapatkan aroma yang baru dipotong.

Kamu akan mendapatkan keharuman segar dalam sekejap dengan aroma favoritmu. Kamu bisa memilih aroma yang cocok untuk suasana hangat Natal, seperti kayu manis, berry, atau cemara musim dingin.

10. Pilih ornamen untuk mahkota pohon yang tepat

menghias pohon natal

Puncak pohon Natal adalah cara yang indah untuk melengkapi tampilan keseluruhan pohon Natal. Pastikan kamu memilih salah satu yang paling sesuai dengan tema dan proporsi pohon, dan pertimbangkan juga ketinggian langit-langit.

Ornamen untuk mahkota pohon Natal atau yang disebut dengan toppers bintang atau malaikat biasanya yang paling populer, tetapi ada banyak desain alternatif untuk dipilih, termasuk desain yang dipersonalisasi. Atau kamu mungkin dapat membuat toppers sendiri.

11. Akhiri dengan rok pohon

menghias pohon natal

Meski sering diabaikan, rok pohon Natal adalah sentuhan akhir dekorasi dan berfungsi untuk menyeimbangkan keseluruhan desain pohon Natal.

Rok pohon juga memiliki banyak manfaat, mulai dari menutupi ‘kaki’, batang atau tegakan pohon yang tidak sedap dipandang, hingga melindungi lantai dan karpet dari batang atau besi kaki yang tajam.

Ini secara alami menarik perhatian ke bagian bawah pohon dan membantu menghasilkan tampilan yang lengkap dan harmonis. Ditambah lagi, rok pohon adalah latar belakang yang sempurna untuk hadiah Natal yang dibungkus dengan indah.

Nah itulah 11 tips menghias pohon Natal, agar tambah indah dan meriah. Semoga dengan mengikuti tips di atas, kamu memiliki pohon Natal yang cantik dan dapat memberikan kenangan indah bersama keluarga. Selamat mencoba!

Leave a Reply

%d bloggers like this: