11 Manfaat Punya Kolam Ikan Mini di Teras Rumah

Menikmati sore hari sambil mendengar suara air dari kolam ikan mini di teras rumah, dapat membantu menenangkan jiwa dan tubuh yang lelah setelah beraktivitas seharian.

Dengan ukuran yang tidak terlalu besar, kolam ikan mini tetap membuat rumah tetap terasa asri dan memiliki tampilan yang lebih cantik. Tak hanya itu saja, kolam ikan di teras rumah memiliki beragam manfaat bagi pemiliknya.

Jika kamu penasaran dengan apa manfaat kolam ikan di rumah atau sudah memilikinya di rumah, berikut Dirumahkita.com telah merangkum informasinya dalam 11 manfaat punya kolam ikan mini di teras rumah.

1. Membantu menjaga keseimbangan lingkungan

kolam ikan mini di teras rumah

Keseimbangan lingkungan ini bisa juga disebut keseimbangan ekologi, yaitu hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya. Ikan memainkan peran penting dalam keseluruhan ekosistem di kolam ikan.

Ikan dapat dianggap sebagai “pemulung sampah” organik, termasuk batang dan daun tanaman yang membusuk di kolam.

Beberapa jenis ikan juga memakan serangga hama, terutama jentik nyamuk, serta karbon dioksida yang dihasilkan dari respirasi mereka.

2. Mengurangi penggunaan energi

kolam ikan mini di teras rumah

Dilansir dari buildwithrise.com, tanpa disadari ekosistem kolam ikan mini di teras rumah dapat menawarkan manfaat efisiensi energi untuk rumah.

Air yang menguap dari permukaan kolam akan mengurangi panas, sehingga menghasilkan semacam layanan penyejuk udara luar ruangan yang alami dan gratis.

Menempatkan kolam kecil di sebelah ruang tamu luar ruangan yang berdekatan dengan rumah juga akan memungkinkan kamu dan keluarga untuk menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan dengan nyaman.

Akhirnya ini akan mengurangi kebutuhan untuk menjalankan AC selama hari-hari musim panas.

3. Cara mendaur ulang air dengan indah

kolam ikan mini di teras rumah

Kolam dapat bertindak sebagai bagian penting dari sistem pengelolaan air terpadu. Kamu mungkin membuang air bekas pakai ke septitank hingga menuju sistem saluran pembuangan kota. Padahal kolam dapat menjadi bagian dari sistem daur ulang air yang indah.

Untuk mendapatkan air daur ulang yang bersih, kamu bisa menggunakan air dari bak cuci dan shower kamar mandi. Kemudian air tersebut dapat disaring melalui lahan basah buatan yang ditanami tanaman penyaring seperti alang-alang, cattail, dan calla lili sebelum dialirkan ke kolam ikan mini teras rumah.

4. Memberikan habitat bagi hewan lain

kolam ikan mini di teras rumah

Kolam ikan mini di teras rumah secara definisi akan bertindak sebagai surga bagi Koi atau ikan mas. Namun, mereka juga menarik dan menyediakan tempat perkembangbiakan satwa liar lokal di lingkungan rumahmu, seperti capung, katak, dan burung.

Kecebong adalah penghuni kolam yang diinginkan karena kebiasaan mereka untuk mengonsumsi alga, dan kodok dan katak dewasa juga membantu dengan mengendalikan populasi serangga.

Oleh karena itu, kolam ikan mini di teras rumah dapat menyediakan perlindungan bagi makhluk yang tinggal di sekitar rumah, dan membawa kedamaian alam yang tepat berada di depan pintu rumah.

5. Kolam ikan dapat menjadi hobi yang menyenangkan

kolam ikan mini di teras rumah

Kolam ikan mini di teras rumah membutuhkan perawatan berkala untuk berkembang, sehingga ini memberikan kamu hobi perawatan rumah yang bagus.

Membangun kolam juga menjadi proyek yang menyenangkan, dan menyaksikan tanaman tumbuh dan berkembang dari waktu ke waktu memang sangat bermanfaat.

Jika kamu mengisi kolam dengan ikan mas dan koi, kamu juga dapat menikmati merawatnya, membiakkannya, dan melihat mereka tumbuh menjadi ikan dewasa yang bahagia dan sehat.

Pemeliharaan kolam bisa menjadi sangat adiktif, jadi jangan heran jika nantinya ingin memasang kolam kedua di kemudian hari.

6. Potensi untuk meningkatkan nilai properti

kolam ikan mini di teras rumah

Bahkan jika kamu tidak mempertimbangkan untuk menjual atau pindah rumah dalam waktu dekat, tidak ada salahnya untuk meningkatkan nilai properti selama kamu tinggal di sana.

Penjualan properti dapat menang atau kalah hanya pada tampilan taman, jadi ketika kamu menambahkan kolam hias yang indah, ini adalah cara yang pasti untuk menambahkan faktor “wow” pada rumahmu, serta meningkatkan peluang untuk membuat penjualan rumah dengan cepat dan mudah di masa depan .

7. Membantu memanfaatkan ruang kosong dengan baik

kolam ikan mini di teras rumah

Jika kamu memiliki teras yang ukurannya tidak terlalu besar, biasanya kamu hanya akan melihat hamparan teras atau halaman rumput, yang cukup membosankan serta membuang-buang area luar rumah yang bagus.

Di sinilah kolam ikan mini menjadi pilihan yang tepat, karena memanfaatkan ruang kosong itu secara alami yang bermanfaat bagi keluarga dan lingkungan.

Selain itu, kamu juga memiliki lebih sedikit rumput untuk dipangkas. Lahan kosong yang tersisa, juga bisa kamu manfaatkan unutk hal lain. Seperti menanam tanaman hias atau membuat area duduk.

8. Suara kolam ikan mini di teras rumah yang menenangkan dan membuat rileks

kolam ikan mini di teras rumah

Suara air terkenal sangat menenangkan dan menyenangkan untuk didengarkan. Bahkan tak sedikit akuarium atau suara air yang dipasang di ruang spa untuk membuat para tamu menjadi lebih rileks.

Inilah mengapa memasang kolam ikan mini di teras rumah adalah cara sempurna untuk mengubah teras menjadi surga yang tenang dan damai.

Anggap saja bahwa terasmu adalah sumber alami penghilang stres dan kepenatan di rumah. Dengan adanya kolam ikan mini yang bisa dinikmati secara indra penglihatan dan pendengaran, dapat membuatmu merasa ingin menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan.

9. Mengembangkan kesadaran lingkungan pada anak-anak

kolam ikan mini di teras rumah

Membuat generasi penerus berpikir tentang alam sejak dini, dapat mendorong mereka untuk melanjutkan minat terhadap lingkungan hingga dewasa.

Merencanakan, membangun, dan memelihara kolam ikan mini di teras rumah dapat mengajari anak-anak, cucu, keluarga besar, dan remaja di lingkungan, bagaimana ekosistem alami bekerja, dan itu juga dapat membantu mereka memahami tanggung jawab yang kita semua miliki untuk merawat lingkungan kita.

Dengan mengembangkan rasa kesadaran lingkungan yang baik, semoga ini akan meningkatkan semangat mereka untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi planet kita!

10. Mencegah potensi irigasi

kolam ikan mini di teras rumah

Saat musim hujan, air dari atap dan sistem selokan, dapat berakhir sebagai limpasan air hujan yang bisa mencemari daerah aliran sungai setempat dan memberi tekanan pada sistem saluran pembuangan kota.

Untuk menjaga kebersihan dan keasrian di lingkungan, air hujan dari atap juga dapat dikirim ke kolam ikan mini di teras rumah.

Ketika dikirim ke kolam ikan di rumah, pada akhirnya akan menciptakan reservoir air tawar, yang nantinya dapat digunakan untuk keperluan irigasi di luar ruangan.

11. Membuat keluarga dan kerabat takjub hingga terinspirasi

kolam ikan mini di teras rumah

Bukan hal yang mengherankan lagi bahwa kolam ikan mini di teras rumah terlihat sangat menakjubkan. Pertama, dari cara penggunaan area rumah yang minimalis, dapat membuat banyak orang terinspirasi untuk memilikinya.

Selain itu, permukaan kolam ikan yang berkilau dan beriak di bawah sinar matahari adalah pemandangan yang benar-benar menyenangkan. Belum lagi kolam ikan ini menjadi titik fokus indah yang ditambahkan ke teras rumahmu.

Ketika dikelilingi oleh tanaman hias, alang-alang, dan bunga lili air, kolam taman adalah suguhan visual, ditambah sumber wewangian botani yang bagus untuk dinikmati oleh keluarga dan kerabat sambil duduk di teras.

Nah itulah 11 manfaat punya kolam ikan mini di teras rumah. Ternyata manfaat kolam ikan mini ini tak hanya untuk dirasakan oleh diri sendiri, namun juga bisa dirasakan oleh anak-anak, keluarga, hingga kerabat yang berkunjung. Jadi, tunggu apa lagi, tertarik untuk memiliki kolam ikan mini di teras rumahmu?

Leave a Reply

%d bloggers like this: