10 Tips Membuat Ruang Tamu Kecil Jadi Lebih Luas

Ruang tamu kecil kerap kali menjadi masalah bagi beberapa pemilik rumah, karena tidak nyaman, sulit menempatkan furnitur, kurangnya area bergerak, dan lain-lain.

Padahal sebenarnya ruang tamu yang kecil memiliki manfaatnya, yaitu area yang lebih sedikit untuk dibersihkan dan biaya perawatan yang lebih kecil untuk diperhitungkan.

Konon, ruang tamu kecil seringkali terasa seperti beban karena terlihat sempit atau suram atau terbatas. Namun jangan takut! Ada cara untuk membuat ruang tamu kecil tampak lebih besar dan cerah, bahkan kamu tidak perlu ada perubahan struktural yang merepotkan.

Berikut Dirumahkita.com telah merangkum beberapa ide membuat ruang tamu kecil menjadi lebih luas, tanpa mengorbankan daya tarik visual. Yuk simak!

1. Pilih sofa dengan ukuran yang kecil

tips membuat ruang tamu kecil lebih besar

Saat kamu kebingungan saat mendekorasi ruang tamu kecil, mulailah dengan barang yang paling penting: sofa. Furnitur yang satu ini dapat membuat ruang tamu menjadi lebih baik atau sebaliknya, menghancurkan ruang. Dan terlalu sering, orang memilih sofa yang terlalu besar untuk ruangan.

Ukuran kecil itu penting dalam menata ruang tamu berukuran kecil. Sofa yang kamu gunakan seharusnya terasa ringan secara visual di dalam ruangan. Artinya menghindari lengan yang tebal, lengan yang tinggi, dan hindari punggung yang tinggi.

Pastikan juga sofa tidak terlihat menyentuh tanah. Kamu tentu perlu sofa dengan kaki yang tipis, dengan aliran udara di bawahnya. Kaki kayu atau logam setinggi 15 cm dari tanah sudah cukup.

Di ruang tamu yang benar-benar sempit, pasti hindari kursi sofa atau sectional. Gunakan bantalan kaki saat kamu ingin mengangkat kaki. Ini akan menghemat banyak ruang.

2. Gunakan banyak pencahayaan dalam desain ruang tamu kecil

tips membuat ruang tamu kecil lebih besar

Dalam hal ide ruang tamu berukuran kecil, pencahayaan memainkan peran utama. Pencahayaan yang tepat dapat membuat ruang yang kecil terlihat lebih besar dari yang sebenarnya.

Selain memaksimalkan jumlah cahaya alami yang masuk, sebaiknya kamu juga menggunakan pencahayaan buatan saat mendekorasi ruang tamu kecil.

Gunakan berbagai jenis lampu seperti lampu sorot dan pencahayaan tersembunyi untuk membuat ruang terlihat lebih besar.

3. Menggunakan warna monokromatik

tips membuat ruang tamu kecil lebih besar

Kamu mungkin tergoda untuk membuat ruang tamu dengan konsep bohemian atau warna-warni, tetapi ini akan membuat ruang tamu tampak lebih kecil.

Alih-alih, gunakan cat untuk membuat palet monokromatik, sebaiknya gunakan warna yang lebih terang dan lembut.

Hindari juga pola wallpaper dengan motif yang berat karena bentrokannya akan membanjiri ruang. Namun, kamu dapat memilih untuk bermain dengan tekstur dalam palet warna monokromatik.

4. Ide ruang tamu dengan menggunakan dinding aksen

tips membuat ruang tamu kecil lebih besar

Siapa bilang ruang tamu kecil tidak bisa tampil memukau? Jika kamu mencari ide dekorasi ruang tamu, dinding aksen adalah pilihan tepat untuk menciptakan dinding yang mewah.

Dinding aksen atau dinding fitur sendiri merupakan dinding interior yang desainnya berbeda dari dinding lain di ruangan itu. Ini bisa digunakan pada satu atau dua area dinding.

Meski tidak semua orang menyukai dinding polos, namun mendekorasi keempat dinding dalam ruang yang kecil bisa membuat ruangan tampak lebih sempit.

Sehingga dalam kasus seperti ini, dinding aksen akan menjadi ide yang lebih baik.

5. Dekorasi ruang tamu kecil dengan cermin

tips membuat ruang tamu kecil lebih besar

Ide ruang tamu kecil tentu tidak akan lengkap tanpa dekorasi cermin, bukan? Yup, sudah menjadi fakta umum bahwa permukaan reflektif, seperti cermin, dapat menciptakan ilusi ruang.

Alih-alih memasang wallpaper atau mengecat seluruh dinding dengan warna polos yang membosankan, letakkan cermin di seluruh dinding dan letakkan furnitur ruang tamu di depannya. Cermin akan membuat ruangan terasa lebih luas.

Jadi, jika kamu terjebak mendekorasi ruang tamu, gunakan cermin sebagai dekorasi. Ini reflektif tanpa berlebihan dan membuat ruang terasa jauh lebih menarik, bukan begitu?

6. Desain ruang tamu dengan rak dinding

tips membuat ruang tamu kecil lebih besar

Bagi banyak pemilik rumah, penyimpanan selalu menjadi fokus perhatian. Ini terutama berlaku jika kamu memiliki desain ruang tamu kecil.

Jika kamu mencari ide dekorasi ruang tamu kecil yang juga berfungsi ganda sebagai tempat penyimpanan, maka pilihlah rak floating yang menempel di dinding.

Ini memastikan bahwa lantai di ruang tamu memberikan ruang kebebasan untuk bergerak tanpa harus menabrak benda.

7. Ide ruang tamu kecil dengan karya seni

tips membuat ruang tamu kecil lebih besar

Menemukan ide dekorasi ruang tamu kecil bisa menjadi tugas yang menantang. Sebagian besar kamu mungkin akan menemukan inspirasi dekorasi yang hanya bisa digunakan di sekitar ruang yang lebih besar.

Tapi satu tip dekorasi ruang kecil yang selalu berhasil adalah dengan menggunakan karya seni. Seni adalah cara terbaik untuk menciptakan ruang tamu yang glamor dan elegan. Namun pastikan kamu tidak salah dalam memilih dekorasi untuk ruang tamu berukuran kecil.

Membuat dinding berkonsep galeri mungkin tampak terlalu penuh untuk ruang kecil. Tetapi dilansir dari housebeautiful.com, sebenarnya kamu bisa membuat dinding berkonsep galeri terasa lebih besar jika memanjang ke langit-langit.

Kamu perlu meletakkan karya seni sejajar ketinggian mata dan lebih tinggi, untuk menipu mata dan memperluas atau menonjolkan ketinggian ruangan.

Ditambah lagi jika kamu menerapkan seperti potret ruang tamu diatas, efek mengilap dari cat merah di langit-langit membuat ruang kecil terasa lebih besar dan juga lebih elegan.

8. Gunakan meja samping sebagai meja kopi ruang tamu kecil

tips membuat ruang tamu kecil lebih besar

Seperti yang kita ketahui, meja ruang tamu dibuat dengan ukuran yang terlalu besar. Kebanyakan meja tamu yang tergolong kecil masih berdiameter sekitar 90cm. Dan jika kamu berada di ruang tamu kecil, kamu membutuhkan setiap inci ruang yang bisa gunakan.

Mengingat hal itu, sebagai solusinya kamu dapat menggunakan meja samping sebagai meja ruang tamu. Lebih baik lagi, kamu bisa menggunakan dua meja samping.

Misalnya yang satu memiliki ukuran yang lebih tinggi dari yang lain, jadi yang lebih kecil akan diselipkan di bawah yang besar. Hal ini memungkinkan banyak keserbagunaan di dalam ruangan, dan menghemat ruang.

Bonus lainnya adalah betapa terjangkaunya meja samping dibandingkan dengan meja ruang tamu, terutama dari rentang harga atau merek yang sama.

Satu-satunya hal yang perlu diingat dengan meja samping adalah tingginya. Dalam hal cara mendekorasi ruang tamu kecil, kamu menginginkan furnitur rendah. Jadi pastikan tinggi meja samping tidak lebih tinggi dari tinggi kursi sofa.

9. Mengunakan karpet dengan ukuran yang lebih besar

tips membuat ruang tamu kecil lebih besar

Saat mendekorasi ruang tamu kecil, banyak orang menganggap karpet kecil adalah pilihan yang tepat. Tapi sebenarnya sebaliknya, terutama jika kamu memiliki papan lantai atau ubin di ruang tersebut.

Dilansir dari tlcinteriors.com.au, dengan menggelar permadani kecil di sepanjang sofa, kamu dapat “menipu mata” dengan berpikir bahwa ruang tamu tidak melampaui batas karpet.¬†Maksudnya, kamu akan melihat batas karpet dan menganggap itu adalah tepi ruang tamu.

Ini juga membantu menyeimbangkan semua bagian di ruang tamu kecil seperti sofa, meja samping, dan bantalan kaki. Jadi terlepas dari semua keinginan untuk menjadi minimalis, kecualikan di bagian karpet.

Tips tambahan, gunakan karpet persegi panjang. Mungkin kamu ingin mencoba karpet berbentuk lingkaran agar ruangan terasa lebih kecil, tetapi itu hanya akan membuat ruangan terasa kurang menarik.

10. Memilh lampu dinding daripada lampu langit-langit

tips membuat ruang tamu kecil lebih besar

Kami telah menyebutkan sebelumnya bahwa pencahayaan dapat membuat ruang tamu terlihat lebih besar.

Sekarang, jika memilih lampu langit-langit tidak memungkinkan, lampu dinding adalah pilihan bagus lainnya. Satu set lampu gantung di salah satu sudut dapat menciptakan efek yang menakjubkan.

Nah itulah informasi seputar 10 tips membuat ruang tamu kecil jadi lebih luas. Desain ruang tamu kecil tidak harus menjadi mimpi buruk bagi setiap pemilik rumah. Dengan ide ruang tamu kecil ini, kamu tentu siap menciptakan tipuan mata cerdas dan menggunakan ruang tamu secara maksimal!

Leave a Reply

%d bloggers like this: