10 Rahasia Desain Kamar Tidur Kecil, yang Perlu Kamu Tahu

Saat ini banyak perhatian yang telah diberikan pada rumah-rumah besar dan kamar-kamar luas, sehingga mereka dianggap menjadi lambang kemewahan. Namun, bagi pemilik kamar tidur kecil, tak perlu berkecil hati.

Kamar tidur kecil bisa dibuat senyaman atau semewah mungkin, tentunya dengan desain yang tepat.

Ketika dirancang dengan baik, desain kamar tidur kecil dapat mengarah pada area fungsional yang berfungsi sebagai tempat peristirahatan setelah hari yang panjang, dan tidak menyisakan area yang penuh kekacauan.

Meskipun kurangnya ruang mungkin terasa seperti beban pada awalnya, ini adalah kesempatan emas untuk melenturkan pikiran kreatif.

Jika kamu ingin merenovasi kamar tidur kecil agar lebih nyaman dan mewah, berikut ini Dirumahkita.com telah merangkum 10 rahasia desain kamar tidur kecil, yang perlu kamu tahu. Yuk simak!

1. Tambahkan warna melalui aksesori

Rahasia desain kamar tidur kecil

Aturan yang berlaku dalam desain kamar tidur kecil adalah membutuhkan warna yang lebih terang, lebih cerah, dan lebih putih.

Itu memang permainan yang aman, tetapi ada juga cara menggunakan warna gelap pada desain interior kamar tidur kecil, yang akan mencerminkan selera desain yang tajam.

Warna putih dan netral seperti krim, putih pudar, abu-abu, krem, dan warna ecru membuat ruang kecil terlihat lebih besar. Apakah terlihat pucat atau monoton?

Yup, kamu dapat memecah kemonotonan tanpa harus membuat kamar terlihat berantakan, misalnya dengan memasukkan semburat warna yang lebih gelap atau cerah di seluruh ruang.

Warna-warna ini dapat disalurkan melalui salah satu aksen dinding, karpet bertekstur, speak, jok kursi, atau gorden.

2. Memanfaatkan setiap area sudut kecil

Rahasia desain kamar tidur kecil

Di ruang yang sudah kecil, pastikan kamu memanfaatkan sepenuhnya setiap sudut yang tersedia. Selalu ada cara untuk memanfaatkan setiap ruang.

Ambil contoh kamar di atas ini, kamu dapat mengubah area ekstra di dekat kamar tidur menjadi area belajar atau kerja.

Yang kamu butuhkan hanyalah partisi seperti meja atau rak untuk memisahkan area kerja dari kamar tidur, dan membuat desain kamar tidur kecil lebih fungsional.

3. Menambahkan tekstur

Rahasia desain kamar tidur kecil

Ketika kamu ingin menambahkan lapisan kedalaman ke desain kamar tidur kecil, tekstur dapat kamu andalkan.

Hal ini terutama terjadi pada ruangan yang menggunakan palet warna netral atau putih yang dominan. Tekstur menambah kedalaman dan dimensi tanpa menambah volume pada ruangan.

Cara yang baik untuk memasukkan tekstur ke dalam ruang adalah mulai dengan kain pelapis. Kain beludru dan suede dapat digunakan pada rangka tempat tidur berlapis kain, gorden, pouffe, dan sandaran.

Kain-kain ini langsung memberikan getaran mewah terlepas dari warna apa yang kamu pilih. Dengan cara ini juga, kamu bisa menggunakan palet warna yang terbatas, dan masih bisa mendapatkan tampilan yang dramatis.

4. Menambahkan rak

Rahasia desain kamar tidur kecil

Di ruangan kecil, perabot yang terletak di area atas dapat membantu meninggikan desain interior dan memperluas ruang secara visual. Rak adalah salah satu opsi tersebut.

Rak yang dipasang di dinding menawarkan banyak penyimpanan tanpa menghabiskan ruang tanah yang berharga.

Kamu bisa memilih rak penyimpanan dengan banyak pilihan rak yang terbuka dan tertutup. Beberapa penyimpanan juga memiliki lemari atas dan bawah untuk menyimpan barang-barang penting.

Rak apung juga memberikan tampilan trendi pada desain kamar tidur kecil. Mereka meningkatkan penyimpanan yang tersedia dan membuat tempat pajangan yang sempurna untuk elemen dekorasi.

Untuk hasil akhir yang mewah, pertimbangkan untuk mengecat rak dengan warna yang berbeda dari dinding. Namun jika kamu lebih menyukai tampilan yang lebih berani, rak kayu atau rak yang kontras akan menjadi fitur tersendiri

5. Memilih furnitur dengan fitur hemat ruang

Rahasia desain kamar tidur kecil

Di beberapa titik dalam proses menyusun desain kamar tidur kecil, pemilik rumah yang mengerjakan ide ruangan kecil harus menghadapi musik pepatah dan menghadapi kendala ruang.

Namun, perencanaan yang cerdas dan penggunaan furnitur hemat ruang akan sangat membantu dalam menyelesaikan desain yang mulus secara visual dan praktis.

Misalnya, kamu bisa menggunakan lampu gantung pada desain interior kamar tidur kecil, agar tidak memakan banyak tempat.

Kamu juga bisa menggunakan lemari geser yang memberikan semua manfaat fungsional dari lemari pakaian biasa. Namun, mereka menggunakan pintu geser bukan pintu berengsel.

Manfaat yang jelas adalah bahwa pintu geser tidak memakan ruang ekstra. Saat terbuka, tidak seperti pintu berengsel yang secara efektif menghalangi sejumlah ruang lantai.

Untuk desain kamar tidur kecil yang menggunakan palet warna terbatas, lemari geser bisa dicat dengan warna yang sama dengan dinding.

Namun, pintu reflektif atau cermin dapat memantulkan cahaya dan lapisan kayu dapat membuat ruangan terlihat modern.

7. Selalu menjaga kebersihan kamar tidur kecil

Rahasia desain kamar tidur kecil

Kamu mungkin sudah menyadari bahwa kamar yang bebas kekacauan, tak hanya membuat kamar lebih rapi. Namun juga bisa menjaga kesehatan fisikmu.

Yup, dengan kamar yang rapi, kamu tentu tidak ingin tersandung sepatu yang tersesat lagi. Tetap teratur dan rapi akan berarti daya tarik visual dan ruangan bebas kecelakaan.

Kunci untuk menjaga desain kamar tidur kecil agar tidak berantakan adalah mengembangkan sistem organisasi. Sistem ini harus sejalan dengan aturan ada tempat untuk segala sesuatu dan segala sesuatu pada tempatnya.

8. Pilih jenis lantai yang tepat

Rahasia desain kamar tidur kecil

Saat memilih jenis lantai yang tepat, pilihlah yang tahan lama dan mudah dirawat.

Dilansir dari livspace.com, akrilik high-gloss dapat digunakan untuk menginduksi warna ke dalam ruang dan memantulkan sinar matahari yang tersedia.

Di sisi lain, laminasi matte terlihat jauh lebih sederhana.Mereka juga tersedia dalam berbagai warna dan tekstur.

Veneer memiliki kemampuan untuk mereplikasi tekstur dan warna kayu, jadi untuk ide ruangan kecil yang menggunakan estetika klasik, finishing ini adalah pilihan yang baik.

Hasil akhir yang dipernis ideal untuk menciptakan ruang reflektif yang tidak mengkilap namun tetap memancarkan cahaya.

9. Memanfaatkan area kosong tempat tidur

Rahasia desain kamar tidur kecil

Selain lemari, tempat tidur merupakan area terbesar dalam kamar tidur. Ketika kamu salah memilih jenis tempat tidur, maka itu bisa berdampak pada desain kamar tidur kecil.

Jika kamu ingin menggunakan tempat tidur kecil, maka kamu bisa menggunakan tempat tidur trundle.Tempat tidur ini rendah, dan memiliki rangka beroda yang disimpan di bawah tempat tidur biasa.

Menariknya tempat tidur beroda adalah dapat didorong kembali ke bawah tempat tidur yang lebih tinggi saat tidak digunakan, dan ditarik saat dibutuhkan. Ini juga mencegah kamar terlihat sempit.

Pada kamar yang digunakan oleh orang dewasa atau anak-anak yang sedang tumbuh, tempat tidur trundle adalah pilihan yang lebih praktis daripada tempat tidur susun.

Ini ideal untuk anak-anak dan untuk digunakan di ruangan dengan banyak ruang vertikal.

Namun jika kamu membutuhkan tempat tidur yang lebih besar, maka tempat tidur dengan ruang penyimpanan di bawah adalah pilihan tepat.

Ini adalah tempat tidur yang dapat ditiduri tetapi juga dilengkapi dengan laci atau penyimpanan di bawah tutupnya untuk menyimpan tempat tidur, bantal, pakaian, atau barang lain yang ingin kamu simpan.

10. Gunakan ruang vertikal untuk penyimpanan

Rahasia desain kamar tidur kecil

Dalam aturan desain kamar tidur kecil, saat area lantai berantakan dan penuh sesak, inilah saatnya untuk melihat ke atas. Manfaatkan ruang vertikal kamar dan pasang rak di dinding dan lebih dekat ke langit-langit.

Gunakan mereka sebagai tepian layar, atau untuk menyimpan barang yang tidak perlu  digunakan secara teratur

Nah itulah informasi seputar 10 rahasia desain kamar tidur kecil, yang perlu kamu ketahui. Dari informasi di atas, kini kamu memahami bahwa ukuran kamar yang kecil tetap bisa tampil menarik asal dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Leave a Reply

%d bloggers like this: