10 Ikan Hias Air Tawar Terbaik untuk Akuarium di Rumah

Tahukah kamu bahwa memiliki akuarium di rumah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan? Mulai dari mengurangi stres hingga menurunkan tekanan darah.

Jika ingin menambah dekorasi rumah sekaligus menjaga kesehatan, memiliki akuarium ikan hias air tawar adalah solusi yang tepat. Menurut Feng Shui, memiliki akuarium di rumah juga membawa keberuntungan atau energi positif ‘Qi’ yang baik.

Memiliki ikan hias air tawar cenderung lebih mudah dirawat daripada tangki air asin. Selain itu, ikan air tawar memiliki pilihan spesies berwarna-warni dan unik yang indah yang membuat akuarium lebih indah.

Apakah kamu seorang pemilik akuarium baru atau berpengalaman, dan ingin menambah koleksi ikan hias air tawar. Berikut Dirumahkita.com telah menyiapkan 10 ikan hias air tawar terbaik untuk akuarium di rumah. Yuk simak!

1. Ikan neon tetra

ikan hias air tawar terbaik untuk akuarium di rumah

Neon tetra merupakan salah satu spesies ikan hias air tawar yang paling terkenal dalam daftar ini. Neon Tetra adalah ikan kecil, kurus, dan mudah dirawat, sehingga sangat  ideal untuk pemilik baru. Neon Tetra tidak tumbuh terlalu panjang, panjangnya bahkan hanya mencapai 2,2 cm lho!

Mereka dikenal sebagai spesies yang sangat damai dan tenang. Mereka melakukan yang terbaik ketika dibiarkan dalam kelompok dan dalam akuarium dengan batu, tanaman, dan aksesori lain yang dapat menjadi tempat mereka bersembunyi.

Neon tetra juga dapat dengan mudah dikenali dari tubuh biru dan garis merah cerah di tubuh mereka.

2. Ikan guppy

ikan hias air tawar terbaik untuk akuarium di rumah

Kamu mungkin sudah tak asing dengan jenis ikan hias air tawar ini bukan? Yup, guppy adalah spesies ikan lain yang bisa menjadi hewan peliharaan yang sempurna untuk pemula.

Mereka sangat mudah dirawat, tetapi cenderung berkembang biak dengan cepat jika jenis kelaminnya tidak dipisahkan. Mereka datang dalam berbagai warna, dengan laki-laki lebih berwarna flamboyan daripada perempuan.

Guppy juga dapat beradaptasi dengan berbagai kondisi air, dan memiliki kepribadian yang lincah, itulah yang membuat mereka begitu populer.

Dilansir dari petlandtexas.com, sangat penting untuk menjaga suhu air tetap konsisten saat memelihara guppy. Pertahankan 10-29°C) agar mereka dapat hidup bahagia di dalam akuarium.

3. Ikan molly

ikan hias air tawar terbaik untuk akuarium di rumah

Kecil dan santai, molly adalah spesies air tawar yang mudah dirawat. Ikan ini dapat tumbuh sekitar 7-10 cm panjangnya dan bersifat omnivora, yang berarti mereka dapat memakan tumbuhan dan hewan lainnya.

Yang menarik dari makhluk air tawar ini adalah mereka melahirkan bayinya, tidak seperti ikan lainnya. Seperti ikan guppy, ikan molly suka berkembang biak.

Jadi jika kamu tidak ingin memelihara banyak ikan cantik ini di akuarium, pastikan untuk mempertahankan satu jenis kelamin saja.

4. Ikan cupang

ikan hias air tawar terbaik untuk akuarium di rumah

Ikan cupang, yang juga dikenal sebagai ikan petarung siam atau ikan beta, adalah pilihan ikan hias air tawar populer lainnya untuk akuarium di rumah.

Ikan ini cenderung hadir dalam beragam warna yang indah, dan cerah. Ikan cupang dikenal karena sifatnya yang sangat teritorial dan agresif dengan ikan lain, terutama jantan.

Jika ikan cupang cukup damai, mereka dapat dipelihara dalam akuarium besar bersama spesies ikan lainnya.

Namun pastikan untuk tidak menempatkannya di akuarium dengan ikan yang mirip, seperti guppy. Jika memungkinkan, kamu dapat menempatkannya di akuarium ikan cupang sendiri, lengkap dengan substrat dan tanaman.

5. Ikan mas

Ikan hias air tawar lain yang sangat populer adalah ikan mas. Ikan yang satu ini adalah spesies cantik yang dapat tumbuh hingga 35 cm di alam liar.

Beberapa ikan mas liar bahkan dapat hidup hingga 25 tahun atau bahkan lebih lama! Ikan mas peliharaan, biasanya akan tumbuh subur di akuarium yang setidaknya berukuran 20 galon.

Ikan ini membutuhkan perawatan konstan, seperti penggantian air dan filter mingguan. Ikan mas bisa datang dalam berbagai bentuk, ukuran, warna, dan jenis.

6. Ikan bidadari

ikan hias air tawar terbaik untuk akuarium di rumah

Anggota keluarga Cichlid, Angelfish atau ikan bidadari adalah ikan hias air tawar populer yang dapat tumbuh hingga 15 cm dengan tinggi 20 cm.

Mereka sangat cantik, dan tersedia dalam berbagai warna dan pola. Ikan bidadari juga bisa memakan tumbuhan dan hewan lain, seperti serangga kecil dan udang, tetapi harus dijauhkan dari ikan kecil.

Perlu diingat bahwa ikan bidadari bisa menjadi teritorial dan agresif (meskipun tidak berada di level ikan cupang), jadi yang terbaik adalah menyimpannya di dalam akuarium tanpa banyak ikan.

7. Ikan golden dwarf barbs

ikan hias air tawar terbaik untuk akuarium di rumah

Golden Dwarf Barbs adalah ikan hias air tawar yang kurang dikenal, namun mereka ideal untuk pemilik akuarium baru.

Ikan ini dapat tumbuh hingga 4 cm, dan dapat dengan mudah dikenali dari warna kuning keemasan dan tanda hitam di tubuhnya.

Ikan Golden Dwarf Barbs berkembang paling baik saat disimpan dalam akuarium dengan tanaman. Mereka bisa hidup dengan jenis ikan lainnya. Namun, tidak lebih dari lima jenis ikan hias air tawar.

8. Ikan pelangi

ikan hias air tawar terbaik untuk akuarium di rumah

Ikan pelangi atau rainbowfish adalah ikan lain yang kurang umum yang mudah dirawat. Warna-warna cerah mereka tidak benar-benar sama sampai mereka dewasa.

Tetap saja, itu layak untuk dimiliki dengan perawatan dan pemeliharaan yang tepat.

Ikan ini bisa sangat pemalu tetapi biasanya damai dengan ikan lain di dalam akuarium mereka. Ikan pelangi ini bisa tumbuh rukun dengan ikan golden dwarf barbs dan neon tetra.

9. Ikan zebra danios

ikan hias air tawar terbaik untuk akuarium di rumah

Ikan hias air tawar yang sempurna untuk pemula lainnya adalah ikan zebra danios. Mereka merupakan ikan kecil dengan pemeliharaan rendah, yang biasanya tumbuh hingga 5-7 cm.

Karena mereka adalah ikan kawanan, mereka perlu dipelihara secara berkelompok, jika tidak, mereka akan menjadi sangat stres.

Ikan zebra danios suka makan cacing, serangga, dan krustasea. Namun mereka juga bisa diberi makan makanan serpihan ikan yang khas. Namun akan lebih baik untuk memberikan pola makan yang bervariasi untuk mereka.

Jenis ikan ini juga dikenal suka melompat keluar dari akuarium, jadi pastikan selalu tertutup.

10. Ikan platy

ikan hias air tawar terbaik untuk akuarium di rumah

Ikan platy atau platies adalah ikan hias air tawar yang menakjubkan, karena hadir dalam berbagai warna eksotis.

Mereka biasanya menjadi ikan damai, yang tumbuh subur di akuarium dengan jenis yang berbeda. Kamu mungkin melihat mereka bergaul dengan ikan guppy dan molly. Inilah mengapa mereka sangat sosial!

Ikan platy membutuhkan campuran makanan nabati dan protein, meski mereka juga bisa makan makanan berbahan dasar daging.

Nah itulah informasi seputar 10 ikan hias air tawar terbaik untuk akuarium di rumah. Ikan air tawar bisa menjadi ikan air asin yang flamboyan dan berwarna-warni. Sebagian besar waktu, ikan air tawar adalah makhluk kecil yang tangguh dan kokoh yang pantas mendapatkan cinta dan perhatian kita.

Jika kamu adalah pemilik akuarium baru, pastikan untuk merawat ikan secara teratur dan mempelajari kepribadian mereka yang berbeda-beda tergantung jenisnya. Seiring waktu, kamu akan belajar mencintai ikan hias air tawar di rumah yang lucu dan menakjubkan!

Leave a Reply

%d bloggers like this: