10 Hal yang Tak Boleh Dimiliki pada Ruang Kerja di Rumah

Ketika Covid-19 melanda sekitar 3 tahun yang lalu, banyak perusahaan yang mengadopsi lingkungan kerja jarak jauh atau yang kita kenal dengan Work From Home (WFH).

Meski bekerja di rumah, banyak perusahaan yang dengan cepat menyadari bahwa kinerja tetap sama atau meningkat, dan angka kepuasan karyawan sangat tinggi.

Namun kelemahan dari bekerja di rumah adalah banyak pekerja yang tiba-tiba menyadari bahwa mereka tidak memiliki ruang kerja di rumah yang sesuai untuk memenuhi gaya hidup bekerja di rumah.

Dari sini lah banyak masyarakat yang menciptakan lingkungan kerja yang sempurna untuk diri sendiri. Meskipun kebebasan berkreasi itu bagus, ada beberapa area pertimbangan dan barang yang tidak boleh disertakan saat mendesain ruang kerja di rumah.

Untuk itu, Dirumahkita.com akan menguraikan beberapa hal yang tidak boleh dimiliki pada ruang kerja di rumah. Apa sajakah itu?

1. Pencahayaan yang buruk

hal yang tak boleh dimiliki pada ruang kerja di rumah

Pencahayaan adalah komponen besar dari lingkungan kerja yang tepat. Untungnya di rumah, kamu bisa menghindari lampu neon keras yang dimiliki banyak kantor.

Sebagian besar ruang kerja di rumah diterangi oleh beberapa bola lampu yang ditempatkan oleh lampu langit-langit. Ini membuat sudut ruangan (di mana meja sering diletakkan) kurang terang dan tidak berfungsi untuk tujuan membaca.

Sebagai solusinya, kamu dapat memiliki setidaknya satu lampu meja atau lampu yang dipasang di dinding untuk membantu mencerahkan ruang kerja di rumah. Cahaya lampu yang lebih lembut juga merupakan cara yang bagus untuk masuk ke waktu mulai pagi hari.

2. Kursi kerja yang tidak nyaman

hal yang tak boleh dimiliki pada ruang kerja di rumah

Sekarang mungkin kamu akan bekerja dari rumah selama beberapa hari. Sehingga sangat penting untuk memiliki kursi kerja yang fungsional dan nyaman.

Sebagian besar kursi kerja menawarkan bantalan dan penyangga pinggang terbaik, meski sayangnya bukan yang paling bergaya.

Ini bisa sulit untuk diputuskan, terutama ketika kamu mencoba memasukkan mode dengan fungsionalitas, tetapi yang terbaik adalah memutuskan di sisi praktis.

Sebagai solusinya, kamu perlu melakukan riset sebelum memilih kursi terbaik untuk ruang kerja di rumah. Ada banyak ulasan online untuk berbagai produsen dan penjual kursi kerja.

Jika memungkinkan, temukan toko lokal dan uji beberapa opsi berbeda dan temukan satu yang sesuai dengan desain ruang kerja di rumah, dan berpotensi membuat kamu merasa nyaman setidaknya selama duduk delapan jam.

3. Penyimpanan yang tidak memadai

hal yang tak boleh dimiliki pada ruang kerja di rumah

Pikirkan semua dokumen, file, dan proyek yang biasa kamu lihat setiap hari di kantor. Semua itu tidak berhenti hanya karena kamu bekerja di rumah sekarang.

Satu-satunya perbedaan adalah kamu sekarang akan bertanggung jawab untuk menyimpan semua file pekerjaan di rumah.

Jika kamu memiliki area di rumah yang dedikasikan sebagai ruang kerja, pilihlah dinding lemari penyimpanan built-in.

Ini akan memberikanmu kebebasan untuk merancang tata letak kabinet dan mengecatnya agar sesuai dengan rencana ruang.

4. Area meja yang terbatas

hal yang tak boleh dimiliki pada ruang kerja di rumah

Tidak merencanakan dengan tepat ukuran meja, dapat membuat kamu merasa berantakan dan kewalahan. Seperti yang kita semua tahu, kertas dan proyek dapat menumpuk dengan cepat, dan tidak memiliki ruang meja yang cukup untuk menyimpan dokumen penting, dapat menjadi beban.

Solusinya ukur dinding atau sudut tempat kamu ingin meletakkan meja. Kamu tentu tidak harus memenuhi dinding sepenuhnya dengan meja, tetapi rencanakan pilihan yang cukup besar.

Dengan merencanakan area yang besar, ini memberikanmu kemampuan untuk menambahkan rak atau kabinet di dalam ruang kerja. Sehingga membantumu menjaga dokumen tetap dekat dan teratur.

5. Tidak merancang lingkungan kerja yang nyaman

hal yang tak boleh dimiliki pada ruang kerja di rumah

Sekarang setelah kamu memiliki kendali untuk mendesain ruang kerja di rumah sendiri, luangkan waktu untuk memikirkan elemen apa yang paling mengundangmu untuk bekerja.

Karena kemungkinan besar kamu akan menghabiskan sebagian besar hari di ruangan ini, jadi pilihlah warna cat yang membuatmu bahagia.

Kemudian tambahkan seni dinding yang menginspirasi, dan berikan hal-hal penting lainnya yang akan menjaga pikiranmu tetap positif sepanjang hari kerja yang panjang.

6. Hanya memilih furnitur khusus kantor

hal yang tak boleh dimiliki pada ruang kerja di rumah

Membeli kursi meja yang tepat memanglah hal yang penting. Tetapi ini bukan menjadi satu-satunya pilihan yang bisa kamu miliki pada ruang kerja di rumah.

Jika kamu memiliki ruang lebih, sofa yang bagus, kursi baca sudut, atau kursi santai bisa menjadi cara yang bagus untuk memecah jam kerja di rumah.

Jika kamu memiliki dokumen untuk dibaca atau tugas rapat yang panjang, memiliki tempat duduk yang lebih nyaman, selain kursi kerja, dapat memberikanmu istirahat yang sangat dibutuhkan dan kesempatan untuk bersantai.

7. Memilih area tanpa jendela

hal yang tak boleh dimiliki pada ruang kerja di rumah

Memilih pencahayaan buatan yang tepat pada ruang kerja di rumah adalah penting, namun memiliki area kerja dengan akses ke cahaya alami dapat lebih menguntungkan.

Cahaya alami membantu meningkatkan suasana hati dan bahkan dapat memberikan efek positif pada tingkat energi. Solusinya, pastikan kamu memprioritaskan ruang kerja di rumah yang minimal memiliki satu jendela.

Namun jika kamu akan melakukan banyak rapat video, posisikan meja sedemikian rupa sehingga jendela tidak berada tepat di belakang. Ini akan memastikan bahwa cahaya alami tidak mengganggu kualitas video.

8. Tidak merancang kantor untuk privasi

hal yang tak boleh dimiliki pada ruang kerja di rumah

Kita semua tahu bahwa pekerjaan terbaik akan selesai, jika kita dapat meminimalkan gangguan eksternal sebaik mungkin.

Kamu juga mungkin berada dalam situasi di mana kamu dan beberapa anggota keluarga lain berbagi ruang kerja yang sama di rumah.

Dilansir dari Forbes.com, merancang kantor sedemikian rupa untuk memberikan area kerja khusus diri sendiri, dapat benar-benar menguntungkan produktivitas.

Jika ada anggota keluarga lain yang menggunakan ruang kerja, kamu dapat membagi ruangan menjadi dua jika bisa.

Pilihan yang bagus di sini adalah menambahkan rak buku atau lemari penyimpanan yang berdiri sendiri. Baik rak buku atau lemari penyimpanan dapat untuk berfungsi sebagai pembatas di antara kamu dan anggota keluarga lain yang menggunakan ruang kerja

Namun jika ruang kerja di rumah hanya digunakan untukmu sendiri, maka pilihlah ruangan di area terpencil di rumah. Ini dapat mencegah kebisingan dan gangguan lainnya.

9. Area meja yang berantakan

hal yang tak boleh dimiliki pada ruang kerja di rumah

Area yang harus dihindari adalah ruang meja yang berantakan atau kurangnya pengaturan kabel. Meja kerja yang berantakan, seringkali dapat menyebabkan pikiran yang berantakan.

Meja kerja dapat dengan cepat menjadi kacau, terutama jika ada berbagai peralatan yang membutuhkan daya (yaitu printer, laptop, desktop, monitor tambahan, dll.).

Untungnya saat ini ada banyak sistem manajemen kabel yang tersedia, yang dapat membantumu menjaga kabel tetap rapi dan bahkan tidak terlihat.

Kamu juga dapat mengikuti rute DIY dan mengebor lubang di bawah meja kerja untuk merutekan kabel dan mengencangkannya ke bagian bawah meja.

10. Tidak menyediakan area yang nyaman untuk hewan peliharaan (jika punya)

hal yang tak boleh dimiliki pada ruang kerja di rumah

Yup, kamu bukan satu-satunya yang harus menyesuaikan diri dengan gaya hidup baru bekerja dari rumah ini.

Hewan peliharaanmu mungkin juga sama bingungnya dan tidak yakin mengapa kamu tidak sering meninggalkan rumah lagi.

Jangan salah paham, mereka mungkin senang karena sahabatnya ada di rumah sepanjang hari, tetapi hal ini juga dapat membuatmu terganggu. Terutama jika mereka lebih sering membutuhkan perhatianmu.

Sebagai solusinya, pilih satu area pada ruang kerja untuk teman berbulu. Kamu dapat melakukannya dengan memberikan mereka tempat tidur di sudut atau dapat mendesain ruang yang sesuai dengan gaya keseluruhan ruang kerja di rumah.

Memberikan hewan peliharaan tempat yang dapat mereka nikmati saat dekat denganmu, akan membantu mereka tetap bahagia dan mencegah mereka mengganggu dari pekerjaanmu.

Nah itulah 10 hal yang tak boleh dimiliki pada ruang kerja di rumah. Perpindahan ke gaya bekerja di rumah memang bisa menakutkan sekaligus mengasyikkan. Namun, perpaduan kehidupan sehari-hari dan kehidupan kerja bisa menjadi area yang membingungkan untuk disatukan.

Membangun dan mendesain ruang kerja di rumah yang sempurna dapat membantumu merasa seperti tidak benar-benar di rumah, terutama saat menangani semua tugas pekerjaan. Ini juga membantumu untuk tetap fokus dan berenergi sepanjang hari.

Leave a Reply

%d bloggers like this: