10 Cat Eksterior Rumah Terbaik, yang Awet dan Anti Air

Mencari cat eksterior rumah yang terbaik adalah tugas yang tak mudah dan tidak boleh asal-asalan. Mengingat cat tembok luar rumah akan memberikan kesan pertama pada sebuah rumah bagi orang-orang yang melihatnya.

Selain itu, cat tembok luar rumah juga harus memenuhi kriteria-kriteria khusus, mulai dari warna, kualitas, serta bahannya. Tak hanya itu, ketahanannya juga harus lebih baik daripada cat tembok biasa.

Dilansir dari Bobvila.com, cat eksterior yang terbaik, tahan terhadap kondisi cuaca, tahan kelembaban, melindungi permukaan kayu, sekaligus memberikan permukaan yang perawatannya rendah.

Jika kamu sedang mencari cat eksterior rumah terbaik, kali ini Dirumahkita.com telah menyiapkan daftar rekomendasinya di bawah ini. Baca terus sampai habis ya!

1. Aquaproof

cat eksterior rumah

Kamu mungkin sudah tak asing dengan merek yang satu ini, bukan? Yup, Aquaproof merupakan cat pelapis thixotropic yang berbahan dasar polimer sintetis, dan dirancang untuk melapisi atap dan dinding eksterior rumah, yang membutuhkan pelapis anti bocor yang handal namun tetap dekoratif.

Keunggulan dari cat ini adalah mudah diaplikasikan, daya lekat kuat, elastis, anti retak, kedap air, dan tahan lama. Tak hanya itu, cat ini juga menyediakan 24 warna pilihan yang menarik dan bisa disesuaikan dengan warna favoritmu.

Harga cat Aquaproof: Rp. 196.900,- (4KG).

2. Avitex

cat eksterior rumah

Jika kamu sedang mencari cat eksterior rumah dengan harga yang terjangkau, maka Avitex mungkin menjadi pilihan yang tepat. Selain karena harganya yang terjangkau, pilihan warnanya yang disediakan juga sangat banyak.

Tak hanya warna putih, ada lebih dari 150 warna lain yang bisa kamu sesuaikan dengan selera. Selain itu, kelebihan dari merek cat Avitex ini adalah mudah dibersihkan, anti jamur dan lumut, tahan lama, dan memiliki teknologi anti panas atau UV Shield yang dapat mengurangi efek panas dari terik sinar matahari.

Harga cat Avitex: Rp. 200.000,- (5KG).

3. Belmont All In One

cat eksterior rumah

Belmont All In One merupakan cat eksterior berbahan akrilik yang berfungsi untuk melapisi dan melindungi berbagai macam bidang bangunan. Mulai dari dak beton atau dinding, serta melindunginya rembesan air.

Selain kemampuannya yang anti-air, cat ini juga berfungsi sebagai cat eksterior yang tahan cuaca dan cat interior yang tahan terhadap rembesan air.

Cat Belmont ini juga memiliki waktu kering yang termasuk cepat, yaitu untuk kering sentuh selama 30 menit dan kering total selama 60 menit.  Selain dapat digunakan pada dinding eksterior, cat ini juga dapat digunakan pada bagian atap, genteng beton, atau asbes.

Harga cat Belmont All In One: Rp. 220.000,- (4KG).

4. Dulux 40504 Aquashield

cat eksterior rumah

Cat eksterior rumah merek Dulux 40504 AquaShield ini lebih tebal dan dua kali lebih kuat dari cat lainnya. Karena bersifat anti bocor berkualitas tinggi dan memberikan perlindungan maksimal dari kebocoran dan rembesan air, rumahmu menjadi lebih terlindungi dari air lebih lama.

Keunggulan utama dari cat ini adalah lapisan filmnya yaitu 60 persen lebih tebal dan daya tolak air yang lebih baik.

Daya sebar cat ini juga cukup banyak, yaitu 1 m2 per kg dan waktu pengeringannya yang cukup singkat, yaitu sekitar 4-6 jam.  Pengenceran maksimum cat ini maksimum 10 persen dengan air bersih.

Harga cat Dulux 40504 Aquashield: Rp. 57.500,- (1KG).

5. Dulux Weathershield Powerflexx

cat eksterior rumah

Ada lagi dari merek Dulux nih, yaitu Dulux Weathershield Powerflexx juga bisa menjadi pilihan cat eksterior dengan kualitasnya yang mampu menutup retak. Hal ini karena kandungan lateksnya dapat merenggang hingga 6 kali lipat untuk mencegah air hujan meresap ke dalam dinding rumah.

Selain itu, cat dari merek Dulux ini juga anti air dan anti bocor, yang tahan terhadap segala kondisi cuaca. Terutama dari ancaman air hujan yang dapat menyebabkan jamur bila tidak segera dibersihkan atau didiamkan dalam kondisi lembab.

Cat ini juga cepat kering setelah diaplikasikan yaitu sekitar 4-6 jam saja. Bukan hal yang mengherankan apabila cat tembok anti air ini telah dipercaya sejak lama sebagai pelopor cat waterproof yang paling banyak digunakan.

Harga cat Dulux Weathershield Powerflexx: Rp. 325.000,- (2.5L).

6. Lenkote Sunguard

cat eksterior rumah

Merek cat eksterior rumah Lenkote Sunguard juga tak kalah bagus dari merek-merek lainnya. Karena keunggulan utama dari merk cat ini adalah efektif melindungi tembok luar dari lumut dan jamur. Serta bisa memberikan lapisan kedap air dan perlindungan ekstra.

Menariknya, cat tembok produksi Lenkote dengan merk dagang Sunguard ini adalah jenis cat tembok terbaik yang sudah diproduksi dengan teknologi Nature Guard Technology, yang khusus diformulasikan sebagai cat eksterior terbaik.

Dengan teknologi yang digunakan menjadikan dinding rumahmu akan terbebas dari serangan jamur dan lumut.

Harga cat Lenkote Sunguard: Rp. 291.800,- (2.5L).

7. Nippon Weatherbond Solareflect

cat eksterior rumah

Kemudian ada cat eksterior dari merek Nippon, yaitu Weatherbond Solareflect yang merupakan cat berbahan dasar 100 persen akrilik dan tidak ditambah dengan timbal dan merkuri.

Cat ini diformulasikan khusus untuk melindungi permukaan dinding luar rumah dari cuaca ekstrim di Indonesia. Cat eksterior ini juga memberikan perlindungan yang kuat dan membantu warna agar tidak cepat pudar. Karena seperti yang kamu tahu, umumnya cat tembok mudah pudar ketika terpapar oleh cahaya matahari, kotoran, dan lumut.

Karena adanya formulasi inovatif Sunblock Technology, cat ini dapat mengurangi suhu permukaan sampai 5 derajat celcius, sehingga rumah menjadi sejuk dan menghemat energi.

Harga cat Nippon Weatherbond Solareflect: Rp. 364.500,- (2.5L).

8. NoDrop

cat eksterior rumah

NoDrop juga menjadi salah satu cat eksterior rumah yang populer, karena harganya yang terjangkau dan kualitasnya yang tak kalah hebat.

Kemampuan dalam melapisi dinding dan lantai, tak hanya membuat rumahmu bebas rembesan, namun juga memberikan lapisan cat yang elastis serta tahan terhadap cuaca yang ekstrem.

Karena sifatnya yang elastis dan kuat merekat dinding, lapisannya dapat menyesuaikan dengan arah retakan yang mungkin terjadi pada dinding dan lantai bangunan.

Selain itu NoDrop juga memiliki konsistensi kekentalan yang cukup baik, sehingga kamu tidak perlu berulang kali melapisi bagian-bagian dinding tertentu.

Harga cat NoDrop: Rp. 185.000,- (4KG).

9. Propan Decorshield DW-500

cat eksterior rumah

Selanjutnya adalah Propan Decorshield DW-500 yang merupakan cat eksterior untuk melindungi tembok luar rumah selama 12 tahun, dari pengaruh perubahan cuaca, sinar UV matahari, dan jamur serta lumut.

Cat tembok yang satu ini terbuat dari bahan emulsi acrylic 100 persen, yang kemudian dicampurkan dengan pigmen dari warna pilihan.

Selain itu, cat Propan ini juga memiliki keunggulan tidak mudah kotor, tahan terhadap alkali, serta menghasilkan warna yang lebih cerah dan tidak mudah pudar.

Produk ini juga diformulasikan pada pemakaian tembok serta plafor eksterior, misalnya pada tembok batu bata, plasteran semen, betonm panel GRC, dan lain-lain. Perlindungan hingga 12 tahun ini bisa dicapai bila digabungkan dengan pengaplikasian yang tepat dan lokasi yang tidak ekstrem.

Harga cat Propan Decorshield DW-500: Rp. 278.000,- (2,5L).

10. WelProof

cat eksterior rumah

WelProof merupakan salah satu cat tembok anti jamur dan lembab dengan harga yang terbilang cukup murah. Meski begitu, kualitasnya tetap ampuh untuk melindungi dinding rumah lho!

Karena selain hanya melindungi dinding dari kebocoran, cat satu ini juga menjaga dinding rumah dari jamur dan lembab. Walaupun terbilang murah, Welproof bersifat anti alkali yang membuatnya lebih aman untuk digunakan di rumah.

Harga cat WelProof: Rp. 56.500,- (1KG).

Nah itulah 10 cat eksterior rumah terbaik, yang awet dan anti air yang bisa menjadi referensi sebelum kamu membelinya. Semoga informasinya bermanfaat ya!

Leave a Reply

%d bloggers like this: