10 Cara agar Kamar Mandi Selalu Wangi Sepanjang Waktu

Kamar mandi adalah area terpenting di rumah. Karena kamar mandi yang bersih dan wangi dapat membuat penghuni rumah serta tamu yang datang menjadi lebih nyaman. inilah mengapa kamu harus mencari tahu bagaimana cara agar kamar mandi selalu wangi sepanjang waktu.

Kamar mandi dapat dengan mudah berubah, dari ruangan yang wangi seperti spa, menjadi ruangan yang bau, kotor, dan lembab. Bahkan terkadang perubahan ini bisa terjadi dalam waktu semalam.

Dengan menjaga kamar mandi di rumah tetap bersih, melakukan beberapa tugas sederhana, dan menambahkan beberapa aroma, menjaga agar kamar mandi selalu wangi sebenarnya tidak terlalu sulit.

Untuk membuat kamar mandimu lebih nyaman bak ruang spa, kali ini Dirumahkita.com telah menyiapkan 10 cara agar kamar mandi selalu wangi sepanjang waktu. Yuk simak caranya!

1. Selalu bersihkan kamar mandi setiap saat

cara agar kamar mandi selalu wangi

Salah satu cara terbaik agar kamar mandi selalu wangi dan menutupi bau di kamar mandi adalah dengan mencegahnya sejak awal.

Dan cara termudah untuk mencegahnya adalah dengan membersihkan kamar mandi secara rutin. Bahkan jika itu sesederhana mengelap wastafel kamar mandi setiap hari. Sedikit pembersihan setiap hari bisa sangat membantu.

Ada hal lainnya yang mudah dibersihkan yang mencegah bau, yaitu pastikan kamu secara teratur mencuci keset kamar mandi dan handuk, dan sering juga menggosok toilet secara teratur.

2. Gunakan diffuser kecil

cara agar kamar mandi selalu wangi

Diffuser adalah perangkat kecil yang dapat melepaskan aroma ke udara melalui panas, udara terkompresi, atau ultrasonik. Biasanya diffuser diisi dengan campuran minyak esensial yang bisa disesuaikan dengan wewangian favoritmu.

Karena ukurannya yang kecil, menjadikan diffuser solusi ideal untuk membuat ruangan kecil seperti kamar mandi menjadi wangi. Beberapa essential oil yang bisa kamu gunakan di kamar mandi adalah lemon, peppermint, lavender, tea tree, dan masih banyak lagi.

Gunakan diffuser di kamar mandi dengan meletakkannya di bagian belakang wastafel, di belakang toilet, atau di dudukan lain. Ini bagus untuk menciptakan lingkungan seperti spa selama waktu mandi.

Sayangnya, kebanyakan diffuser membutuhkan stopkontak agar bisa bekerja. Sehingga kamu harus menemukan area dengan stopkontak atau sedia powerbank untuk mengaktifkannya.

Selain itu, berhati-hatilah saat menggunakan diffuser di sekitar anak bayi, balita, dan hewan peliharaan. Karena beberapa minyak esensial beracun bagi mereka.

3. Cobalah beberapa kantung aromaterapi

cara agar kamar mandi selalu wangi

Agar kamar mandi selalu wangi dan tahan lama, kamu dapat mencoba kantung aromaterapi di kamar mandi. Kantung wewangian ini biasanya diisi dengan manik-manik wangi atau campuran bunga rampai.

Mereka kecil dan mudah dibawa, sehingga kamu dapat menempatkan kantung ini di berbagai tempat di kamar mandi tanpa khawatir mencari stopkontak atau menumpahkan minyak esensial.

Kantung aromaterapi ini juga sangat tahan lama, bahkan sebagian besar kantung dapat bertahan hingga sembilan bulan di kamar mandi.

4. Hati-hati dengan handuk lembab

cara agar kamar mandi selalu wangi

Salah satu penyebab terbesar bau kamar mandi adalah handuk basah dan tidak dicuci. Ketika dibiarkan terlipat atau ditumpuk di lantai saat masih lembab, handuk dapat berjamur dan menimbulkan aroma yang tidak sedap di dalam kamar mandi.

Tetapi kamu dapat dengan mudah menghindarinya dengan tiga cara ini. Pertama, jangan tinggalkan handuk di lantai, pastikan untuk selalu gantung handuk hingga kering, terutama jika basah.

Kedua, jangan melipatnya jika masih sedikit lembab. Pastikan mereka kering terlebih dahulu. Ketiga, cuci handuk secara teratur. Dilansir dari health.clevelandclinic.org, direkomendasikan untuk mencuci handuk setidaknya setiap minggu.

5. Gunakan sabun wangi favorit

cara agar kamar mandi selalu wangi

Cara selanjutnya agar kamar mandi selalu wangi adalah dengan memiliki sabun yang wangi. Selain membuat kamar mandi wangi, ini juga menjadi cara untuk memanjakan diri sendiri dengan membeli sabun mandi wangi favoritmu.

Tidak ada yang lebih baik daripada berjalan ke kamar mandi dengan aroma seperti mawar dan lilac yang baru dipotong.

Ketika menggunakan sabun wangi favoritmu, pada gilirannya ini juga akan memberikan keharuman ke kamar mandi. Efek serupa juga bisa diperoleh ketika kamu mandi busa beraroma atau pada saat menggunakan bath bomb.

Ini tentu menjadi cara yang mudah dan menyenangkan untuk menjaga kamar mandi tetap harum, bukan?

6. Pastikan kamar mandi memiliki ventilasi yang cukup

cara agar kamar mandi selalu wangi

Pada bagian ini, sangat penting untuk tidak membiarkan kamar mandi beruap terlalu lama. Agar kamar mandi selalu wangi, setiap kamu selesai mandi pastikan buka jendela kamar mandi (jika ada) dan beri ventilasi selama sekitar 10-15 menit.

Melakukan hal ini dapat membantu ruang kecil mencegah kelembaban berlebih, yang merupakan salah satu penyebab terbesar penyebab bau busuk, dan ini memberikan udara segar yang merupakan penangkal sempurna untuk bau kamar mandi.

Jika kamu tidak memiliki jendela kamar mandi, jalankan kipas kamar mandi untuk waktu yang sama.

7. Tambahkan produk penyerap bau dan kelembaban

cara agar kamar mandi selalu wangi

Kamu mungkin sudah tak asing dengan peribahasa ‘sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui’, kan? Nah peribahasa ini bisa kamu terapkan ketika┬ámenggunakan penyerap bau dan kelembaban di kamar mandi.

Produk kecil dan terjangkau ini mampu menjebak kelembaban dan menyerap bau, biasanya melalui manik-manik arang yang terdapat di dalamnya.

Meskipun produk ini terkadang tidak memberikan kamar mandi penampilan yang baik, namun ini menjadi cara tepat agar kamar mandi selalu wangi dan harum.

Produk ini juga menjadi solusi yang sangat baik untuk ruangan yang membutuhkan sedikit bantuan ekstra. Agar tidak terlihat, letakkan di belakang keranjang atau baki di atas toilet atau meja rias.

Kamu bisa membeli produk penyerap bau dan kelembaban ini di minimarket terdekat lho!

8. Menempatkan tanaman hijau di kamar mandi

cara agar kamar mandi selalu wangi

Sedikit tanaman hijau sangat membantu dalam hal membuat kamar mandi terlihat lebih natural. Namun ini juga menjadi cara agar kamar mandi selalu wangi setiap saat.

Kamu dapat menerapkan tanaman hijau di kamar mandi dengan banyak cara. Misalnya jika kamu memiliki jendela, tanamlah beberapa herba beraroma kuat di dekatnya, seperti lavender atau mint.

Kamu juga dapat menggunakan karangan bunga herbal kering dalam vas untuk sentuhan elegan pada wastafel kamar mandi.

Atau, kamu dapat meletakkan serangkai batang eukaliptus kering di bawah shower. Bersiaplah untuk memiliki salah satu shower beraroma terbaik yang pernah kamu alami.

9. Gunakan deterjen atau pelembut kain di tangki toilet

cara agar kamar mandi selalu wangi

Toilet di kamar mandi bisa menjadi tempat yang menyebabkan aroma tak sedap. Namun, bukan berarti kamu tak bisa melawan bau di tangki toilet. Cobalah trik yang satu ini untuk membawa aroma segar ke toilet yang bau di kamar mandi.

Agar kamar mandi selalu wangi, kamu bisa letakkan sedikit deterjen atau pelembut pakaian beraroma di tangki toilet. Sekarang, setiap kali toilet disiram, air beraroma akan dilepaskan ke dalam mangkuk dan memberikan sentuhan keharuman.

10. Jangan lupa untuk selalu rutin buang sampahnya

cara agar kamar mandi selalu wangi

Cara terakhir untuk menjaga agar kamar mandi selalu wangi setiap saat adalah dengan membuang sampah di kamar mandi secara rutin. Bukan rahasia umum lagi bila tempat sampah menjadi penyebab bau lainnya di kamar mandi di luar toilet.

Tapi untungnya, mudah untuk mengatasi bau sampah di kamar mandi. Tentu saja hal pertama yang dapat kamu lakukan yaitu buang sampah secara teratur, meskipun tidak penuh. Sampah yang duduk berhari-hari atau berminggu-minggu dapat meninggalkan bau yang tak sedap.

Selain itu, ketika kamu membuang sampah, letakkan beberapa tetes minyak esensial favoritmu di tempat sampah dan kantung sampah yang kosong. Minyak akan memberikan aroma segar setiap kali kaleng atau tempat sampah dibuka.

Nah itulah beberapa cara agar kamar mandi selalu wangi setiap saat. Kini kamu dan keluarga bisa lebih nyaman saat menggunakan kamar mandi. Tak perlu lagi malu-malu saat tamu datang dan ingin menggunakan kamar mandi ya!

Leave a Reply

%d bloggers like this: